Huawei P30 Pro: Spek Kamera HP Terbaru Ini GG atau Noob?

#kamisukareview – Menunggu HP baru yang sudah begitu banyak bocorannya terkadang bisa menyesakkan dada jika ternyata tak sesuai ekspektasi. Nah, bagaimana dengan Huawei P30 Pro dan Huawei P30?

Yups, Huawei P30 Pro dan P30 ini baru saja nongol secara resmi di Paris, Perancis. Jika dibandingkan dengan HP Huawei generasi sebelumnya yakni P20 series, memang ada beberapa perubahan. Tapi signfikan atau tidak mari kita bedah bareng-bareng.

Oh ya, sebelum mulai, kami mempunyai catatan tersendiri soal HP Huawei terbaru ini. Jujur saja, kami mengharapkan inovasi yang out of the box atau minimal memberikan efek kejut. Mungkin ekspektasi itu terlalu tinggi? Yuk kita lihat saja dulu.

Perubahan desain Huawei P30 Pro dkk.

huawei p30 pro

Huawei ternyata masih mempertahankan notch atau poni gaya lawas pada HP ini. Memang dibuat jadi lebih kecil, tapi untuk HP Huawei keluaran terbaru, kami mengharapkan ada sesuatu yang lebih menggigit. Kurang banget! Kalau dianalogikan kami hanya serasa dicubit ringan saja.

Perubahannya standar saja, dari poni ala iPhone X menjadi gaya waterdrop. Lebih kecil memang tapi terkesan ‘pasaran’ sama saja dengan HP merek lain, seperti HP OPPO, HP Vivo, HP Xiaomi.

Untung saja sang vendor menyematkan sensor sidik jari di bawah layar sentuh. Jadi lebih canggih lah. Bezelnya pun sekarang lebih tipis yang artinya penampang layar sentuh jadi lebih luas.

Bentuknya jadi lebih jangkung. Perbandingannya dengan Huawei P20 series begini. P20 P20 Pro punya display 5.8-inci dan 6.1 inci, aspek rasionya 18.7:9. Sementara kini, Huawei P30 dan P30 Pro punya display 6.1 inci dan 6.47 inci dengan aspek rasio 19.5:9.

Seri ini dibungkus kaca berwarna gradasi di punggungnya. Frame HP Huawei terbaik ini terbuat dari aluminium. Warna yang ditawarkan HP Huawei ini cukup banyak mulai dari Breathing Crystal, Amber Sunrise,Perl White, Black dan Aurora.

Huawei P30 Pro dan P30 kini memakai OLED display

huawei p30 pro

Sekarang Huawei P30 dan P30 Pro sama-sama memakai OLED display dengan resolusi 2340×1080. Sebuah taktik yang baik, kini pengguna tak perlu pusing soal kualitas display. Tapi menurut kami, kenapa tak langsung saja pakai Dynamic OLED yang lebih mutakhir.

Memang sih dengan OLED display ini, P30 Pro bisa bergaya ala-ala Galaxy Edge-nya Samsung dengan lengkungan di tepian layar. Sementara P30 tetap tampil flat.

Buat perlindungan, HP Huawei P30 sudah mendapat sertifikasi IP53 yang memberi perlindungan terhadap air dan debu. Sementara Huawei P30 Pro mengantongi IP68.

Masih memakai chipset flagship tahun lalu

p30

Dua smartphone ini mengandalkan HiSilicon Kirin 980. Chipset 7 nm yang mengintegrasikan Cortex-A76 + A55 octa-core CPU hingga 2.6 GHz dan ARM Mali- G76 MP10 GPU.

Di sektor memori, sang vendor menanamkan RAM 6/8GB serta pilihan memori internal 128/256/512GB yang bisa diperbesar kapasitasnya via NanoSD.

Kabar gembira buat fans flagship ini, kini Huawei P30 dan P30 Pro masuk kategori HP baterai besar. Masing-masing mengusung kapasitas baterai 3650 mAh dan 4200 mAh. Pengecasan bisa lebih cepat berkat 40W supercharge atau wireless charging support.

Fitur lain dalam perangkat ini antara lain Dual SIM 4G support, Dual Band Wi-Fi, Bluetooth 5.0, NFC, USB Type-C with EMUI Desktop and Dual Frequency GPS / A-GPS / LONASS / Galileo / BeiDou. OS Huwei P30 Pro dan Pro ini memakai Android 9.0 Pie dengan antarmuka EMUI 9.1.

HP Huawei P30 Pro punya kamera terbaik?

huawei

HP Huawei P30 series ini punya kamera utama dengan sensor 40 MP, 27mm dengan aperture f/1.6 dan optical image stabilization. Kemudian dibantu lensa ultra wide angle 20MP (16mm) dengan f/2.2 aperture serta lensa telefoto 8 MP yang punya 5x optical zoom (125mm) dengan aperture f/3.4 dan optical image stabilization.

huawei p30 camera

Tertanam juga sensor time-of-flight di bawah lampu flash P3 Pro. Ponsel mengunakan sinar inframerah dan menangkap pantulan dengan sensor baru ini. Huawei menjanjikan efek bokeh yang lebih baik.

Huawei juga mengkombinasikan sensor utama kamera dengan sensor telefoto untuk menjepret gambar menggunakan a 10x zoom berkonsep hybrid digital-optical zoom. Oh ya, lensa telefoto Huawei P30 Pro ini menggunakan desain periskopik supaya ponsel jadi tak terlihat tebal.

Hayo lho, bagaimana tuh kualitas kameranya? Terbaik nggak? Total skor DxOMark mencapai angka 112 dengan skor fotografi di angka 119 dan video 97.

Kualitas lensa kamera HP Huawei P30 diturunkan

huawei p30

Seri ini memakai kamera utama dengan sensor 40 MP, f/1.8 aperture dan optical image stabilization. Lensa ultra wide angle 16 MP, f/2.2 aperture. Dan lensa telefoto 8 MP yang bisa melakukan 3x optical zoom.

Tak ada time-of-flight sensor di HP Huawei ini. Oh ya, untuk kamera selfie, Huawei sudah menaikkan resolusinya dari 24MP menjadi 32MP. Dan, HP Huawei terbaik ini bisa memotret foto HDR dan low light memakai kamera depan.

Bagaimana? Sudah sesuai ekspektasi atau belum? Apakah transisi teknologi dan fitur yang terjadi dari Huawei P20 series ke P30 series siginfikan?

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.