Touring Sumatera Komunitas Campursari Vespa Jakarta

Kesan modis, imut-imut dan alat transportasi perkotaan yang melekat pada Piaggio Vespa memang langsung terkikis ketika kendaraan asal Italia itu jatuh ke tangan gerombolan CSVJ (Campursari Vespa Jakarta). Pasalnya pada 16-20 mei 2012 lalu, tak kurang dari 30 unit Piaggio dari berbagai tipe mencoba melintasi pulau Sumatera yang dianggap memiliki variasi permukaan jalan yang komplit.

Karena konsepnya adalah jalan-jalan, dan memang kebanyakan anggota masih merupakan pegawai, jadi acara ini diambil saat ada tanggal merah yang bertepatan pada 17 Mei lalu. “Nah, skuter sudah kami kirim lewat paket hampir seminggu sebelumnya. Jadi start di Pekanbaru kami langsung mengambil skuter-skuter kami PT. Skuterindo Mandiri Lestari, Pekanbaru, Riau,” ujar Itok Harsono, ketua panitia.

Setelah proses persiapan kendaraan, kick-off program JJS (Jalan-Jalan Sumatera) ini mulai berlangsung diawali parade keliling kota Pekanbaru dan dilanjut dengan mengambil rute etape pertama yaitu Pekanbaru – Bukittinggi yang berjarak sekitar 220 km. Lepas kota Pekanbaru, iring-iringan meluncur ke arah Bangkinang dan bergerak menuju pemandangan indah di jembatan Sungai Kampar. Indahnya pemandangan dan mulusnya jalan lebar yang penuh dengan tikungan membuat nikmat perjalanan.

Keesokan harinya adalah etape kedua yang memiliki jarak tempuh terpanjang dan terberat, “Kami berangkat dari Bukittinggi menuju Padang Sidempuan yang ada di Tapanuli Selatan. Jarak tempuh nyaris 300 km,” ungkap Sapta Bramana, salah satu sesepuh CSVJ. Rute selanjutnya Padang Sidempuan menuju Parapat melalui Danau Toba yang terkenal indah.

“Touring ini menjadi ajang memperteguh tali persaudaraan antar komunitas Vespa di Indonesia dan ini menjadi pengalaman yang tak ternilai dengan uang,” tukas Anton Bramana sang sesepuh. CSVJ juga berterimakasih atas dukungan dari Evalube Scootic yang menjadi sponsor kedua kalinya setelah touring Jakarta – Bromo tahun lalu. “Oli ini sangat cocok buat skuter kami, dan terbukti bahwa oli lokal dengan harga terjangkau ini bisa mengawal kami di segala medan,” aku sejumlah peserta.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.