Review LG Optimus L5 II: Ergonomis, Murah, Mewah

lg optimus l5 ii  LG Optimus L5 II generasi terbaru mengadopsi OS Android 4.1.2 Jelly Bean. Secara tampilan, smartphone ini masih tak jauh berbeda dengan generasi pertama hanya sedikit dipercantik saja. Berbekal kemampuan cukup tinggi dan harga terjangkau, LG Optimus L5 siap mengisi celah pasar menengah ke bawah.

Mengusung layar 4 inci yang merupakan salah satu yang terbesar di kelasnya, smartphone Android Jelly Bean ini tampil elegan. Meski terlihat sama dengan L5 versi sebelumnya, namun dari segi desain terlihat perbedaan mencolok mulai dari posisi speaker di belakang bodi dan sensor di bagian depan.

Disain dan Interface

lg optimus l5 LG Optimus L5 mengusung desain elegan sama seperti Optimus L7 dan L3. Material casingnya terbuat dari plastik yang relatif mudah dikotori sidik jari. Pada bagian bawah layar terdapat tiga tombol sentuh yang terdiri dari satu tombol fisik home yang diapit oleh dua tombol sentuh sensitif, back dan menu. Tombol home dijejali latar lampu LED yang akan berpendar dengan warna tertentu sesuai fungsi aktif.

Layar sentuh berukuran 4 inci milik LG Optimus L5 II ini menyajikan tampilan gambar yang tetap terjaga kualitasnya meski dalam kondisi tertimpa cahaya matahari. L5 memiliki beberapa halaman homescreen dengan beragam efek transisi mulai dari carousel, accordion, panorama dan lain-lain.

Masuk ke menu utama, Anda akan disuguhi dengan beragam ikon berformat grid horisontal yang disajikan dengan latar wallpaper yang Anda gunakan pada homescreen. Deretan ikon menu yang disematkan dibagi dalam tiga kategori yakni application, downloads dan widget.

Sistem Operasi dan Prosesor

Berjalan di atas platform Android Jelly Bean, LG menyuntik Optimus L5 II ini dengan prosesor berkecepatan 1GHz didukung RAM sebesar 512MB dan grafis cukup mumpuni. Dari segi kecepatan operasi, rasanya tak perlu diragukan. Transisi terasa nyaman dan minim lag.

Platform Android pada LG ditunjang dengan user interface tersendiri yang membedakannya dengan smartphone lain. Dengan LG Optimus 3.0 UI Anda akan mendapat pengalaman berbeda seperti tampilan notification bar, tambahan akses Quick Memo.

Halaman lock screen dapat dikustomisasi dengan berbagai widget dan jalan pintas yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna. Selain itu di pojok kanan atas terdapat tombol pengaturan untuk mengatur posisi aplikasi di dalam drawer aplikasi atau untuk menghapus aplikasi yang d

iunduh secara cepat.

Kamera dan Video

lg l5

LG Optimus L5 II disokong kamera utama beresolusi 5 MP lengkap dengan dukungan LED flash untuk pengambilan gambar dalam kondisi gelap. Pengaturan cukup lengkap mulai dari autofokus, face tracking, pengaturan resolusi foto, mode scene, ISO, white balance, efek warna, geotag, shutter sound dan auto review. Fitur touch to focus juga sudah tertanam di dalam kamera LG Optimus L 5 II ini.

Hasil kamera LG Optimus L5 II ini termasuk standar di kelasnya. Baik dalam kondisi outdoor maupun indoor Anda akan menikmati gambar yang sudah cukup memuaskan. Tingkat kejernihan dan ketajamannya memang tak terlalu impresif, tapi merupakan salah satu yang menjanjikan di kelasnya.

Sayang, resolusi rekam video Optimus L5 II masih sebatas VGA saja. Untungnya kualitasnya juga sudah dapat diandalkan, baik gambar maupun audio yang terekam. Tapi pemutar videonya cukup baik karena bisa memainkan film resolusi tinggi.

Ruang Penyimpanan Data

Sementara untuk ruang penyimpanan, L5datang dengan memori internal bawaan sebesar 4GB yang terbagi oleh sistem serta menyisakan kapasitas sebesar 2,37GB untuk pengguna. Anda juga bisa menambahkan ruang penyimpanan ini dengan dukungan slot kartu micro SD berkapasitas maksimal 32GB.

Internet

Browser pada ponsel ini didukung tab yang dapat dibuka secara bersamaan hingga 4 halaman. Browser bawaan yang dimilikinya memiliki performa cukup baik saat dipakai berselancar internet, apalagi didukung layar 4 inci yang membuat tampilan di ponsel terlihat optimal. Jalur data sekelas HSDPA 7,2 Mbps membuat kecepatan akses internet terasa memadai, apalagi jika jaringan operator berada pada kondisi terbaiknya.

Fitur

Beberapa fitur tambahan dalam LG Optimus L5 II cukup menarik. Antara lain Cell Broadcast untuk melihat pesan yang dikirimkan oleh operator berdasarkan lokasi BTS, Polaris Viewer 4 yang bisa Anda gunakan untuk membuka berkas Office, Radio FM dengan handsfree sebagai antena, RemoteCall Service untuk memudahkan pelayanan smartphone LG, Safety Care sebagai fitur darurat, dan LG Smart World sebagai pasar aplikasi.

Safety Care merupakan fitur darurat yang bisa dimanfaatkan sebagai pelacak lokasi maupun alarm dari smartphone ini. Anda hanya perlu mendaftarkan nomor yang dapat mengakses lokasi smartphone sehingga saat darurat, ponsel akan secara otomatis mengirimkan informasi ke nomor-nomor tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur pmeberitahuan jika ponsel tidak digunakan dalam waktu tertentu ke nomor-nomor tersebut. Tentunya fitur GPS harus dalam kondisi aktif.

Quick Memo pada LG Optimus L5 II cukup unik. Untuk menulis memo atau tulisan darurat, Anda bisa mencorat-coret di atas layar langsung dengan menekan tombol di sisi kiri atas ponsel. Dari halaman apapun Anda berada, tekan tombol tersebut, tuliskan sesuatu, lalu kirimkan ke email atau ke akun sosial media dengan opsi yang tersedia. Catatan darurat bisa pula disimpan di ponsel.

Loudspeaker pada LG Optimus L5 II ini menyemburkan suara yang tak terlalu nyaring di telinga. Cukup nyaman, apalagi didukung pemutar musik dengan interface yang mudah dioperasikan. Pemutar musik dibagi menjadi 5 kategori yakni Songs, Albums, Artists, Playlists, dan Folders.

Baterai

LG Optimus L5 II dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1700 mAh yang tergolong besar. Dan, performanya sangat terasa karena mampu bertahan lebih lama ketimbang beberapa smartphone Android lain yang cenderung boros dan ditunjang kapasitas lebih kecil.

Kesimpulan

LG Optimus L5 II ini siap bertarung di kelasnya dengan performa cukup impresif. Dukungan sistem operasi Android Jelly Bean, fitur dengan user experience yang khas dan kapasitas baterai cukup besar mampu mendukung kinerja secara optimal.

Spesifikasi LG Optimus L5 II:

– Layar:  IPS 4 inci, 480 x 800 piksel (WVGA)
– Sistem Operasi: Android v4.1.2 Jelly Bean
– Prosesor: 1GHz
– Memori: internal 4GB, RAM 512MB, eksternal microSD
– Kamera: 5MP, lampu kilat, video VGA
– Baterai:  1700mAh
– Dimensi : 118.4 x 62.2 x 9.2 mm
– Bobot: 100 gram

Kelebihan LG Optimus L5 II:

– Layar 4 inci
– Baterai 1700 mAh
– Android 4.1.2 Jelly Bean

Kekurangan LG Optimus L5 IIM

– Tidak ada perekaman video HD 720p
– Prosesor standar

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”