Tata Nano Jadi Merek Mobil Terpercaya di India

Mobil compact Tata Nano dinobatkan menjadi ‘Merek Mobil Terpercaya’ di India oleh Brand Trust Report, India Study, 2013. Studi tersebut dilakukan oleh Trust Research Advisory, yang merupakan seri ketiga dari rangkaian studi yang telah diadakan. Studi ini berisikan daftar 1100 Merk Terpercaya di India dari 211 kategori.

Riset untuk studi ini dilakukan terhadap 2.505 responden berpengaruh di 16 kota dan menghasilkan hampir tiga juta data dan 19.000 merk. Sehingga menjadikannya sebagai studi yang paling intensif atas kepercayaan merk (Brand Trust) di seluruh dunia. Sejak  kemunculannya, Tata Nano diklaim memang telah menimbulkan kegembiraan dan membangkitkan  harapan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dimulai dengan melakukan seluruh tes keamanan jalan untuk mobil di India, dengan hematnya bahan bakar, hingga memberikan garansi khusus 4 tahun/60.000 km kepada pelanggannya, Tata Nano telah bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya. Tata Nano yang masuk ke dalam daftar 10 Mobil Terlaris di tahun 2012, saat ini kembali menegakkan kepercayaan yang dipegang oleh merk tersebut di dalam benak pembeli mobil India.

Biswadev Sengupta, Presiden Direktur Tata Motors Indonesia dalam keterangan persnya mengatakan, sama seperti di India, kehadiran Tata Nano dalam ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2012 lalu di Jakarta mengudang daya tarik tersendiri dan antusia masyarakat Indonesia.

Tata Nano juga menjadi merek otomotif India pertama yang melampaui 3 juta fan base di media sosial Facebook. Nano berinteraksi secara berkesinambungan dengan fans dan pelanggannya dan mendengarkan tanggapan yang ada untuk mengembangkan produk dan strategi pemasarannya. Nano juga meluncurkan beberapa konsep yang benar-benar unik seperti Art in Motion dan Nano Drive dengan MTV  untuk fan base mereka.

“Tata Motors Indonesia juga berharap kedepan kehadiran Tata Nano di Indonesia akan diterima dan memiliki banyak fans seperti di India,” ungkap Biswadev.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana