Skutik Retro Modern Yamaha Fino Kini Usung Injeksi

YamahaFinoFI (2)Bertempat di Vue Beach Club – Canggu, Bali, Sabtu 25 Januari 2014, Yamaha Indonesia meluncurkan motor injeksinya ke-8, yaitu Yamaha Mio Fino. Terlahir kembali di 2014 ini, skutik bergaya retro modern tersebut disempurnakan dengan teknologi Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection (YMJet-FI). Yamaha menjual Fino FI dengan harga Rp 14,25 juta on-the road Jakarta.

Tak hanya sistem injeksi yang disematkan, Yamaha juga menyempurnakan desainnya menjadi lebih dinamis dan berjiwa sporty anak muda. “Perjalanan Mio sudah 10 tahun di Indonesia dan sudah menjadi komitmen Yamaha untuk meremajakan produknya tiap tahun dan kali ini Mio Fino. Hal ini menjadikan Yamaha sebagai merek yang dipersepsikan sporty, inovatif, dan style khusus anak muda,” ujar Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia, di Bali.

Desain Mio Fino FI tampak berubah dan kali ini terinspirasi Mini Cooper Coupe. Disebutkan, Fino FI makin sporty dengan tetap mempertahankan sifat klasiknya sehingga desainnya dicintai sepanjang masa. Fino yang dirilis di Thailand pada 2006 merupakan cerminan dari Mini Cooper Original. Setelah itu Fino di Indonesia 2012 terilhami New Mini Cooper. Dan yang paling fresh di tahun ini, desain New Mio Fino FI terlihat lebih sporty seperti Mini Cooper Coupe.

Yamaha menawarkan dua tipe Fino FI yaitu Fino Sport (Casual Sporty) dan Fino Premium (Classic Sporty). Target konsumen Fino Sport adalah untuk anak muda baik pria maupun wanita usia 20 – 30 tahun yang berjiwa sporty, ingin tampil beda dan suka tantangan. Fino Premium untuk anak muda di usia sama namun yang menyukai penampilan elegan, bak eksekutif muda, modern dan berkelas.

Pada stripping, warna dan grafis tipe Sports tampak bergaya Italian style yang terinspirasi mobil Abarth, produsen mobil-mobil balap dari Italia. Sedangkan Fino Premium dipengaruhi mobil mewah Italia, Maserati. Desain lampu depan dan belakang juga berubah, tadinya terpisah, kini menyatu dengan body motor. Terdapat lima warna Fino FI, untuk tipe Sports adalah Stylish Green, Exciting Red, Sporty Blue. Tipe Premium dua warna Black Diamond dan Red Wine.

Kapasitas tangkinya meningkat menjadi 4,8 liter atau lebih banyak 17% dibanding versi sebelumnya. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih hemat 30% dibanding  varian karburator yang kini sudah dihentikan produkinya. Fitur lainnya, kini telah dilengkapi Smart Lock System, Smart Side Stand Switch, dan Integrated Key Shutter.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana