Proton Preve dan Exora Turbo Siap Mengaspal di Indonesia

PT. Proton Edar Indonesia (PEI) memastikan akan meluncurkan produk terbarunya berjenis sedan yaitu Proton Preve pada Oktober atau November 2012. Namun sebelumnya, PEI direncanakan akan meluncurkan varian terbaru dari MPV Exora yaitu jenis Bold dan Prime pada September 2012. Ketiga produk ini akan menegaskan eksistensi dan penetrasi lebih dalam Proton di Indonesia.

Sedan medium Proton Preve diluncurkan Proton Holding Berhard, Malaysia pada April 2011 kemarin. Di Malaysia, pesaing Toyota Altis dan Honda Civic ini disambut hangat karena desain modern yang bergaya Eropa. “Preve sudah diluncurkan dan sukses di Malaysia. Secepatnya akan diluncurkan di Indonesia, mungkin Oktober atau November mendatang. Preve hadir setelah Exora Bold dan Prime resmi diluncurkan,” ujar Gunther Scherz, Presiden Direktur PEI, saat menjamu media, beberapa waktu lalu.

Proton Preve akan hadir dengan tiga model yakni Executive M/T, Executive A/T CVT, dan varian Premium A/T CVT. Gunther membocorkan kisaran harga yang ditawarkan mulai Rp 185 juta hingga Rp 225 juta. Mesin Preve Executive menggunakan mesin Campro IAFM+, berkapasitas 1.6 liter, dengan daya 107 PS dan torsi 150 Nm. Transmisi manual memiliki percepatan 5-speed dan otomatis CVT 6-percepatan.

Sementara Preve Premium memakai mesin CFE, berkapasitas 1.6 liter yang sudah dilengkapi turbo. Mesin ini memiliki daya 138 PS dan torsi 205 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT 7-speed dengan teknologi ProTronic. Proton Preve mengadopsi lampu depan proyektor, pengatur ketinggian kursi pengemudi, immobilizer, koneksi Bluetooth, USB dan iPod, dan kontrol audio ada di lingkar kemudi, airbag di kursi depan dan rem ABS serta EBD.

Pada varian Preve Premium, sudah dilengkapi dengan tombol start dan stop, fitur cruise control, lampu otomatis, wifer dengan sensor hujan, sistem navigasi dengan touch screen. Varian ini juga dilengkapi dengan kontrol stabilitas atau ESC. Sedangkan Proton Exora Bold dan Prime yang akan diposisikan untuk melawan Toyota Innova, fitur-fitur nya tidak kalah hebat dibanding pesaingnya.

“Kami akan menyiapkan dua model tambahan yakni Exora Bold dan Exora Prime. Berbeda dengan edisi Malaysia, Bold di Indonesia akan dibekali mesin Campro seperti Exora saat ini. Exora Prime akan menjadi model top of line Exora Sementara varian Prime akan mengandalkan mesin CFE Turbo,” tukas Gunther.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.