Teaser Ini Perkuat Kehadiran Gimbal Baru DJI

#kamisukareview – DJI baru saja mencuitkan sejumlah sketsa sebuah perangkat baru yang dibuat dalam rangkaian animasi, teaser tersebut perkuat keberadaan gimbal baru DJI yang lebih canggih dan ringan dari sebelumnya.

Bagi anda yang belum tahu, gimbal merupakan sebuah aksesoris kamera yang membuat agar proses penangkapan video menjadi lebih stabil sehingga hasil video terlihat lebih profesional.

Dari teaser tersebut terlihat sketsa gimbal DJI mendatang yang lebih kecil, ringan dan lebih canggih, sepertinya ia akan menjadi gimbal yang bisa dipasangkan dengan kamera mirrorless atau kamera yang lebih kecil.

Jika menilik portofolio DJI dalam merilis gimbal, Ronin-S merupakan gimbal pertama DJI yang menjadi kasesoris bagi kamera konvensional, bentuknya terlihat lebih besar dengan bobot sekitar 1,86kg.

Beberapa waktu yang lalu, pihak DJI telah merilis aksesoris Switch Grip tambahan untuk bisa dipasangkan pada gimbal Ronin-S agar penggunaan gimbal ini bisa lebih nyaman saat digunakan. Kemudian tahun 2016 lalu DJI juga telah merilis gimbal Ronin-MX yang lebih besar untuk bisa dipasangkan dengan kamera dan aksesorisnya, namun dengan semakin banyaknya aksesoris yang bisa dipasangkan pada Ronin-MX, gimbal ini menjadi lebih berat saat digunakan.

Karena itu, tak heran jika kali ini perusahaan drone asal Tiongkok itu berencana untuk merilis gimbal yang lebih ringan agar bisa dioperasikan lebih lama oleh penggunanya. Dan seiring dengan perkembangannya, perubahan bentuk dan desain gimbal memungkinkan bagi DJI untuk membuat gimbal multifungsi yang lebih ringkas dan ringan.

Bicara soal gimbal ternyata bukan hanya DJI yang membuatnya, sejumlah perusahaan lain yang juga membuat perangkat serupa, salah satunya ialah Zhiyun. Saat ini Zhiyun juga tengah menyiapkan gimbal teranyar mereka bernama Crane-M2 yang memiliki ukuran lebih kecil dan ringan untuk bisa dipasangkan dengan kamera mirrorles seperti Sony A6500 sehingga saat digunakan gimbal racikan Zhiyun ini hanya memiliki bobot 650 gram saja.

Kapan gimbal baru DJI ini akan melenggang di pasaran? belum ada informasi tanggal yang pasti, namun sepertinya tidak akan lama lagi jadi mari kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.