Wah Hebat, Honda Vario Techno 125 PGM-FI 78 km/liter

Honda Vario Techno 125 PGM-FI akhirnya berhasil menuntaskan turing sejauh 1.398 kilometer atau turing terjauh untuk tipe motor skutik yang pernah diadakan APM motor. Turing ini sekaligus membuktikan ketangguhan mesin dan keunggulan teknologi skutik terbaru Honda ini. Dalam turing bertajuk Ultimate Journey Jawa – Bali, catatan konsumsi bahan bakar Vario Techno 125 injeksi membukukan hasil fantastis dengan pencapaian tertinggi 78,8 km/liter. Prestasi keiritan tersebut dicatatkan pada rute Yogyakarta-Solo.

Sedangkan rata-rata penggunaan konsumsi bahan bakar sepanjang perjalanan pada semua motor adalah 58,1 km/liter. Adapun top speed tertinggi diraih di rute Pamanukan-Cirebon dengan kecepatan 126 kilometer/jam. “Keberhasilan turing ini membuktikan Honda Vario Techno 125 PGM-FI tak hanya nyaman dikendarai di perkotaan tapi juga handal, tangguh, dan hemat BBM untuk digunakan dalam perjalanan dekat maupun jauh. Endurance, performa, kenyamanan, dan kehematan konsumsi BBM telah dibuktikan setelah berhasil menaklukkan beragam kondisi jalan dan cuaca dalam turing ini,” ujar Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM).


 
Turing  ini melibatkan sekitar 200 rider yang secara bergantian dari Jakarta hingga Denpasar. Mereka berasal dari beragam latar belakang, mulai dari media regional maupun nasional, komunitas bloger otomotif, dan juga komunitas klub skutik Honda. Setidaknya 19 klub bergabung dalam kegiatan untuk menguji skutik terbaru Honda ini, seperti dari Jabodetabek terdapat Honda Scoopy Club (HSC), Balaraja Honda Matic Club (BHATIC), Honda Vario Club (HVC), Honda BeAT Club (HBC), Honda BeAT Club (HBC), Honda Vario Riders Club (HVRC).

Selain itu ada Scoopy Club Bandung ( Scuba), Vario Riders Club Karawang, Asosiasi Honda Matic Cirebon, Vario Semarang (VS), Vario Tegal Club, Vario Matic Club Solo (Vmacs), Motor Vario Purwodadi, Jogja Vario Community (Javacomm), Jogja BeAT Riders (JBR), Vario Club Surabaya (VCS), Surabaya Scoopy Community (SSC), Surabaya BeAT Club (SBC), dan Vario Bali Riders (VIBERS)
 
Peserta touring membelah Pulau Jawa dengan menggunakan 12 unit Honda Vario Techno 125 PGM-FI. Dari Jakarta, peserta menyusuri jalan pantura dengan rute Karawang-Pamanukan- Indramayu-Cirebon-Tegal-Pekalongan, dan Semarang. Dari Semarang, rombongan menguji handling dan performa Honda Vario di kontur jalan naik turun dan berkelok di rute sebelum masuk Yogyakarta dan Solo melalui rute Ambarawa dan Magelang. Para rider akan kembali ke jalur pantura dengan melintasi jalur Boyolali-Salatiga-Bawen dan Semarang.
 
Setelah melibas rute penuh tanjakan dan kelokan ini, mereka melanjutkan perjalanan menyusuri  Kudus-Pati-Rembang-Tuban-Gresik-Surabaya dan Pasuruan. Dari Pasuruan perjalanan dilanjut ke Probolinggo-Situbondo dan Banyuwangi hingga akhirnya menyeberang ke Bali untuk finish di Denpasar.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.