OPPO F9 vs Pocophone F1, Lebih Bagus Mana?

#kamisukareview – Baik OPPO F9 atau Pocophone F1, hadir di pasaran Indonesia dengan tampilan nan menarik. Maklum saja, keduanya menyasar pasar Hp kelas menengah (mid-end) yang saat ini kian digandrungi.

Dengan banderol serupa, yakni sekitar Rp4,9 jutaan, kedua Hp ini menyediakan kapitas RAM serupa, yakni 6GB.

Nah buat kamu yang memang sejak lama menginginkan satu di antara kedua Hp ini, namun masih bingung memilihnya, berikut sedikit kami referensikan yang akan menjadi pentimbangan kamu.

Untuk lebih sederhananya, kami menyebut F9 (untuk OPPO) dan F1 (untuk Pocophone). Berikut ulasannya;

Desain dan layar

Secara umum, kedua Hp ini memiliki desain sama menariknya. F9 tampil dengan bodi glossy yang menawan dengan padu padan warna nan cantik, yakni merah (Sunrise Red), biru (Twilight Blue), dan ungu galaxy (Starry Purple).

Sementara F1 hadir dengan bodi sedikit doff, meski ada varian khusus yang berbalut karbon kevlar namun tak dijual di Indonesia.

Meski begitu, keduanya menyediakan aksesori berupa pelindung casing (soft jacket) dalam paket penjualan.

Sementara untuk layarnya, keduanya mengusung tampilan dengan aspek rasio lebih dominan ketimbang bodinya.

F9 tampil dengan layar LTPS IPS LCD seluas 6,3 inci dengan resolusi 1.080 x 2.340 piksel. Pada layar itu hadir proteksi dari Corning dengan Gorilla Glass 6 dengan ornamen waterdrop (tetesan air) untuk penyematan kamera selfie.

Pada bagian antarmuka itu, F9 menggunakan ColorOS 5.2 untuk membuat tampilan lebih cemerlang.

Sedangkan F1 tampil dengan layar lebih kecil dengan teknologi IPS LCD 6,18 inci beresolusi 1.080 x 2.246 piksel. Berbeda dengan F9, F1 menyematan poni lebar (notch) untuk penyematan kamera selfie berikut sensor.

Untuk antarmukanya, F1 menyematlam MIUI 10 yang bisa dikustom yang disediakan khusus untuk F1.

Kesimpulan: Soal desain, F9 unggul telak dari F1. Dengan tampilan desain bodi yang menarik, Hp ini layak dimiliki kamu yang menyukai Hp fesyen (fashion). Begitupun soal kelapangan layar, F9 kembali unggul ketimbang kompetitornya ini dengan model poni berdesain waterdrop.

OS dan fitur

Berjalan pada sistem operasi Android Oreo (v8.1), keduanya pun didukung kinerja prosesor yang tak kalah ciamik.

F9 dibekali Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm) dengan dukungan CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53). Untuk prosesor grafisnya (GPU), ditanamkan Mali-G72 MP3.

Sementara F1 disokong Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm) berikut CPU Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 385 Silver) dan GPU Adreno 630.

Keduanya juga hadir dengan RAM 6GB dengan ROM 64 GB untuk menopang kinerja. Jika kurang, maka disediakan slot memori tambahan berjenis MicroSD dengan kapasitas maksimal 256GB.

Dari pengujian performa benchmarking AnTuTu, F9 meraih poin 136.420, sementara F1 unggul dengan 285.302.

Kesimpulan: Pada bagian ini, boleh jadi prosesor F1 lebih unggul selangkah ketimbang F9. Buat kamu yang menginginkan kinerja lebih ngebut, boleh memilih F1 dalam genggaman kamu.

Kamera

Nah, bagian ini yang kerap menjadi tolok ukur pembelian Hp oleh konsumen, karena tak bisa dimungkiri jika fotografi Hp sekarang menjadi bagian dari gaya hidup para pengguna Hp.

F9 yang memang diperuntukkan untuk penggila foto selfie, hadir dengan kamera depan 25MP dengan fitur sudur lebar (wide angle). Sedangkan pada bagian belakangnya dipasangkan kamera ganda beresolusi 16MP + 2MP, lengkap dengan LED flash dan fitur HDR serta panorama.

Sementara pada F1, untuk kebutuhan selfie, Hp ini menghadirkan kamera depan 20MP dengan fitur HDR, dan pada bagian belakangnya ada kamera ganda 12Mp dan 5MP dengan dual-LED flash.

Kesimpulan: Jelas, dibagian ini F9 unggul dengan sematan kamera selfie yang ciamik serta efek bokeh yang menawan pada kamera belakangnya.

Baterai

Agar aktivitas menjadi lebih seru dan tak membosankan, keduanya juga didukung baterai dengan kapasitas mumpuni.

F9 dibekali baterai dengan kapasitas 3.500 mAh, sedangkan F1 lebih besar lagi, yakni 4.000 mAh. Namun begitu F9 dibekali dengan teknologi VOOC Fast Charging yang membuatnya mengisi penuh baterai tak sampai 1 jam.

Meski keduanya didukung fitur on-the go (OTG), namun F1 telah mengusung colokan berjenis Type-C, sementara F9 masih menggunakan versi MicroUSB.

Kesimpulan: Pada bagian ini keduanya seragam, sama-sama memiliki keunggulan masing-masing.

Nah, diharapkan kamu sudah mendapatkan jawaban, Hp mana yang pas dan cocok buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.