Review Realme 3: Bukan Sekadar HP Murah

#kamisukareview – Realme kembali meluncurkan varian terbarunya melalui Realme 3, Selasa (12/3/2019). Hp ini merupakan salah satu produk murah meriah dari Realme namun dengan menyediakan salah satu fitur unggulan di sektor kamera.

Jadi, Hp ini gak hanya murah, namun juga punya fitur wah. Dibanderol mulai Rp1,9 jutaan hingga Rp2,3 jutaan ini, Realme berharap konsumen memiliki alternatif lain lain selain varian Hp murah lainnya, semisal Realme C1.

Lantas, seperti apa penampilan dan sisi keseluruhan Hp ini? Yuk kita simak ulasannya.

Kelengkapan

Dalam dus berwarna kuning abu-abu pada paket penjualannya, selain Hp dan softjacket transparan, kamu juga akan mendapatkan adapter charger, kabel data, dan jarum ejector untuk membuka slot SIMcard.

Sayangnya, disana tak tersedia earbud, karena memang Realme menjual aksesori pendukung audio ini secara terpisah.

Kamu bia mendapatkannya di gerai Realme atau di toko-toko Hp dengan harga sekitar Rp89 ribuan.

Realme 3 dengan kelengkapan paket penjualan.

Desain

Secara umum, desain Realme 3 lazim seperti Hp kekinian. Dimensinya lumayan pas dalam genggaman, yakni tinggi 15,6 cm, lebar 7,6 cm, dan tebal 0,8 cm, serta berat 175 gram.

Dengan balutan bodi plastik yang dikemas dengan warna menawan, yakni biru metalik (radiant blue) dan hitam (dinamic black). Pada sisi-sisi Hp kamu akan mendapati beberapa tombol seperti tombol power dan volume,

Sementara untuk aksesnya, tersedia slot SIMcard dan memori berjenis MicroSD yang terpasang dalam satu kompertemen.

Kamu juga mendapati colokan charger berjenis MicroUSB di bagian bawah yang diapit jack audio 3,5 mm dan speaker.

Pada bagian belakang Hp, ada kamera ganda dengan arsitektur vertikal, lengkap dengan LED flash. Tak ketinggalan sensor sidik jari (fingerprint) di bagian tengah bodi belakang Hp.

Tampilan Realme 3.

Layar

Realme 3 hadir dengan panel IPS LCD 6,2 inci beresolusi 720 x 1.520 piksel dengan rasio 19:9. Tentu saja dilengkapi juga dengan proteksi Gorilla Glass 3buatan Corning.

Di sana terdapat poni tetesan air (waterdrop) untuk menyematkan kamera selfie. Secara umum, desain layarnya sama persis seperti produk Realme U1.

Display dan pengaturan layar Realme 3.

Prosesor dan memori

Berjalan pada sistem operasi Android 9.0 Pie, Realme 3 dibekali antarmuka (UI) ColorOS 6 untuk kemudahan multi-tasking.

Secara umum, untuk menopang kinerja Hp, Realme membenamkan prosesor Mediatek Helio P60 (12 nm) octa-core dengan prosesor grafis (GPU) Mali-G72 MP3.

Realme Indonesia menyediakan 3 varian untuk ealme 3, yakni RAM 3GB/ROM 32GB, RAM 3GB/ROM 64GB, dan RAM 4GB/ROM 64GB. Ada slot memori tambahan jika kamu merasa kurang, yakni untuk kartu memori berjenis MicroSD dengan kapasitas maksimal 256GB.

Kebetulan unit yang kami uji coba adalah yang berkapasitas RAM 4GB serta ROM 64GB.

Meski prosesornya berbeda dengan versi Realme 3 yang hadir di India (Mediatek Helio P70), namun soal performa Hp sepertinya cukup menjanjikan.

Dari berbagai pengujian yang kami lakukan, Realme 3 mendapatkan skor 132.126 pada Antutu Benchmak, 1.426 (single-core) dan 5.009 (multi-core) pada Geekbench, serta 1.078 (sling shot extreme-vulkan) pada 3D mark.

Hasil beragam benchmark Realme 3 (RAM 4GB/ROM 64GB).

Kamera

Kamera menjadi salah satu lini andal Hp ini. Tampil dengan kamera ganda yang masing-masing beresolusi 13MP dan 2MP, Realme 3 menyediakan fitur untuk pemotretan malam bernama nightscape.

Dengn fitur nightscape tersebut, kamu akan mendapati foto malam hari dengan hasil yang cukup natural yang memiliki distorsi pencahayaan cukup.

Pendek kata, untuk ukuran Hp murah, fitur ini boleh terbilang wah, karena belum dipasangkan pada jajaran Hp sekelasanya.

Fitur nightscape pada Realme 3.

Untuk kamera selfie-nya, Realme 3 tampil dengan kamera beresolusi 13MP, lebih rendah dari varian Realme U1 (25MP). Meski begitu, hasilnya pun tak begitu mengecewakan.

Selain hadir dengan fitur nightscape, ada juga fitur chroma boost untuk memaksimalkan warna pada foto kamu.

Beberapa fitur pendukung lainnya juga bisa dimaksimalkan, seperti panorama, slow motion (slo-mo), timelapse, dan expert.

Hasil foto kamera Realme 3.

Fitur dan baterai

Secara umum, Realme 3 menyediakan beragam fitur yang tak kalah menarik, seperti fingerprint dan kemampuan transfer data ke flash-disk melalui fitur on-the go (OTG).

Soal baterai, tersedia juga dengan kapasitas cukup besar, yakni 4.230 mAh yang dapat diisi ulang dengan pegecasan cepat (fast charging) 10W.

Dari beberapa pengujian yang kami lakukan, kapasitas baterai ini terbilang cukup lama bertahan, meski tak sampai seharian penuh, namun untuk aktivitas keseharian sepertinya kami tak perlu repot membawa powerbank.

Seberapa populer Realme 3?

Tangkapan layar akun instagram Realme Indonesia pada 10 Maret 2019.

Dalam kurun 2 pekan terakhir (26/2 – 12/3/2019) di Indonesia, kabar terkait Realme 3 tercatat masih samar.

Dalam kurun itu tercatat hanya 283 mention terkait kata kunci Realme 3, dengan mention tertinggi terjadi pada 4 Maret 2019 dengan 67 mention.

Pada tanggal yang sama juga terjadi reaksi warganet/netizen dengan memberikan respons tertinggi, yakni tercatat 4.452 komentar.

Secara umum, dalam 2 minggu terakhir Realme 3 mendapatkan jangkauan (reach) media sosial sebesar 73,2 juta dengan interaksi sebanyak 1,1 juta.

Akun media sosial instagram, web blog, dan kanal video (youtube) masih menjadi yang paling populer menyuarakan Hp ini, dengan masing-masing pencapaian 45,9 persen, 31,4 persen, dan 8,5 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.