Review Imoo Watch Phone Z5: Bukan Sekedar Jam Anak Biasa

#kamisukareview – Mendengar imoo Watch Phone Z5, apa yang terlintas di benak? Sebuah seri jam tangan yang sedang jadi tren dan digandrungi anak-anak kan? Tapi ternyata imoo Z5 ini bukan sekedar jam anak biasa. Kok bisa? Yuk baca ulasan kita untuk menjawabnya.

Sebelum mulai membahas lebih jauh seputar imoo Z5, ada baiknya kita mengenal sedikit seputar imoo. Sekedar informasi saja, imoo adalah perusahaan yang memfokuskan diri pada pasar anak-anak.

imoo, Spesialis di Pasar Anak-Anak

imoo z5

Perusahaan ini menciptakan produk-produk berkualitas dengan teknologi cerdas yang memimpin tren mode anak-anak. Keseriusan imoo untuk menjadi merek terkemuka di segmen anak-anak ini ternyata tidak main-main.

Bahkan, imoo watch phone sudah mengantongi 245 paten ekslusif dan terus mengembangkan inovasi terkini. Didukung 1000 lebih tim riset dan pengembangan di Guangdong, Cina.

Menariknya, imoo sendiri adalah salah satu anak perusahaan BBK yang sukses melahirkan beberapa merek smartphone papan atas. Jadi  soal kualitas, pengembangan teknologi dan produksi tak perlu diragukan lagi.

Untuk saat ini imoo ternyata sudah mengguyur pasar Indonesia dengan beberapa seri watch phone, yakni Y1, Z5 dann Z2. Meski masih relatif pendatang baru di negeri ini, tapi sepak terjangnya sudah cukup menarik diamati.

Baru menggelontorkan imoo Watch Phone  Y1  dan Z5 saja, popularitasnya langsung melejit di kalangan anak-anak Indonesia. Imoo langsung identik sebagai jam anak anti air, jam anak yang bisa menelepon hingga jam anak berteknologi pintar.

imoo watch phone z5

Seri yang kerap jadi bahan perbincangan dan langsung jadi tren begitu dirilis adalah imoo Z5. Oh ya, jangan sampai tertukar antara watch phone dan smart watch ya. Pasalnya, perusahaan menyebutnya sebagai watch phone karena terkait fungsi utamanya sebagai alat komunikasi.

imoo menghadirkan Z5 sebagai jam tangan untuk anak-anak yang bisa dipakai untuk menelepon, didukung berbagai opsi keamanan, fasilitas komunikasi canggih dan juga fitur-fitur yang tak dimiliki smartwatch bahkan smartphone.

Jadi jangan salah mengira, dibalik desain yang cute ternyata imoo watch phone Z5 banyak manfaatnya buat anak-anak dan juga orang tua. Benarkah? Simak ulasan kami berikut.

Beda Watch Phone dan Smartphone

imoo watch phone

imoo menegaskan bahwa watch phone merupakan gadget khusus untuk anak-anak, sedangkan smartphone adalah gadget untuk orang dewasa. Fitur yang membedakan watch phone dengan smartphone yaitu tidak ada games dan fitur entertainment di dalamnya.

Namun dari segi fitur lainnya ternyata ada beberapa kelebihan watch phone dibandingkan smartphone. imoo Z5 misalnya, selain tahan air, memiliki fitur untuk mengetahui lokasi keberadaan anak, dan praktis dipakai kemanapun.

Dalam hal ini kami setuju karena ternyata Z5 yang diulas memang bukan gadget buat bermain game hiburan. Bahkan keberadaaan fitur tersebut terbatas. Sebagai watch phone, imoo Z5 benar-benar lebih  fokus ke urusan komunikasi dan fungsinya sebagai jam pada umumnya.

Desain Cute dan Tahan Air imo Watch Phone Z5

imoo mengemas jam tangan ini dengan desain atraktif yang cocok buat anak-anak. Terlihat cute dan cantik. Dibungkus material berkualitas tinggi dalam balutan warna hijau-biru dan merah muda-biru serta didesain bertekstur sporty.

Di sektor layar, watch phone ini menggunakan panel AMOLED 1,4 inci dengan resolusi 320×360 piksel. Saat dalam kondisi aktif, gambar yang tertampil di layar terasa nyaman di mata, tidak terlalu terang ataupun  gelap.

