Yamaha Xeon RC Berbenah Ganti Grafis Racing

Xeon RC Lumire BlueJika Honda memulai awal tahun 2015 dengan meluncurkan Vario 150 eSP dan Vario 125 eSP, Yamaha bergerak menghadirkan penyempurnaan dari stripping Xeon RC menjadi lebih bernuansa racing dan sporty. Grafis baru yang disebut ‘Burning The Racer Heart’ ini menjadikannya lebih agresif. Terdapat tiga warna baru Storm Black, Velocity White, Lumire Blue dengan harga tidak berubah, yaitu Rp 15,5 juta.

Yamaha menyebutkan untuk warna Storm Black (sport elegan) cocok untuk anak muda agresif layaknya pro riders, Velocity White (racing sport showing off) untuk yang suka menjadi pusat perhatian, dan Lumire Blue (sport agresif) sesuai untuk anak muda yang cool. Di bagian bodi plastik, kali ini menggunakan warna hitam, berbeda dengan sebelumnya yang beberapa warna. Sedangkan grafisnya desain tajam pada body motor samping dan sayap depan.

“Xeon RC identik sebagai matik kencang yang membakar jiwa pengendaranya. Passion mereka tersalurkan dengan bergelora saat memacunya. Xeon RC menjawab kebutuhan anak muda yang menyukai matik berkarakter racing. Dengan disempurnakan teknologi FI, fitur-fitur lengkap dan warna-warna yang sesuai dengan karakter anak muda,” papar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Xeon RC Velocity WhiteMasykur menambahkan, Xeon RC cocok untuk mereka yang cool, sporty, suka menjadi pusat perhatian, suka tantangan dan adrenaline, detail dengan spesifikasi mesin dan teknologi balap motor. “Yang pasti race in passion adalah kamus hidup mereka. Sehingga tak salah lagi Xeon RC wajib jadi tunggangan di jalan raya,” imbuh pria ramah ini.

Sebagai informasi, tambahan kata RC pada Xeon artinya adalah Racing Champion, untuk mempertegas Xeon sebagai matik racing berteknologi balap dengan DiASil Cylinder dan Forged Piston. Dengan penyempurnaan teknologi mesin 125 cc berpendingin cairan dan penambahan YMJET-FI menaikkan tenaganya menjadi 11,4 PS dan torsi meningkat jadi 10,4 Nm. Perubahan ini menghasilkan akselerasi yang lebih spontan namun lebih irit sekitar 20 persen.

Body desain Xeon RC terinspirasi pesawat tempur F117-Nighthawk yang tampak jelas pada cover desainnya yang aerodinamis. Serta desain lampu belakang dengan konsep After Burner Jet Tail Lamp. Lampunya sudah Automatic Headlight On (AHO). Dengan disempurnakan teknologi FI yang membuat Xeon RC ini menjadi semakin irit. Knalpot Xeon RC diadaptasi dari Yamaha T-Max yang berkesan powerful dan eksklusif.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana