Yamaha Buka Kelas Khusus Teknik di SMK Surabaya

YamahaSMK2Sebagai wujud komitmen dan kepeduliaan terhadap dunia pendidikan di Indonesia, Yamaha meresmikan Kelas Khusus Yamaha (KKY) di berbagai SMK periode Oktober dan November 2014 dari wilayah Jambi, Surabaya, Pontianak dan Lampung. Bentuk dukungan terhadap program KKY di SMK itu adalah Yamaha memberikan unit motor, mesin, peralatan praktik dan membuat bengkel di ruang praktik SMK juga ruang teori dengan standar Yamaha.

Program ini merupakan salah satu transfer pengetahuan dibidang otomotif khususnya teknologi sepeda motor guna mencetak lulusan SMK yang handal dan mampu bersaing di era perdagangan bebas. Lulusan dari SMK dengan status Kelas Khusus Yamaha akan mendapatkan sertifikat Bronze setara dengan Teknisi Tingkat Menengah. Peresmian tersebut merupakan bagian dari kerjasama Yamaha dengan 532 SMK di Seluruh Indonesia.

Peresmian KKY di Jambi dilaksanakan di SMK Batanghari, Jambi. Kepala Sekolah SMK Batanghari, Mustakim, S.T menuturkan bahwa sebuah kehormatan untuk bisa mendapatkan kesempatan menjadi sekolah binaan Yamaha setelah bersaing dengan 32 SMK yang ada.

“Dengan adanya kelas ini kami berharap lulusan yang lahir dari sini bisa langsung siap kerja, karena telah dibekali ketrampilan yang mumpuni yang pada akhirnya bisa mengurangi jumlah pengangguran,” ujarnya.

Selain itu peresmian KKY wilayah Surabaya bertempat di SMKN 2 Surabaya, dengan total donasi 34 mesin dan 30 unit speda motor dengan teknologi ter-update (Fuel injection). Dalam acara ini donasi diberikan langsung oleh Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Teddy Cahyadi Jacob. Hadir juga Walikota Surabaya, Tri Risma Harini yang meminta lulusan SMK memiliki kemampuan, ketrampilan dan kesiapan dalam bekerja agar memiliki daya saing yang baik di dunia kerja.

Ke depannya akan dievaluasi ketrampilan siswa SMK sesuai dengan standar pabrikan Yamaha melalui uji kompetensi pada Februari 2015. Di akhir acara terdapat penyerahan Sertifikat KKY kepada SMK 2 Surabaya serta penandatanganan MOU donasi kepada 22 SMK.

Kegiatan peresmian yang dilakukan Yamaha dilengkapi dengan seminar teknologi injeksi yang diterapkan di motor YZF R15 dan R25 dan informasi perkembangan teknologi terakhir. Diharapkan guru & siswa mengetahui perkembangan dan kemajuan teknologi injeksi terkini dari Yamaha. Juga dilaksanakan test ride sepeda motor injeksi Yamaha untuk para tamu undangan. Serta pemberian diskon khusus untuk siswa yang berprestasi di acara tersebut.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana