Suzuki Ertiga, Pesaing Avanza-Xenia Meluncur di India

Akhirnya Maruti Suzuki India secara resmi meluncurkan Ertiga di pasar India, tepatnya saat New Delhi Auto Show 2012. Pesaing dari duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini tampil penuh percaya diri dengan tampilan eksterior dan interior menawan. MPV compact elegan dan sporty ini diyakini Suzuki akan meraup kesuksesan di pasar India, maupun pasar Asia lainnya, termasuk Indonesia.

Shinzo Nakanishi, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited dalam sambutannya sebelum membuka selubung Suzuki Ertiga menyatakan optimismenya bahwa Ertiga akan menjadi mobil keluarga favorit. “Suzuki Ertiga menawarkan sebuah karakter mobil MPV yang compact, lincah, gesit dan stylish bagi keluarga muda, maupun mereka yang berjiwa muda,” ujar Nakanishi.

Ertiga berdimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm dengan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.740 mm. Kapasitas tempat duduknya mampu dimuati 7 penumpang, atau sama dengan Avanza-Xenia dan juga Nissan Evalia. Jika melihat wajah depannya, tampaknya Suzuki memasukkan elemen Suzuki Swift dan Splash. Hal ini terlihat pada grille dan air dam yang mirip kedua produk tersebut.

Mobil berpenggerak roda depan ini menggunakan mesin baru dari keluarga K-series berjenis bensin 1.400 cc yang memproduksi tenaga 95 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Selain bensin, Suzuki juga menciptakan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc untuk ditaruh dibawah kap mesin Ertiga. Mesin berbahan bakar solar ini mengeluarkan tenaga hingga 90 hp pada 4.000 rpm dengan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.

Suzuki mengklaim Ertiga irit bahan bakar dengan pencapaian 16,02 km/liter dan mesin dieselnya mampu mencatatkan efisiensi hingga 20,77 km/liter. “Kami ingin menjawab kebutuhan para konsumen terhadap kendaraan compact dan efisien dan jawabannya Suzuki Ertiga,” imbuh Nakanishi, tanpa menyebutkan berapa harga jualnya.

Sementara di bagian interior, tampak seperti umumnya sebuah MPV. Namun Ertiga melengkapinya dengan kontrol audio di lingkar kemudi, seperti yang terdapat pada Toyota Avanza Veloz. Di India, Ertiga akan mulai dipasarkan pada bulan Maret 2012. Untuk pasar Indonesia, kemungkinan paling cepat akan mendarat tiga bulan setelahnya atau bisa jadi memanfaatkan momen Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.