Selain itu, dalam keadaan terik matahari sekalipun kita masih bisa mendapatkan antarmuka yang optimal. Oh ya,  kita juga bisa kok mengatur tingkat kecerahannya sesuai tingkat kenyamanan mata anak-anak.

imoo z5 anti air

Di sisi jam tangan  tertulis teks: WATER RESIST, dan sisi lainya merupakan speaker dengan ketahanan air yang tinggi. Suara yang terpancar dari speaker ini cukup bertenaga.

Dalam kondisi lingkungan ramai, kita masih bisa berkomunikasi dengan baik saat telinga didekatkan. Perangkat ini dirancang agar nyaman ketika dikenakan di tangan anak.

Strap bisa diatur  sehingga tak terlalu ketat atau longgar. Menurut kami, anak-anak bisa bergerak dengan leluasa saat memakainya. Kemampuan imoo Z5 sebagai gadget tahan air patut diacungi jempol. Perusahaan mengklaim jika jam ini memiliki tingkat kerekatan yang berkualitas tinggi.

imoo Watch Phone Z5 menggunakan speaker tahan air berkualitas tinggi, membran pada mic yang tahan air, air pressure balance film. Alhasil, saat video call dalam air, kita masih bisa mendengar suara di dalam air. Sayang, layar tak bisa disentuh saat di dalam air.

imoo z5 water resistant

Kamera dan casing dirancang untuk mampu menahan tekanan air yang tinggi. Didesain tahan air sampai kedalaman 20 meter karena sudah mengantongi sertifikasi IPX8. Bahkan bisa diajak berenang di laut lho. Tapi untuk yang terakhir kami belum sempat mencobanya.

Tempat meletakkan simcard, terpasang cincin silikon untuk perlindungan tahan air ganda. Dibandingkan dengan penutup kartu SIM pada umumnya, penutup kartu SIM pada imoo Watch Phone Z5 memiliki tingkat kerekatan yang lebih tinggi.

Biarpun butuh alat khusus untuk membuka penutup kartu SIM  tapi gampang kok, tinggal congkel saja.

imoo z5 back

Didukung Fitur Komunikasi Terbaik Buat Anak

Sebagai jam tangan yang jago dipakai komunikasi, imoo Z5 juga telah dibekali sejumlah kemampuan. Gadget ini memiliki fungsi utama menelepon dan pelacak GPS.
 
Selain itu, dengan bantuan jaringan internet, perangkat ini bisa digunakan untuk melakukan video call. Kita bisa mendeteksi lingkungan di sekitar anak, serta berkomunikasi langsung face to face.

imoo z5 camera

Saat dipakai untuk video call, gambar yang terpampang di layar cukup jelas dan tajam, berkat dukungan sensor berkekuatan 5MP. Oh ya, terkait kamera, imoo Watch Phone Z5 juga dilengkapi fungsi selfie camera dan bisa merekam video pendek.

imoo ini juga memiliki fungsi kamera, 84.4° wide-angle anti distortion lens, sehingga bisa menangkap gambar lebih luas dengan kualitas yang baik.

imoo juga sudah melengkapi Z5 dengan beragam fitur khusus, di antaranya dapat mengirim atau menerima pesan, mengaktifkan mode kelas untuk menjaga konsentrasi anak saat tengah belajar di sekolah, School Safe Route.

Fitur real-time location turut diberikan. Adanya fitur ini membuat orang tua mengetahui lokasi anak secara real-time. Di samping itu, orang tua juga dapat mengetahui berapa langkah berjalan anak seharian melalui fitur Steps.

Tak kalah pentingnya, perangkat wearable ini dibekali dengan fitur pesan SOS. Dengan fitur ini sang anak bisa mengirim pesan SOS saat dalam keadaan darurat.

Selain fungsi tersebut masih ada fungsi lainnya yaitu menolak panggilan asing, penjaga keamanan, penghitung langkah olahraga, jaringan Wi-Fi.

Singkatnya, imoo bisa memberikan  anak dan orang tua kenyamanan dan keamanan dalam bentuk teknologi, tetapi tidak membuat anak kecanduan.

Performa dan Kinerja imoo Watch Phone Z5

Soal performa, perangkat  ini sudah menggunakan baterai Nano Anoda Silikon membuat daya standby diklaim mencapai 165 jam. Bobot baterai imoo Z5 relatif enteng dengan menggendong baterai berkapasitas 680 mAh.

