Ford EcoSport Test Drive : Petualangan di Kota Hua Hin, Thailand

EcoSportDrive (2)PT. Ford Motor Indonesia (FMI) secara resmi telah menjual SUV compact terbarunya, Ford EcoSport di Indonesia. Guna mengetahui apa saja fitur-fitur canggih di dalamnya serta kemampuannya, sejumlah jurnalis nasional, termasuk redaksi Review1st.com lantas diajak FMI untuk mencobanya langsung di kota Hua Hin, Thailand, beberapa waktu lalu. Aroma petualangan sangat terasa pada perjalanan ini.

Hua Hin dipilih menjadi lokasi test drive karena menawarkan rute yang seru dan mengasyikkan. Kota ini terletak di barat daya Bangkok dengan perjalanan sejauh 350 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam dari Bangkok. Ford EcoSport model Titanium yang merupakan varian tertinggi, berwarna orange telah disiapkan untuk menjadi teman perjalan selama seharian penuh. Jalur pantai dan perkebunan anggur menjadi menu test drive kali ini.

EcoSportDrive (5)Desain menjadi fokus pertama redaksi untuk dikupas. Sosoknya sudah pas mencirikan sebuah SUV compact sejati dengan penampilannya yang terlihat kokoh dan sporty. Grille baru model trapezoid dengan lampu sedikit menyipit memberikan kesan modern dan gagah. Sedangkan di bagian belakang, EcoSport masih meletakkan ban cadangan. Kesannya memang SUV sejati, tapi rasanya tidak pas dan tidak cocok karena terlihat konvensional dan menambah panjang dimensi.

Ada yang unik di bagian belakang ini, yaitu pegangan pintu. Disini, desainer Ford sangat pintar dengan membuatnya menyatu dengan lampu rem dan sein belakang, sehingga tampak dinamis dan fungsional. Sedangkan di kaki-kaki, velg multispoke terlihat kekar dan enak dilihat. Masuk kedalam kabin, aroma mewah menyapa pengemudi dan penumpangnya, bahkan sedikit bernuansa futuristik.

Pada varian Titanium ini, jok sudah dilapisi dengan kulit dengan jahitan warna merah untuk memunculkan kesan sporty. Oh iya, EcoSport ini sudah mengaplikasikan sistem smart keyless entry sehingga membuka pintu tidak perlu lagi memasukkan anak kunci.Begitu pula saat menyalakan mesin, cukup tekan tombol Start-Stop, mesin akan hidup secara otomatis, praktis bukan?

EcoSport_On-location 33Memulai perjalanan dari Hotel Sheraton di Hua Hin, redaksi merasa nyaman dengan posisi duduk yang cukup tinggi, berkat fitur height adjuster. Selain itu, pandangan kedepan juga luas. Berjalan di kota Hua Hin ini terasa menyenangkan dan melewati pasar trasional yang unik. Sambil menikmati perjalanan, redaksi mencoba fitur-fitur yang ada didalamnya. Fitur paling canggih yang disematkan adalah aplikasi Ford Sync.

Fitur ini memungkinkan siapapun terhubung dengan sistem audio melalui suara. Jika ingin memutar musik tertentu, tinggal bilang saja. Namun seperti Sync yang terdapat pada Fiesta, kendala pengucapan dalam bahasa Inggris bagi orang Indonesia seperti saya, kadang tidak terdeteksi oleh Sync. Tapi tetap, saya memuji teknologi ini karena bisa berinteraksi langsung melalui suara, tanpa tangan terganggu memegang setir.

Saatnya memasuki jalan bebas hambatan alias toll, kaki kanan mulai beraksi menginjak pedal gas. Perpindahan transmisi otomatis 6-speed terasa halus dan sempurna. Perpindahan bobotnya juga cukup cepat, sehingga akselerasinya terasa responsif. Tidak pernah bosan berekspolarasi, tuas transmisi dipindah ke mode S dan merasakan sensasi tranmisi manual berkat PowerShift 6-speed.

Sampai di Pantai Hua Hin, saya bersantai sejenak sambil menikmati keindahan alam. Tak lama kemudian masuk kedalam mobil dan ternyata panas di dalam kabin luar biasa karena dipanggang matahari. AC pun dinyalakan dan hebatnya hanya dalam tempo sekitar 10 menit, ruangan kabin sudah terasa dingin. Saya pun melanjutkan perjalanan menuju kebun Anggur yang sangat terkenal di Hua Hin.

Di perjalanan, EcoSport kembali di pacu hinga kecepatan 150 km/jam. Sungguh menyenangkan berada di dalam kabin mobil ini. Ketika kecepatan meningkat, suara audio otomatis menyesuaikan sehingga pengemudi dan penumpangnya bisa tetap mendengarkan alunan musik dengan nyaman. Memasuki Hills Vineyard, kebun Anggur di Hua Hin, redaksi menikmati udara segar dengan membuka sunroof. Ya, EcoSport telah dilengkappi sunroof dan ini tidak dimiliki kompetitor lainnya.

Kestabilan mobil yang dimulai dari Rp 195,4 juta hingga Rp 242,4 juta ini patut diacungi jempol. Bahkan redaksi berani bilang, dibanding kompetitornya, EcoSport paling minim gejala limbung, paling nyaman, paling canggih dan paling stabil.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana