Review ASUS Zenfone Go, Smartphone Entry Level Dengan Fitur Melimpah

REVIEW1ST.COM – Menyebarnya akses internet cepat di seluruh wilayah Indonesia ikut mendongkrak kebutuhan informasi melalui internet. Tak heran jika perangkat yang mendukung aktivitas berinternet seperti smartphone semakin krusial. Smartphone menjadi penting karena mampu mengakomodasi kebutuhan kita. Nah, buat yang ingin mulai beralih dari feature phone ke smartphone adalah ASUS Zenfone Go ZB452KG yang bisa jadi pilihan.

ASUS sengaja merancang Zenfone Go sebagai perangkat yang mampu mewakili semua kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain dibanderol harga terjangkau di kisaran sejutaan, smartphone ini disisipi spesifikasi dan fitur untuk berbagai keperluan. Mulai dari internet, social media, hiburan dan lain-lain. Hmm, penasaran kan ingin mengetahui performanya?

Desain Kompak dan Elegan

asus zenfone gooo 2
ASUS Zenfone Go ZB452KG yang memiliki desain mungil ini siap menjadi pionir dalam migrasi pengguna feature phone ke smartphone. Pasalnya ASUS Zenfone Go ini punya semua yang dimiliki feature phone dan hadir dengan kemampua smartphone.

ASUS Zenfone Go memiliki desain ergonomic arc dan memiliki ketebalan 3.6mm. Di sisi depan, Asus menyematkan desain concentric circle. Kalau sekilas terlihat begitu elegan karena kesannya mewah. Kesan Zen yang diterapkan benar-benar menyatu dengan keseluruhan desain ponsel. Dengan exquisite hairline design dengan metallic finish, desain penutup belakang Zenfone Go menambah kesan elegan.

Selain itu terdapat tombol di bagian belakang yang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tombol volume, bisa juga sebagai tombol jepret ketika selfie. Ada berbagai pilihan warna yang tersedia sehingga kita bisa membeli ZB452KG sesuai dengan warna favorit kita. Tersedia warna soft-touch painted Charcoal Black, Pearl White, Glamour Red & Lemon Yellow or metallic hairline finish Sheer Gold, Glacier Gray & Silver Blue.

Vivid Display dengan Anti fingerprints Coating

ASUS Zenfone Go memiliki bentangan layar sebesar 4.5 inci dengan kerapatan piksel cukup memuaskan. Oh ya, tingkat kecerahan layar bisa diatur secara manual sehingga bisa menyesuaikan dengan kenyamanan mata kita lho. ASUS juga menyematkan anti fingerprints coating di layar smartphone ini . Biasanya pelindung dari noda sidik jari ini hanya tersedia di ponsel kelas, tapi ASUS menanamkannya di seri sekelas Zenfone Go.

Kamera Berteknologi PixelMaster 2.0

asus zenfone gooo4ASUS Zenfone Go hadir dengan kamera utama 8MP dilengkapi Aperture f/2.0, menjadikan fokus ke objek lebih baik, kecerahan warna dan saturasi lebih baik. Ada berbagai mode yang bisa kita temukan di aplikasi PixelMaster 2.0. Tertanam juga mode Auto, HDR, Beautification, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

Salah satu fitur yang penulis gemari adalah HDR dimana kita bisa mendapatkan foto dengan kualitas mendekati digital kamera dengan lingkungan yang memiliki intensitas cahaya yang tinggi. Ada mode Low Light yang mampu menangkap objek di ruang gelap dengan hasil yang terang. Tak ketinggalan mode beautification. Dengan mode ini kita bisa melakukan editing terhadap gambar yang mau dicapture oleh kamera depan langsung di layar sebelum dijepret.

Buat yang ingin mengutak-atik hasil foto, ada aplikasi ASUS Photo Collage agar kita semakin mudah dan cepat dalam memadukan berbagai foto ke dalam satu momen. Aplikasi tambahan yang tak kalah menarik adalah ASUS Mini Movie. Bisa membantu kita untuk menyatukan seluruh foto yang suda kita pilih ke dalam bentuk video dan kita bisa edit langsung dari tangan kita.

Tampilan Antarmuka ZenUI 2.0

asus zenfone gooo 5ZenUI 2.0 adalah launcher yang diciptakan ASUS dengan berbagai kelebihan dibanding launcher lainnya. Kalau kita swipe dari bawah ke atas maka akan muncul sebuah pengaturan terhadap ZenUI Launcher. Ada pengaturan Apps & Widget, Home Edit, Wallpapers, Icon Packs, ZenUI theme, Lock Apps, Preference, System Setting dan More.

Kalau kita pilih Apps & Widget maka akan masuk ke App menu. Dimana kita bisa menemukan app & widget setting? Kita bisa menemukan pilhannya di titik tiga dan pilih edit. Lebih jauh, ASUS sendiri sudah menyediakan berbagai pilihan wallpaper, live wallpaper dan live wallpaper khusus dari ASUS. Kita juga bisa memilih wallpaper sendiri dari gallery kita dan kerennya bisa download dari ASUS Theme Store.

