realme Jadi Top 5 HP Asia Tenggara di Q1 2020

#kamisukareview – Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research Market Monitor Q1 2020, realme berhasil meraih peringkat Top 5 di kawasan Asia Tenggara dengan kenaikan penjualan tahunan sebesar 173%. Dengan kenaikan penjualan impresif, realme telah menjadi merek smartphone paling cepat berkembang di Asia Tenggara.

Pada Q1-2020 yang terdampak dengan pandemi COVID-19, pengiriman smartphone di Kawasan Asia Tenggara menurun 11% dan pasar global turun 13% dibandingkan Q1-2019. realme adalah satu-satunya merek smartphone yang mengalami pertumbuhan.

realme jadi Top 5 di Pasar HP Asia Tenggara

Menurut laporan, realme berada di antara 5 pemain teratas di pasar-pasar utama Asia Tenggara pada Q1-2020: Thailand dan Kamboja menempati posisi Top 4, dengan tingkat pertumbuhan tahunan masing-masing 116% dan 252%.

Kemudian Indonesia (peningkatan pertumbuhan tahunan 105%), Filipina (peningkatan pertumbuhan tahunan 1800%), Vietnam (peningkatan pertumbuhan tahunan 92%) dan Myanmar (peningkatan pertumbuhan tahunan 350%) dan menempati posisi Top 5.

Secara global, realme tetap mengalami pertumbuhan pada Q1-2020 dan bertahan di peringkat 7 dunia, menjadi merek smartphone yang paling cepat berkembang dengan 35 juta pengguna di seluruh dunia.

realme telah beroperasi di 27 negara dan telah melakukan debutnya di Asia Tenggara dengan memasuki pasar Indonesia dan Vietnam pada Oktober 2018. Menurut analisis dari Counterpoint, realme mampu meraih posisi Top 5 di Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Myanmar dalam waktu satu tahun peluncurannya.

Kemudian di Kamboja dalam 1 kuartal dan masuk menjadi Top 5 di Thailand pada Q1-2020, menjadikan realme sebagai salah satu pemain terkemuka di semua pasar Utama kawasan Asia Tenggara.

Sejak awal berdirinya, realme telah berkomitmen untuk menjadi pilihan pertama bagi anak muda di semua negara di dunia, menyediakan produk-produk tech trendsetter bagi anak muda dengan kinerja, kualitas, dan desain yang melebihi ekspektasi.

realme memiliki wawasan mendalam tentang pasar smartphone di Asia Tenggara, mengoptimalkan dan meluncurkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna lokal.

Dengan menyediakan smartphone berkualitas terbaik di setiap segmen harga berdasarkan kebutuhan pasar lokal, realme terus-menerus mencetak rekor penjualan di pasar-pasar Asia Tenggara.

Misalnya di Indonesia, realme berhasil menjual smartphone sebanyak 40.000 unit di platform e-commerce Lazada hanya dalam waktu 21 menit, yang menjadikannya merek smartphone dengan pertumbuhan penjualan tercepat, total unit penjualan dan penjualan produk tunggal dari merek smartphone baru.

Hadirkan Smartphone dan AIoT

Memposisikan sebagai merek trendsetter teknologi, realme telah menerapkan Strategi 1 + 1, yang menggabungkan produk-produk smartphone dan AIoT sebagai ekosistem keseluruhan. Sebagai “5G Popularizer”, realme telah membawa produk 5G yang mencakup semua segmen harga, mulai dari entry-level hingga segmen flagship di seluruh dunia.

Dalam waktu dekat, produk 5G dengan teknologi mutakhir juga akan dibawa ke pasar Asia Tenggara, memberdayakan eksplorasi lebih lanjut dari realme untuk mempopulerkan konektivitas 5G.

realme di Indonesia sendiri telah merencanakan untuk meluncurkan lini produk flagship-nya yaitu realme X3 SuperZoom yang akan hadir pada tanggal 16 Juni 2020 mendatang. Meluncurkan produk flagship secara konstan merupakan bagian dari strategi realme untuk menjadi merek Tech Trendsetter di Indonesia.

Dengan membawa Trendsetting Technology seperti kamera periskop 60x zoom, Starry Mode, 120Hz Ultra Smooth Display dan platform 4G terbaik Snapdragon 855 Plus, realme X3 SuperZoom dipercaya mampu menjadi produk flagship terbaik di kelasnya.

Untuk strategi AIoT, realme telah memfokuskan pada skenario untuk penggunaan ‘Personal, Home, & Travel’ demi membangun Tech Trendsetter Life untuk konsumen muda. Sejak peluncuran produk AIoT seperti realme Buds Air dan realme Band di pasar Asia Tenggara, realme telah memenangkan hati anak-anak muda di Asia Tenggara.

Di Indonesia, realme Band menjadi merek smart band terlaris No.1 di Shopee pada flash sale sesaat setelah acara peluncuran, dengan lebih dari 4.000 pemesanan pada flash sale online dan 500 realme Band terjual habis dalam waktu 2 menit.

Secara global, realme mencetak rekor penjualan 1 juta pengguna produk Smart Audio AIoT pada Mei ini. Kedepannya, AIoT dari berbagai kategori akan diperkenalkan ke pasar Asia Tenggara untuk ekosistem AIoT nyata yang lebih lengkap.

Selain memberikan produk dengan trendsetting technology & trendsetting design, realme juga berupaya menjangkau konsumen muda melalui bahasa mereka sendiri di pasar Asia Tenggara.

Dari pilihan brand ambassador yang merupakan ikon anak muda dan trendi di setiap pasarnya sendiri, hingga acara peluncurannya yang diadakan di tempat anak muda seperti kampus dan tempat menarik lainnya, realme menunjukkan sikap merek yang sedang tren dan “Dare to Leap” sepenuhnya.

Model bisnis realme dengan “light assets, short channels, and partial e-commerce” telah terbukti memberikan respon cepat terhadap perubahan pasar, terutama selama periode #Dirumahaja.

Kerjasama antara platform realme dan e-commerce dalam produk, logistik dan pemasaran membawa konsumen pengalaman berbelanja yang lebih ekonomis dan mudah di negara-negara Asia Tenggara.

Meskipun berdampak negatif pada pasar ponsel pintar global pada Q1-2020, realme telah tumbuh secara signifikan di wilayah Asia Tenggara, membuktikan kecepatan pertumbuhan tercepatnya dengan kenaikan tingkat pertumbuhan tahunan di pasar-pasar utama.

Dengan produk-produk trendsetting, strategi 5G + AIoT dan model pemasaran kreatif, realme akan menciptakan trendsetter life bagi lebih banyak konsumen muda Asia Tenggara di masa depan.