Toyota New Alphard 2012 Makin Mewah & Nyaman

Memasuki awal tahun 2012, PT. Toyota Astra Motor (TAM) langsung menggebrak dengan mengeluarkan produk barunya di kategori MPV Luxury, Toyota Alphard facelift. Mobil keluarga premium ini kini desainnya diklaim lebih progresif, lebih mewah dan bertenaga, sehingga memberikan penyegaran yang semakin berkelas terhadap sosok kereta kencana ini. Harapan Toyota, hadirnya Alphard terbaru ini bisa mempertahankan dan meningkatkan market share di segmen MPV Luxury sebesar 20%.

Dari segi eksterior, perubahan terlihat pada grille depan yang memberi kesan tegas dan kuat serta dilengkapi dengan chrome pada hood molding. Bumper depan serta fog lamp dan lampu belakang juga direkayasa ulang yang menjadikannya kian mewah dan dinamis. Aura sportif kemudian ditunjukkan pada velg alumunium baru berukuran 17 inci. Meskipun perubahannya ini terbilang minor, namun Toyota sukses mengangkat citra Alphard menjadi lebih eksklusif.

Pada interior sentuhan diberikan pada desain dan warna baru interior wood panel yang lebih gelap, penempatan sliding dan reclining pada bahu kursi depan. Penyempurnaan paling signifikan terdapat pada sistem audio dengan menempatkan speaker premium lansiran Focal Premium Speaker dengan total 10 speaker dari sebelumnya 8 speaker. Focal Premium Speaker yang digunakan memiliki Berllium inverted dome tweeter, yaitu material berkualitas tinggi yang menghasilkan kualitas audio lebih berkualitas, renyah dan jernih.

“Toyota Alphard merupakan kendaraan populer di masyarakat. Terlihat dari survey kami, hampir semua keluarga menengah keatas atau mapan memiliki Alphard sebagai mobil keduanya. Untuk itulah, kami mencoba mempertahankannya dengan melakukan pembaruan pada new Alphard,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM, saat peluncuran new Alphard di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pasar MPV Luxury sendiri diyakini Toyota akan terus meningkat. Seperti diutarakan Joko Trisanyoto, Direktur Marketing TAM, penjualan Alphard dari tahun ke tahun terus meningkat. “Total pasar MPV Luxury di tahun 2010 meningkat menjadi 1.465 unit dari 2009 yang hanya 1.139 unit atau sekitar 0,2% dati total market. Alphard berada di market share 20% dengan penjualan 2011 sebanyak 296 unit, naik dari 2010 yaitu 238 unit. Tahun depan mungkin tumbuhnya tidak banyak menjadi 0,3%, tapi marketnya nambah,” tutur Joko.

New Alphard tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu super white pearl, silver metallic, gold pearl crystal metallic dan black metallic. Variannya ditawarkan dalam tiga tipe yaitu 2.4 liter X A/T, 2.4 liter G A/T dan 3.5 liter V A/T. “Namun harganya belum ditentukan karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan dan kami perhitungkan. Perhitungan itu seperti naiknya harga Bea Balik Nama (BBN) dan efek Indonesia-Jepang Economic Partnership Agreement (IJEPA),” imbuh Johnny.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.