Review Samsung Corby TXT B3210: QWERTY Disain Gaul

corby-txtSamsung lewat jajaran keluarga Corby tengah berupaya menyodok pasar dengan disain produk yang  populer yakni QWERTY dan layar sentuh. Lewat produk gres Corby TXT misalnya, vendor Korea tersebut mencoba mencuri pasar di kelas menengah yang relatif belum tersentuh oleh vendor seperti Blackberry yang fokus di segmen atas atau vendor lokal yang konsentrasi di segmen bawah.

FIRST LOOK

Samsung Corby TXT memiliki tampilan fisik QWERTY namun dengan disain yang lebih luwes dan mungil ketimbang beberapa produk lain di pasaran. Dengan disain candybar-nya, Corby TXT cenderung tampil stylish dan lebih cocok untuk kalangan anak muda dan remaja. Ponsel ini juga dilengkapi cover tambahan yang bisa dibongkar-pasang atau disebut fashion jacket dengan warna-warna ceria.

Dengan tampilan yang cukup luwes dengan sudut membulat, ponsel ini jauh dari kesan bisnis yang selama ini jadi trademark produk dengan disain QWERTY. Sebuah terobosan yang mungkin bisa jadi bumerang atau jadi nilai tambah, terserah Anda yang menentukan.

Tersedia 37 tombol yang menghiasi keypad QWERTY Samsung Corby termasuk shortcut langsung ke menu khusus semisal pesan (message), modus silent dan lock keypad. Tombol dibuat agak menonjol dengan komposisi rapat. Lumayan nyaman saat ditekan meski permukaan tombol yang terbuat dari plastik terasa sedikit licin.

FIRST TOUCH

Saat mulai menjajaki menu dari Corby TXT, maka akan ditemukan kategori menu yang sudah menjadi ciri khas Samsung, yakni menu grid dengan ikonisasi yang relatif sama dengan beberapa produk Samsung terkini. Untungnya Samsung Corby TXT ditabahi antarmuka atraktif yang segar yakni Cartoon UI.

Ponsel ini juga sudah menjejalkan menu shortcut toolbar yang biasa ditemukan pada produk-produk Symbian. Cukup membantu jika Anda terbiasa mengakses menu favorit atau aplikasi tertentu dengan sekali klik. Samsung Corby TXT juga dilengkapi dengan akses layanan portal jejaring sosial dan aplikasi instant messaging untuk chatting.

Tak ketinggalan kamera dengan kekuatan 2 megapiksel yang hasilnya cukup menjanjikan saat digunakan untuk memotret. Tapi harap diingat ponsel ini tak dilengkapi dengan autofokus atau lampu flash. Untuk settingnya termasuk standar mulai dari night mode, effect, white balance, timer dan pilihan resolusi.

Tak ada fitur autorotate pada ponsel ini sehingga Anda harus mengatur secara manual jika ingin memotret dalam modus portrait atau landscape. Kamera ponsel ini bisa digunakan juga merekam video dengan format mp4, namun kualitas rekamnya masih patah-patah. Tapi khusus playernya, bisa dipakai memutar 3gp dan mp4.

Radio FM dan pemutar musik pun sudah menyempurnakan Samsung Corby TXT. Keluarannya cukup bagus, musik yang mengalun dari loud speaker di bodi belakang cukup keras dan jernih. Menariknya, Anda bisa memanfaatkan headset ber-jack audio 3.5mm atau Bluetooth headset stereo yang support A2DP lewat ponsel ini.

Untuk internetan, Corby TXT menyediakan jalur sekelas EDGE yang kemampuannya sedikit lebih baik dibandingkan GPRS meski belum mencapai kelas 3G. Browsernya adalah NetFront Browser v3.5 garapan Access Co. Ltd. Tersedia client aplikasi untuk mengakses portal jejaring sosial (facebook, MySpace dan Friendster).

Corby TXT juga menyediakan fasilitas email client dengan 5 slot akun yang bisa didaftarkan. Untuk memudahkan pengaturan, Corby TXT menyediakan Wizard setting dengan pilihan Google mail, Hotmail dan akun email lain.

Sayangnya, Corby TXT tak dilengkapi kemampuan multitasking. Tapi untuk menambah aplikasi dan game, ponsel ini sudah didukung Java MIDP. Memori internalnya sebesar 50 MB, tapi bisa ditambah dengan kartu MicroSD.

Disain QWERTY yang dianutnya cukup menarik mengingat beda dengan ponsel QWERTY yang ada di pasaran selama ini. Hanya saja, performanya masih belum maksimal dan tak jauh berbeda dengan ponsel QWERTY lokal yang banyak beredar di pasaran selama ini.

PLUS: Interface atraktif (Cartoon UI), Aplikasi online (facebook, Twitter dan MySpace), Fashion jacket alias cover bongkar pasang, keypad QWERTY.

MINUS: Tidak 3G, Kamera tanpa flash dan autofokus, tanpa auto rotate, tanpa multi tasking

Harga Rp 1.500.000 per Desember 2009

Network Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz)
Operating system
Prosesor
Layar Layar TFT capacitive touchscreen 262.144 warna, 240 x 320 pixel, 2,2 inchi
Kamera Kamera 2 megapiksel
Memori microSD
Konektivitas Bluetooth, kabel data mini USB
Transfer data GPRS, EDGE
Dimensi 103 x 56.5 x 12 mm
Berat 93 gram
Fitur menarik facebook, MySpace, friendster, Picasa, Photobucket, Flickr, Find Music recognition service, mini Fring, Bluetooth messenger, SOS message, Privacy lock, Mobile tracker, Face call, port headset 3,5 mm

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.