Saat dipakai sehari-hari untuk aktifitas normal, baterai imoo Z5 bisa bertahan sekitar 2 hari dengan kondisi pengecasan dari penuh sampai kosong. Lumayan, kita tak perlu sering mengecas seperti smartphone.

imoo z5 charger

Buat mengecas terdapat  port khusus yang letaknya di bodi belakang. Mudah dipakai karena memakai magnet yang langsung menempel dan otomatis melakukan pengisian daya.
 
Apabila anak sedang tidak dilingkup jaringan Wi-Fi tetap dapat melakukan panggilan video call dan voice chat, tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak data selular.

imoo Watch Phone Z5 mendukung jaringan 4G sehingga orangtua dapat memilih operator seluler manapun yang paling sesuai dengan kebutuhan.
 
Inti fungsi dari watch phone ini tidak hanya menyelesaikan kebutuhan komunikasi anak, tetapi juga menyelesaikan kebutuhan orangtua untuk melindungi keamanan anak-anak mereka.

Fungsi dari pemosisian pada imoo Watch Phone Z5 telah mencapai 6 kali lipat keamanannya. Jika orangtua ingin mengetahui keberadaan anak, hanya perlu membuka aplikasi pada smartphone yang terhubung dengan watch phone untuk melihat posisi akurat anak.

Jadi kita bisa mendeteksi keberadaan anak di mana saja. Orang tua  benar-benar bisa memantau aktifitas anak-anak hanya dari smartphone-nya.  Pasalnya, jam pintar ini bisa diatur melalui aplikasi khusus yang dirancang imoo.

Dengan aplikasi ini, orang tua bisa mengatur jam sesuai kebutuhan. Bahkan, kita bisa membatasi akses anak, menjaga dari telepon orang asing dan lain-lain, cukup dengan aplikasi di smartphone kita yang sudah disambungkan dengan imoo Watch Phone Z5.

imoo Watch Phone Z5 juga memiliki fungsi penjaga keamanan dalam perjalanan ke sekolah, setelah mengatur lokasi sekolah dan rumah, watch phone akan mengirimkan notifikasi ke aplikasi orang tua berdasarkan posisi dan waktu yang telah diset.

Dalam standar jaringan, karena imoo Watch Phone Z5 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon Wear 2100, imoo Watch Phone Z5 mendukung jaringan operator Telkomsel, Indosat, XL dan 3.

Value for Money

Sebagai sebuah jam tangan anak yang bisa dipakai berkomunikasi dan didukung beragam fitur canggih, imoo Watch Phone Z5 punya manfaat besar. 

Fitur seperti pelacak lokasi, kemampuan video call hingga aplikasi khusus untuk memantau aktivitas anak sangat krusial bagi orang tua yang tak punya waktu khusus bersama anak setiap saat. 

Tak rugi kita merogoh kocek hingga 3 jutaan jika memang berniat membelinya buat keamanan anak dan kemudahan komunikasi.  
Kita juga tak perlu kuatir anak kecanduan game dan nonton video Yotube seenaknya karena jam tangan ini tak menyediakan fitur tersebut.

So, buat orang tua yang tak ingin anaknya menghabiskan waktu sia-sia di smartphone tapi butuh solusi perangkat komunikasi dan keamanan efektif dan efisien, imoo Z5 bisa jadi pilihan.

Spesifikasi dan Harga Imoo Watch Phone Z5:

  • Layar:1.41 inci AMOLED 320×360 pixels
  • CPU: Qualcomm Dragon Wear2100
  • Memori: 4GB ROM, 4GB RAM
  • Sensor: Accelerometer
  • Baterai:680mAh, 120 hours (standby)
  • Sistem Operasi: Android 7.1.1
  • Proteksi: IPX8 Water Resistance
  • Jaringan: TD-LTE: B38/B39/B40/B41; FDD-LTE?B1/B3/B5/B; WCDMA: B1/B5/B8; GSM: DCS1800 (B3)/GSM900 (B8); CDMA/EVDO: BC0
  • Fitur: Camera, Bluetooth 4.0 , WiFi, Call, Locate, Voice Message , Making Friends, Alarm, Pedometer, School Safe Route, Wifi Safe Zone, School Mode
  • Harga: Rp 3.199.000 (erafone)

.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.