Yamaha Jupiter & MX Jadi Motor Resmi PON 2012

Yamaha Indonesia memastikan menjadi sponsor resmi cabang olahraga balap motor Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012 di Riau pada 9 September 2012 mendatang. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Yamaha dan Pengurus Besar (PB) PON telah dilakukan di Jakarta, Kamis 5 Januari 2012. Bertempat di DDS Yamaha Jakarta, penandatanganan MoU ini juga mempertegas komitmen Yamaha dalam mendukung kemajuan olah raga nasional.

Penandatanganan dilakukan Presiden Direktur Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti dan Ketua Harian PB PON Riau 2012 yang juga Penjabat Walikota Pekanbaru, Syamsurizal. Partisipasi Yamaha dalam penyelenggaraan PON XVIII/2012 melalui cabang olah raga balap motor merupakan lanjutan dukungan sebagai sponsor kualifikasi PON yang sebelumnya sukses digelar di sirkuit Sentul, 25-26 November 2011.

Dari hasil kualifikasi tersebut, sebanyak 23 pembalap di kelas perseorangan dan 15 pembalap di kelas beregu lolos untuk berpartisipasi di PON yang akan berlangsung di Riau. Untuk kelas beregu, 15 pembalap yang dimaksud adalah 15 pembalap teratas dari 23 nama pembalap dengan melihat asal pengprov mereka. Empat emas diperebutkan dari kelas 115 cc perseorangan dan beregu dan 125 cc perseorangan dan beregu.

Bentuk dukungan Yamaha pada cabang olahraga balap motor PON XVIII/2012 ini adalah dengan menjadi sponsor resmi motor. Sebanyak 90 motor Yamaha akan digunakan pada PON XVIII/2012, yaitu 45 Jupiter Z dan 45 Jupiter MX. Sebelumnya pada kualifikasi digunakan 160 motor Yamaha (80 Jupiter Z dan 80 Jupiter MX). Secara teknis motor yang digunakan para pembalap di lintasan PON nanti adalah motor standar.

Keunggulan motor Yamaha di lintasan sirkuit telah terbukti bersama Jupiter Z yang turut memberikan prestasi sebagai juara di Motoprix dan Indoprix serta Yamaha Cup Race sebagai ajang pembinaan dan melahirkan pembalap-pembalap handal. Kecepatan motor pun ditunjukkan lewat Jupiter MX yang memiliki perangkat teknologi balap yaitu forged piston dan diasil cylinder.

“DNA kental Yamaha terhadap sport menjadi dasar penguat Yamaha mendukung penyelenggaraan PON 2012 khususnya untuk cabang olah raga balap motor. Kami ingin ikut menyukseskan pelaksanaan PON dengan kontribusi melalui motor Yamaha yang dikenal baik kecepatannya tak terkalahkan dan sangat sesuai untuk membalap dalam kompetisi di lintasan sirkuit,” tutur Dyonisius Beti.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.