Selanjutnya di Icon Packs itu adalah pengaturan untuk memilih tampilan icon di ASUS ZenUI kita. Pilihan bisa dari berbagai icon yang terinstall setelah mendownload tema lain atau download langsung icon packsnya di ASUS Theme Store.

Di ZenUI Theme kita bisa memilih tema apa yang mau kita gunakan untuk ZenUI di ASUS Smartphone kita. Selain itu juga tersedia berbagai pilihan tema gratis dan berbayar yang bisa kita download dan beli di sini.

Kemudian Grid Size all apps screen ini adalah pengaturan untuk menentukan susunan aplikasi. Apakah kita mau 4 ke kiri atau kekanan dan 5 ke atas atau kebawah. Ini sudah termasuk widget lho. Semakin besar ukurannya maka icon akan semakin kecil juga.

Dalam App Management kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang mau dikunci. Tujuan fitur ini adalah untuk menjaga keamanan dari aplikasi penting seperti email. Jika ada email rahasia di smartphone kita, maka fitur ini akan sangat membantu kita menjaganya. Tersedia 2 jenis keamanan yang bisa kita gunakan yaitu menggunakan PIN atau menggunakan pattern.

Masih banyak fitur dan opsi penting lain yang tertanam dalam antarmuka ZenUI. Asyiknya sih kalian eksplorasi sendiri.

Performa Jempolan

Zenfone Go ini bukanlah smartphone yang sembarangan karena sudah dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon yang memiliki 4 inti atau quad core. Hadirnya prosesor qualcomm ini akan sangat berpengaruh dengan performa multitasking dari smartphone ini. Sekarang tidak lagi terhambat karena kita bisa dengan mudah berpindah-pindah aplikasi dan menggunakan lebih banyak aplikasi yang mendukung produktivitas atau aktivitas kita dalam keseharian kita.

asus zenfone goooUntuk mendongkrak kinerja, ASUS Zenfone Go disokong dengan baterai sebesar 2070mAh. Dengan berbagai optimasi dan juga fitur penghemat daya yang hadir di Zenfone Go, maka tidak diragukan lagi bahwa ASUS Zenfone GO bisa menjadi pendamping keseharian kita dalam berkomunikasi.

Fitur Lain

ASUS Zenfone Go ini hadir dengan Dual Microphone dengan Noise Cancellation sehingga ketika bertelepon, VOIP ataupun video call, kita tidak akan menemukan suara bising di smartphone yang kita gunakan. Suaranya benar-benar bagus banget. Cara kerjanya adalah kedua mikrofon mengirimkan signal suara ke prosesor dan prosesor akan melakukan perbandingan memilih suara paling jelas.

Smartphone ini juga dilengkapi dual SIM card, pengguna bisa memilih kartu mana yang akan digunakan untuk SIM 1 dan SIM 2. Biasanya satu kartu untuk internet dan satu kartu untuk nelpon dan SMS saja.

Kesimpulan

ASUS Zenfone Go ini mampu mengakomodir kebutuhan kita dalam berkomunikasi. Bahkan jika teman-teman sebelumnya adalah pengguna feature phone, maka ponsel ini sangat cocok untuk mencicipi smartphone kelas entry. Dengan harga yang tidak menguras kocek dan juga fitur-fitur hebat yang hadir lewat ZenUI, maka tidak diragukan lagi ponsel ini adalah ponsel entry level yang memiliki kehebatan didalamnya.

Harga: Rp 1.099.000

Spesifikasi ASUS ZenFone Go ZB452KG

Prosesor: Qualcomm Snapdragon Quad-Core 1.2 GHz
Jaringan:  GSM/GPRS/EDGE; WCDMA/HSPA+, (DL/UL: 21/5.76Mbps)
OS: Android 5.1 (Lollipop)
Display: 4.5 inci dengan with anti-finger coating
Dimensi: 136.5×67× 3.6~11.2mm
Berat: 125 gram
Baterai: 2070 mAh
Memori: 1G RAM/8GB ROM, Micro SD Card Support (up to 64 GB)
Sensor: Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor
Konektivitas: WLAN Integrated 802.11 b/g/n; WiFi-Direct, Bluetooth V 4.0 ( EDR + A2DP ), Bluetooth Profile:A2DP + AVRCP + HID + PAN + OPP+ HFP+ HSP+ PBAP, FM Radio, GPS, aGPS, Glonass, BDS, Dual SIM card
ZenUI: ZenMotion, Themes – Launcher,  Lock screen, App Icons, Wallpaper, Photocollage
Kamera: 8MP (Auto Focus, f/2.0 aperture, Low light mode, HDR, Night Mode, Beautification, Depth of Field, GIF Animation, Panorama, Flash LED), 2MP (HDR,Night Mode, Beautification mode, GIF Animation)

 

 

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”