Yamaha New V-Ixion Lightning Tanpa Kick Starter Dijual Rp 22,4 Juta

Setelah memperkenalkan New V-Ixion Lightning pertama kali di Jakarta Motorcycle Show (JMCS) akhir November lalu, Yamaha akhirnya secara resmi merilis motor sport terbarunya yang telah mengalami berbagai perubahan signifikan. Bertempat di kawasan Dago, Bandung pada 15 Desember 2012, Yamaha tidak hanya menjual V-Ixion Lightning tanpa kick starter, tapi juga mendengarkan suara konsumen dengan menawarkan fitur kick starter.

“Yamaha New V-Ixion Lightning akan semakin memperkuat ketangguhan Yamaha di segmen sport Indonesia. Dengan tampilan baru dan dipermanis grafis dan warna baru, V-Ixion Lightning akan jadi favorit konsumen. Kami juga memiliki inovasi teknologi yang lebih terdepan dibanding kompetitor,” ujar Dyonisius Beti, Vice President Yamaha Indonesia, saat peluncuran V-Ixion Lightning di Bandung.

Pria yang akrab disapa Dyon ini mengaku tadinya hanya akan menawarkan V-Ixion dengan satu varian saja, yaitu tanpa kick starter seperti yang ditampilkan di JMCS 2012. Namun diluar dugaan, ternyata konsumen Yamaha masih menginginkan motor ini tetap dilengkapi dengan kick starter. “Untuk harga kami sediakan 2 versi. Untuk versi kick starter dijual Rp 22,6 juta dan yang tanpa kick starter dijual Rp 22,4 juta,” imbuhnya.

Disebutkan Yamaha, desain dan bodi New V-Ixion ini memiliki banyak keunggulan memikat. Dimulai dari desain depan motor dengan tampilan lebih gagah dan lampu baru dengan sporty visor. Bagian belakang juga tampil baru dengan velg dan ban lebih besar, yakni ukuran 120/70. Bagian samping motor lebih artistik dimana lekukan bodinya memiliki sudut tajam seperti aerodynamic device yang terlihat berotot dan solid dibagian depan tapi langsing dan lancip dibagian belakang.

Penampilan speedometer New V-Ixion ini terinspirasi dari YZF-RI dimana memberikan sentuhan emosional dengan menampilkan sapaan ‘HI Bro’ saat mesin dinyalakan. Penampilan baru New V-Ixion ini juga terlihat pada tangki yang didesain seperti YZF-RI. Tutup tangkinya bergaya sporti berotot seperti airplane fuel cap, multi layer surface dan terbuat dari plastik ABS. Keunggulan lainnya terletak pada rangka berkonsep Delta Box, seperti motor balap supersports.

Spesifikasi mesin New V-Ixion ini tidak berubah tapi ada penyesuaian kemampuan mesin pada kaki-kakinya yang sudah menggunakan pelek dan ban lebar. Tipe mesinnya tetap mengusung 4-langkah, 4 valve, SOHC, berpendingin cairan dan berkapasitas 150 cc. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 12,2 kW pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 14,5 Nm di 7.500 rpm.

New V-Ixion ini tersedia dalam 5 pilihan warna yang menarik, seperti putih merah, merah hitam, hitam solid dan champagne gold.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana