Yamaha Xabre versi anyar kepergok sedang dites

#kamisukareview – Saat ini, satu-satunya motor sport 150 cc milik Yamaha yang belum mendapatkan gubahan baik mesin maupun desainnya adalah Xabre. Model yang diperkenalkan pebalap Valentino Rossi di Bali pada awal 2016 itu, sepertinya tak terdengar sama sekali.

Namun kabar teranyar, Yamaha dikabarkan tengah mempersiapkan pembaruan model Xabre, atau lazim disebut facelift.

Berbagai isu mulai dari jenis mesin yang dipakai sampai prediksi perubahan desainnya pun sudah banyak beredar di dunia maya.

Salah satunya melalui akun instagram Motoblast.

Teranyar, model baru Xabre nyatanya tengah dilakukan tes di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Akun Instagram narablog Kobayogas, memampang secara jelas model motor yang dikabarkan tak lagi menggunakan nama Xabre itu lagi.

Secara visual, desain tersebut menggambarkan gubahan desain lampu dan jok penumpang yang sejajar dengan pengendara. Pada versi saat ini, jok penumpang Xabre memang terlihat kecil dengan model berundak di atas jok pengendara.

Soal sasis dan suspensi sepertinya belum ada gubahan, masih menggunakan sasis deltabox dengan suspensi depan yang mengadopsi model up-side down (USD).

Selain prediksi desain, ternyata juga berkembang dikalangan pengamat otomotif bahwa Yamaha akan menanggalkan nama Xabre, diprediksi pula nama motor yang populer di Thailand dengan nama M-Slaz ini akan menggunakan keluarga MT series (master torque), menjadi MT-15.

MT series merupakan klan yang cukup populer untuk motor-motor Yamaha berbasis naked bike. Sebut saja MT-125, MT-25, MT-07, MT-09, dan MT-10.

Perkara mesin, menurut info dari Indianautosblog, Yamaha MT-15 atau Xabre facelift ini akan menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha All New R15 dan All New V-Ixion R. Yaitu mesin injeksi 155 cc SOHC dengan fitur VVA, meninggalkan mesin lamanya yang berkode LC4V.

Itu artinya, semua motor naked bike Yamaha akan dibekali mesin yang sebelumnya telah diaplikasikan pada model NMax dan Aerox 155VVA.

Jika benar, maka tenaga atau power Xabre versi anyar tersebut akan melonjak menjadi 19 hp dari sebelumnya 16 hp.

Soal penjualan, saat ini Xabre memang kalah moncer ketimbang model naked bike andal Yamaha, yakni V-Ixion.

Sepanjang semester 1 2018, menurut data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Xabre hanya mencapai 1.271 unit, jauh tertinggal dari V-Ixion yang mencatatkan angka penjualan 27.362 unit. Bahkan Xabre juga harus takluk dari penjualan varian fairing sport, All New R15, yang sepanjang periode itu berhasil terjual 24.816 unit.

Editor

penulis | pengelana