Suzuki nex-action City Touring Pertajam Rekor MURI Jadi 80,6 km/liter

10 orang jurnalis nasional, termasuk redaksi Review1st.com, mendapat tantangan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk membuktikan keiritan dari Suzuki nex. Skutik berukuran compact ini kemudian dibawa melintasi jalan-jalan protokol di Jakarta dengan menerapkan konsep berkendara ecoriding. Hasilnya jurnalis dari Kompas.com sukses memecahkan rekor MURI dengan pencapaian 80,6 km/liter.

Rekor MURI sebelumnya untuk skutik matik 110 cc yang dipegang Suzuki nex ini adalah 79,6 km/liter. “Kami menantang media untuk membuktikan sendiri efisiensi Suzuki nex yang irit dalam touring kota bertajuk nex-action City Touring. Bagi jurnalis yang bisa memecahkan rekor akan diberikan hadiah nex baru,” ujar Paulus Sugih Firmanto, Sales and Marketing 2W Director SIS, sesaat sebelum dimulainya lomba irit ini.

10 wartawan dari berbagai media tersebut menempuh jarak sekitar 20 km dengan 10 unit nex dari Epicentrum Walk menuju Pancoran, Kuningan, Diponegoro, Sudirman, Semanggi, Gatot Sobroto, Kuningan dan kembali ke Epicentrum. Dengan demikian jurnalis Kompas.com, Aris Harvenda berhak mendapatkan 1 unit Suzuki nex, beserta uang tunai Rp 2,5 juta unit.

Pencapaian ini dikatakan Paulus, berkat Suzuki nex yang memiliki mesin baru dengan kapasitas 113 cc dengan teknologi Throttle Position Sensor (TPS) untuk mengatur pengapian sesuai posisi putaran gas. Kemudian terdapat fitur Computer Aided Engineering (CAE) guna mengurangi hambatan mekanis dan gesekan di ruang bakar. Tenaga yang dihasilkan disebutkan 9,4 hp pada 8.800 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6.500 rpm.

Secara desain dan dimensi, nex tidak jauh berbeda dengan skutik lain pada umumnya. Tubuh ramping dan dan compact mencirikan sebagai alat transportasi yang lincah dan praktis. Namun bobot nex ini lebih ringan 1,7 kg dibanding Spin berkat penggunaan besi kotak pada rangkanya. Selain itu, agar para wanita bisa menaikinya dengan sempurna, tinggi jok dibuat lebih rendah 10 mm dibanding Honda BeAT menjadi 735 mm.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.