Toyota Berikan Pelatihan Bagi Petugas Bea Cukai

TTCBeaCukai2Komitmen Toyota Indonesia untuk ikut mengembangkan sumber daya manusia ditunjukkan dengan berdirinya Toyota Training Center (TTC) di Cibitung, Bekasi. Divisi khusus ini akan memberi pembekalan dari segi kompetensi dan pengetahuan. Bagusnya, pusat pelatihan ini tidak hanya bagi internal Toyota saja, tapi juga lingkungan eksternal, seperti bekerjasama dengan instansi pemerintah.

Seperti yang rutin dilakukan adalah pelatihan bagi petugas Bea Cukai. Jenis pelatihan yang diberikan adalah berupa Diklat Pemeriksaan Barang Otomotif yang sudah dilaksanakan sejak 2007. Selain pelatihan bagi petugas Bea Cukai, pelatihan lainnya yang sudah dilakukan adalah pelatihan bagi Balurjabar TNI AL, Lembaga Pendidikan Polri Psd. Lantas, Dinas Perhubungan Kota Denpasar, serta Paspampres.

Direktur PT Toyota Astra Motor, Samuel Manasseh, menyebutkan selama 2014, TTC akan memberikan tiga pelatihan bagi petugas Bea Cukai. Salah satunya dilaksanakan 25 Februari 2014 di Cibitung, Jawa Barat. “Toyota Indonesia berkomitmen tumbuh bersama masyarakat Indonesia melalui pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas, dengan memberikan pelatihan yang tidak hanya dilaksanakan untuk internal Toyota namun juga melibatkan instansi pemerintahan,” kata Samuel dalam siaran persnya.

TTCBeaCukaiKegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengenalan komponen kendaraan, terutama Toyota, yang sering ditangani petugas Bea Cukai. Melalui pelatihan ini, petugas Bea Cukai diharapkan memiliki pengetahuan dalam proses dan teknik pemeriksaan produk otomotif, sehingga dapat membantu dalam kelancaran pekerjaan mereka.

Training yang diberikan meliputi dua hal, yaitu Basic Automotive dan Vehicle Identification Number. Dalam Basic Automotive, materi pelatihan yang diberikan meliputi Garis Besar Komponen Kendaraan, Komponen & Cara Kerja Mesin Kendaraan, Komponen & Cara Kerja Drive Train, Komponen & Cara Kerja Brake System, Tipe Steering System, Body Kendaraan, dan Pengenalan Hybrid Technology.

Sementara itu, dalam pelatihan Vehicle Identification Number akan diberikan materi pelatihan berupa Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor (NIK/VIN) dan Sertifikasi & Registrasi Kendaraan Bermotor.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana