Review Zenfone Max, Baterai Monster Fitur Jempolan

REVIEW1ST.COM – ASUS Indonesia memperkenalkan smartphone model terbaru yang akan hadir dari lini Zenfone 2 yakni Zenfone Max ZC550KL. Mengacu pada namanya, Zenfone Max memiliki kelebihan utama dari sisi kapasitas baterainya yang ekstra besar, yakni mencapai 5.000mAh. Namun, jika dibandingkan dengan lini Zenfone 2 lainnya, Zenfone Max punya perbedaan yang cukup signifikan.

Diperkuat oleh baterai berkapasitas 5.000mAh, Zenfone Max menawarkan cadangan energi yang jauh di atas rata-rata kemampuan baterai smartphone yang tersedia di pasaran saat ini. Sebagai gambaran, baterai smartphone mutakhir umumnya ada di kisaran 2.000 sampai 4.000mAh.

Desain Berkelas

Zenfone Max hadir dalam dua pilihan warna yakni hitam dan putih yang elegan dan berkelas. Berbeda dengan desain Zenfone 2 lain, pada body-nya, Zenfone Max dikelilingi oleh bezel dengan efek metal yang sangat mulus saat disentuh, namun menampilkan gaya yang berkelas saat ia digenggam atau diletakkan di meja.

Di bagian belakang cover, ia memiliki desain dengan corak embossed leather. Desain tersebut membuat Zenfone Max tak hanya bertenaga, namun tetap anggun. Selain menambah estetika, desain leather pada cover belakang smartphone ini juga membuatnya tidak mudah tergelincir dari genggaman tangan.

Layar 5,5 Inci yang Mengagumkan dengan Gorilla Glass 4

Zenfone Max dilengkapi dengan layar yang sangat solid. Lapisan kaca pada Zenfone Max terbuat dari Corning Gorilla Glass 4 yang dipasangkan untuk menutup semua bagian depan, ini membuat Zenfone Max Anda terlihat sempurna seperti kaca, saat Zenfone Selfie Max sedang tidak menyala.

Display Zenfone Max sendiri menggunakan layar IPS, sehingga menawarkan sudut pandang luas, hingga 178 derajat. Ketajaman gambar yang hingga 267 pixel per inch didukung oleh NTSC gamut yang mencapai 72% membuat semakin banyak warna yang dapat dihasilkan dengan akurat, bagaikan menyaksikan obyek nyata.

Antarmuka ZenUI yang Intuitif

ASUS ZenUI yang kini sudah mencapai versi 2.0 berjalan di platform Android Lollipop (5.0.2). Namun bukan ASUS namanya kalau hanya puas dengan standar bawaan Android. Untuk menambah pengalaman pengguna yang lebih baik dan sesuai dengan selera pengguna, ASUS membekali OS Android Lollipop tersebut dengan custom ROM ASUS ZenUI 2.0 terbaru.

ASUS ZenUI generasi terbaru ini mendapatkan banyak pujian dari para reviewer di seluruh dunia. Selain desainnya cantik, ia juga memiliki kustomisasi tingkat lanjut agar smartphone yang digunakan oleh pengguna benar-benar sesuai dengan keinginan atau kebiasaan tiap-tiap penggunanya.

Energi yang Cukup untuk Setiap Skenario

Baterai berkapasitas besar akan membawa sangat banyak manfaat bagi pengguna smartphone. Dengan energi sebesar 5.000mAh di dalamnya, Zenfone Max memungkinkan lebih banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan secara online, menonton lebih banyak film, dan berbicara lebih lama di telepon.

Dari pengujian internal ASUS, baterai ini diklaim mampu bertahan untuk melakukan panggilan suara dalam jaringan 3G hingga mencapai 37,6 jam non stop. Jika digunakan untuk menjelajah web via WiFi, baterainya bisa bertahan hingga 32,5 jam. Video sepanjang 22,6 jam dapat disaksikan tanpa kehabisan energi di tengah jalan. Dan jika Anda inginkan, smartphone ini mampu memutar alunan musik tanpa berhenti selama 72,9 jam.

Meski memiliki desain yang tipis sehingga hanya menyediakan ruang yang relatif sempit, ASUS berhasil memasukkan sebuah baterai raksasa yakni baterai lithium-polymer non removable sebesar 5.000mAh ke dalamnya.

Tak hanya itu saja, yang menarik, dengan teknologi khusus, baterai 5.000mAh yang tersedia di dalam Zenfone Max juga bisa berfungsi sebagai powerbank bagi smartphone ataupun perangkat lainnya. Cukup sambungkan kedua perangkat lewat konektor micro USB, maka baterai gadget tersebut akan diisi ulang oleh Zenfone Max.

ASUS PixelMaster Camera with Laser Auto Focus

Dari sisi kamera, ASUS Zenfone Max ZC550KL menggunakan kamera utama dengan resolusi 13MP. Ia mampu mengambil foto dengan resolusi 4128 x 3096 pixel dan menggunakan lensa dengan bukaan f/2.0.

Dengan dukungan zero shutter lag, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan momen berharga yang umumnya berlangsung sangat cepat. Yang menarik, kamera tersebut diperkuat fitur Laser Auto Focus.

Teknologi fokus dengan laser ini dapat mempercepat pencarian fokus terhadap obyek foto, baik jarak dekat ataupun jarak jauh, hingga 0,03 detik. Hasilnya, pengguna akan dapat mengambil foto yang lebih fokus dengan cepat dibandingkan sistem fokus biasa. Fitur fokus laser ini juga sangat membantu mendapatkan fokus dengan cepat dan tepat, misalnya saat memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Dukungan teknologi khas ASUS PixelMaster Camera membuat smartphone ini mampu menangkap gambar dan video hingga 400% lebih terang saat dalam kondisi pencahayaan minimal. Jika dibutuhkan, tersedia pula dual-LED (dual tone) flash yang dapat membuat hasil foto terekam dengan warna yang lebih natural. Selain mengambil foto, kamera yang digunakan mampu merekam video dengan resolusi FullHD dengan kecepatan 30 frame per detik.

Untuk melengkapi, kamera depan yang disediakan pada ZE500KG juga memiliki resolusi yang cukup tinggi yakni 5MP serta dengan aperture f/2.0. Tak hanya resolusi yang tinggi, kamera ini juga mendukung autofocus untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Bahkan bagi pengguna yang gemar melakukan selfie, kamera depan juga menyediakan sudut yang lega, hingga 85o. Artinya, akan lebih banyak obyek yang bisa ditangkap dalam foto.

Produktivitas dan Hiburan Maksimal

Melengkapi baterai yang punya kapasitas besar, Zenfone Max juga dilengkapi dengan prosesor yang bertenaga namun hemat energi yakni Qualcomm Snapdragon 410. Prosesor quad core ini sudah mendukung teknologi 64-bit dan 4G LTE Cat 4 yang menawarkan kecepatan download hingga 150Mbps di jaringan selular.

RAM LPDDR3 sebesar 2GB sudah ditanamkan untuk memungkinkan performa multimedia dan multitasking berjalan dengan mulus. Saat terkoneksi dengan jaringan WiFi, Zenfone Max juga sudah mendukung 802.11ac yang menawarkan kecepatan transmisi data hingga 433Mbps. Teknologi ini adalah peningkatan dari 802.11n yang biasa digunakan pada perangkat mobile.

Sebagai gambaran, smartphone digunakan untuk bermain game online seperti Clash of Clans dan game ringan, namun juga membutuhkan koneksi Internet, yakni Duel Otak. Koneksi Internet dilakukan baik via WiFi ataupun lewat konektivitas data. Selain bermain game, smartphone juga digunakan untuk browsing, menonton YouTube dan sesekali melakukan panggilan telepon ataupun SMS.

Konektivitas Lengkap

Dengan 802.11ac, saat Anda akan menikmati video resolusi HD di YouTube via koneksi WiFi, tidak akan terjadi lag akibat konektivitas nirkabel yang kurang mumpuni milik smpartphone. Meski pada 802.11ac throughput data sudah ditingkatkan, namun teknologi terbaru di standar jaringan nirkabel ini justru mampu mereduksi konsumsi daya.

Dari sisi fitur konektivitas data 4G LTE, teknologi yang sudah digunakanpada ASUS Zenfone Max adalah berupa 4G LTE Advanced dengan dukungan Carrier Aggregation.

Untuk dapat tetap berkomunikasi dengan sejawat, Zenfone Max juga menyediakan dua slot SIM card Dual SIM Dual Standby. Demikian, pengguna bisa memisahkan antara nomor untuk urusan pekerjaan, ataupun nomor GSM untuk urusan pribadi.

Kesimpulan

Masa aktif baterainya yang luar biasa, yang dalam pengujian yang kami lakukan, bisa bertahan lebih dari dua hari, merupakan faktor yang sangat menarik. Apalagi pengguna saat ini tidak bisa lepas dari smartphone-nya, apapun aktivitasnya, dan di manapun mereka berada. Apalagi jika dibutuhkan, Zenfone Max bisa berfungsi sebagai power bank untuk perangkat lain.

Di Indonesia, Zenfone Max ZC550KL akan tersedia di harga Rp2.499 juta.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”