All New Toyota Fortuner Test Drive : Menyusuri Jalur Semarang – Jogyakarta

REVIEW1ST.COM, Jogyakarta – Kehadiran All New Fortuner mengundang decak kagum dari para pecinta SUV di Indonesia. Wajah baru, mesin baru, interior baru dan fitur baru memang memikat dan menantang untuk dicoba siapapun, termasuk redaksi REVIEW1ST. Jalur Semarang – Jogyakarta kemudian disiapkan oleh PT. Toyota Astra Motor sebagai ajang pengujian. Untuk mengetahui perbedaannya, Toyota mengikutsertakan 3 unit Fortuner model lama untuk mendampingi Fortuner generasi terbaru.

Unit yang pertama dicoba adalah mencoba kenyamanan sebagai penumpang Fortuner TRD Sportivo AT. Fortuner model lama ini tampak nyaman, bertenaga dan stabil. Rute yang dilalui meliputi Tol Jatingaleh-Tol Bawen-Lingkar Salatiga-Kepeng-Ketep. Sampai di Ketep, pergantian mobil dilakukan menggunakan All New Fortuner VRZ AT. Redaksi mengambil posisi mengemudi dari mobil bermesin diesel 2.400 cc ini.

resize (2)Duduk di jok pengemudi, terdapat pengatur ketinggian dan sudut kemiringan jok elektrik guna mendapatkan posisi berkendara secara tepat. Tinggal tekan saja tombolnya, maka jok secara otomatis akan maju-mundur. Panel-panel instrument Fortuner terbaru ini terlihat lebih modern dan aerodinamis. Audio video sistemnya juga sudah dilengkapi dengan GPS Navigasi. Terdapat kontrol audio di lingkar kemudi dan terdapat tuas paddle-shift untuk perpindahan gigi secara manual.

Mesin kemudian mulai dihidupkan tanpa memutar kunci, tapi cukup dengan menekan tombol start/stop. Suara dieselnya terasa halus, nyaris tanpa getaran. Perbedaan jelas terlihat disini, All New Fortuner memiliki tingkat kekedapan yang lebih baik dibanding model sebelumnya. Menginjak pedal gas, bodi bongsor Fortuner VRZ seakan tidak ada artinya, karena SUV ini melesat cepat dengan torsinya yang besar.

resize (3)Tenaga badak ini didapat dari mesin baru GD 2.4 L VNT bertenaga 149 PS dan torsi puncak 40,3 Kgm pada 1.600-2.000 rpm. Akselerasinya mengagumkan yang disalurkan sempurna pada transmisi otomatis 6-speed. Teknologi transmisi All New Fortuner ini disebutkan memang diciptakan sesuai dengan kondisi geografis dan penggunaan di Indonesia. Adanya fitur ECO atau Power Mode, pengemudi bisa memilih mode sesuai dengan kondisi jalan.

Suspensi juga mendapat setelan baru, sehingga jauh lebih nyaman dibanding Fortuner model sebelumnya. Inilah yang juga mengakibatkan Fortuner VRZ minim gejala limbung saat menikung di kecepatan tinggi, meskipun bodinya termasuk bongsor. “Mengendarai Fortuner baru, Anda akan terasa lebih mantap, karena kami sudah menggunakan pen-stabil di bagian roda belakang. Pada model sebelumnya hanya ada di dua roda depan,” tukas Dadi Hendriadi, GM Technical Service Division TAM di Yogyakarta.

luluthebat@yahoo.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana