7 Fitur Spesial di Kamera Galaxy Note20 Ultra

#kamisukareview – Kamera Galaxy Note20 Ultra adalah salah satu aspek krusial yang membuatnya jadi sorotan. Selain didukung konfigurasi sensor dan lensa yang mumpuni, sektor imagingnya dilengkapi berbagai fitur mutakhir. Menjadi andalan untuk bersaing dengan para rival.

Samsung sendiri memang baru merilis Galaxy Note20 series di Indonesia. Smartphone ini hadir dalam dua varian yakni Galaxy Note20 versi reguler dan Galaxy Note20 Ultra. Varian kedua ini mengantongi sejumlah fitur dan kemampuan yang lebih unggul dibanding versi reguler.

Seperti yang bisa kita lihat dari namanya, pembubuhan istilah Ultra tentu bukan hanya di atas kertas. Pihak Samsung memang telah membuktikan keunggulan varian ini melalui sejumlah fitur yang disematkan ke dalamnya. 

Sebut saja seperti lebar layar yang berukuran 6,9 inci, kapasitas baterai 4,500 mAh dan juga kemampuan kamera yang diusungnya. Dan, kemampuan kamera Galaxy Note20 Ultra ini sangat menarik perhatian kami dan wajib disorot.

Untuk spesifikasinya, sebut saja tiga buah kamera di bagian belakang dengan lensa berkemampuan 108 MP sebagai kamera utama. Dua kamera lain masing-masing dihuni oleh lensa ultrawide 12 MP dan lensa telefoto 12 MP.

kamera samsung galaxy note20 ultra

Fitur Spesial Kamera Galaxy Note20 Ultra 

Dengan kombinasi kamera tersebut, Galaxy Note20 Ultra menjadi salah satu smartphone kamera-sentris yang patut diacungi jempol. Namun, acungan jempol saja tidak cukup mewakili pembaca mengenai kemampuan yang dimiliki oleh kamera pada smartphone flagship ini.

Oleh karena itu, pada tulisan kali ini kami ingin merangkum fitur menarik apa saja yang dimiliki kamera Galaxy Note20 Ultra ini, yuk kita simak di bawah ini:

1. Kemampuan Zoom Hingga 50x

Seperti disebutkan di atas, kamera Galaxy Note20 Ultra memiliki lensa beresolusi 12 MP. Dengan lensa ini kamu dapat mengambil objek dengan menggunakan fitur zoom optik hingga 5x, gambar yang dihasilkan juga akan tetap jelas dan jernih alias lossless.

Tidak hanya itu, smartphone ini juga menawarkan fitur zoom hybrid yang bisa digunakan mulai dari 2x, 4x, 10x, 20x hingga 50x. Dengan fitur ini, kita tentu bisa mengambil objek jarak jauh. 

Jangan khawatir bahwa objek gambar yang diambil akan buram atau terlihat kabur. Pihak Samsung telah menyematkan fitur OIS (Optical Image Stabilization) agar hasil gambar dari objek yang kamu bidik akan terlihat tajam dan jelas. 

OIS ini akan meredam goyangan tangan kamu saat mengambil objek gambar yang biasanya menyebabkan gambar menjadi blur karena goyangan dari tangan kamu saat menjepret.

2. Directional Audio Adjustment

Fitur Directional Audio Adjustment atau fitur yang bisa menentukan arah suara mic ini mungkin sangat berguna buat kamu yang sering membuat konten video. Fitur ini mendukung kamera Galaxy Note20 Ultra jadi lebih powerful.

Jika fitur ini diaktifkan, maka smartphone akan memberitahukan dari mana arah suara berasal. Hal ini tentu sangat membantu ketika kita sedang mengambil video agar suara bisa terdengar jelas.

Fitur ini sejatinya melibatkan kombinasi dari tiga buah mic yang ada pada sejumlah posisi di perangkat Galaxy Note20 Ultra. Mic tersebut berada pada rear (belakang), front (depan) dan omni (segala arah). Kemampuan ini disebut juga dengan istilah Multi-Source Microphone.

Jadi jika kamu mengaktifkan fitur rear (belakang) maka suara yang akan terdengar lebih jelas ialah suara yang paling dekat dengan mic bagian belakang. 

Begitupun ketika kamu ingin mendapatkan suara dari arah depan, maka mic yang diaktifkan ialah mic pada bagian depan. Sedangkan jika ingin menangkap suara dari segala arah maka yang harus kamu aktifkan ialah mode omni.

Yang menjadi menarik, di sejumlah gerai baik itu offline maupun online, perangkat smartphone Galaxy Note20 Ultra juga telah ditawarkan dengan aksesoris Galaxy Buds Live.

Jika kamu menggunakan aksesoris ini, maka ada fitur untuk melakukan sinkronisasi dengan earphone Galaxy Buds Live. Kita bisa menjadikannya mic agar suara Anda terdengar lebih keras. 

Selain itu, pada fitur ini juga kamu dapat menemukan fitur audio input level yang memungkinkan kamu mengatur volume suara yang ingin ditangkap oleh mic.

3. Controlling Zoom Speed atau Mengatur Kecepatan Zoom

Fitur menarik lainnya terkait kemampuan kamera Galaxy Note20 ini adalah adanya kemampuan untuk mengatur kecepatan zoom. Fitur ini berada pada opsi Pro Video Mode. 

Perlu digaris bawahi bahwa fitur ini jarang ada pada sebuah smartphone. Untuk menggunakannya kamu hanya tinggal menggeser slider yang ada, ingin secepat apa zoom bergerak. Selain bisa mengatur kecepatan zoom, kamu juga bisa mengatur kecerahan video.

4.Pilihan Warna Latar Saat Mengambil Foto Selfie

Jika kamu hobi mengambil foto selfie, ada fitur menarik yang dipastikan akan menjadi favorit kamu. Fitur tersebut bernama Single Take. Yups, ini merupakan fitur untuk mengambil video pendek dengan durasi yang bisa dipilih mulai dari 5 detik hingga 15 detik.

Lho, bukannya foto selfie? Ini kan video… Eits, tunggu dulu, fitur ini akan sangat berguna saat kamu kerepotan memilih momen dan angle mana yang bagus.

Dari sini kamu bisa memilih foto yang menurut kamu bagus, dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan pada fitur yang bernama Color Picking Potrait. Dengan fitur ini, kamu bakal disuguhkan 14 pilihan ragam foto untuk mengubah bagian warna latar belakang foto sesuai dengan yang kamu inginkan.

samsung galaxy note20 ultra

5. Kemampuan Merekam Hingga 8K

Seperti disebutkan di awal, Galaxy Note20 Ultra merupakan smartphone kamera sentris. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya menghasilkan foto maupun video berkualitas. 

Buat kalian yang sering membuat konten video atau ngevlog, kamera Galaxy Note20 Ultra mampu menghasilkan video Full HD, 4K hingga 8K. 

Khusus resolusi 8K, mengusung rasio 16:9 (7680 x 4320 piksel) dan 21:9 (7680 x 3296 piksel) yang berjalan pada kecepatan 24 fps. Kemampuan ini tentu sangat jarang ditemukan pada smartphone lain yang ada di pasaran saat ini.

6. Mendukung Frame Rate 120 fps

Dengan dukungan refresh rate layar 120Hz, smartphone ini juga mampu mendukung frame rate yang tinggi hingga 120 fps. Fitur ini juga dipastikan tidak banyak ditemukan pada smartphone lain. 

Dengan memutar ulang video yang dibuat pada kecepatan frame ini pada layar refresh rate 120Hz, maka gambar yang ditampilkan akan terlihat begitu licin dan menyejukkan mata.

Dan dengan kemampuan ini, video slow motion yang dibuat akan bisa menunjukkan frame by frame yang lebih detil dengan hasil yang lebih baik dan smooth saat dilihat.

7. Scene Detection dengan Penambahan Musik di Latar Belakang

Lagi-lagi, pihak Samsung sepertinya memang ingin lebih memanjakan videografer dan fotografer pada smartphone ini. Buat kamu yang ingin membuat sendiri video klip, kamera Galaxy Note20 Ultra bisa membantu mewujudkan konten video klip berkualitas.

Melalui fitur scene detection yang bisa menambahkan filter, disesuaikan dengan tone yang ingin dimunculkan. Untuk selanjutnya, kamu juga bisa memiliki sejumlah video yang digabungkan dengan berbagai background music yang telah otomatis dipilihkan oleh sistem. 

Fitur Background Music Suggestion ini akan sangat membantu kamu yang ingin membuat video pendek berkualitas. Misal untuk teman kamu yang tengah ataupun untuk kamu posting sendiri di laman media sosial yang ada.

Nah, itulah fitur yang dihadirkan Samsung terkait pada kemampuan kamera yang dimilikinya. Dari sini kita bisa melihat bahwa keunggulan Samsung Galaxy Note20 series bukan hanya spesifikasi hardware.

Lebih dari itu, pihak Samsung telah berupaya untuk memperkuat semua fitur yang ada melalui perangkat lunak yang dijejalkan ke dalamnya. Sehingga kamu bisa berkreasi dan berkarya sehingga terlihat lebih profesional.