Review Nokia 5.3: Bidik Segmen Tengah di Harga 2 Jutaan

#kamisukareview – Nokia kembali mencoba peruntungan di pasar Indonesia. Ya,di meja redaksi ada unit review Nokia 5.3 yang merupakan amunisi baru mereka. Seri ini hadir buat para fans setia mereka di Tanah Air.

HMD Global masih optimitis produk besutannya bisa mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Unit Nokia 5.3 yang menyerbu pasar kali ini jadi bukti buat menegaskan eksistensi sebagai salah satu brand yang kompetitif dan siap bersaing.

nokia 5.3 review

Review Nokia 5.3

Langkah Nokia menjajal kembali berkompetisi dengan merek HP lain di 2020 harus diapresiasi. Sebelumnya kami sudah mengulas Nokia 2. Kini Membidik kelas mid range, Nokia menawarkan alternatif baru buat konsumen. Seperti apa sih smartphone ini? Yuk simak ulasan Nokia 5.3 berikut:

Desain & Layar

Unit review Nokia 5.3 dilengkapi dengan disain yang mengambil inspirasi khas Skandinavia, menggunakan material casing nan kokoh dan premium.

HP Nokia terbaru hadir dengan balutan kaca ramping di bagian depan dan bahan plastik komposit di bagian belakang.

Desain kurva dengan sentuhan doff membuatnya terlihat cantik. Sektor depan didominasi layar yang punya desain teardrop untuk menempatkan kamera selfie.

Di bawah layar terdapat tulisan Nokia warna silver yang meski kecil namun terlihat mencolok.

desain

Bodi belakang Nokia 5.3 punya modul quad camera berbentuk lingkaran di posisi tengah bagian atas. Mirip Nokia 6.2. Empat kamera melingkar dimana bagian tengah diisi dengan lampu flash.

Menggunakan disain khas Nordic yang tersedia dalam dua pilihan warna cantik – Charcoal dan Cyan.

Bentang layarnya cukup lega memakai panel IPS LCD seluas 6,55 inci dengan resolusi 720×1600 piksel (HD+). Tak terlalu istimewa tapi sudah cukup memuaskan jika mengingat banderolnya.

Dukungan aspek rasio 20:9 membuatnya cukup nyaman buat aktivitas menonton video atau bermain game.

Sistem Operasi

sistem operasi

Unit review Nokia 5.3 sudah mempersembahkan sistem operasi Android 10 dan tombol khusus Google Assistant untuk akses yang lebih cepat. Bisa dibilang smartphone ini adalah perangkat future proof, siap untuk dibenami Android 11.

Nokia memastikan bahwa para pengguna Nokia 5.3 akan mendapatkan upgrade software Android selama 2 tahun dan pembaruan security secara berkala selama 3 tahun.

Hal ini menjadikannya lebih baik dan memberikan konsumen di Indonesia perangkat yang memiliki nilai ekonomis yang baik seiring waktu.

Bahkan Nokia adalah penyedia smartphone dengan portofolio terbanyak dalam Android Enterprise Recommended. Dengan pure Android, smartphone Nokia siap untuk beragam solusi Enterprise Mobility Management (EMM).

Hal tersebut, menjadikan smartphone Nokia 5.3 mudah untuk disesuaikan dengan solusi EMM yang ada, hemat waktu dalam implementasi, serta hemat dari segi ekonomi.

Performa

spesifikasi nokia 5.3

Nokia 5.3 memungkinkan para penggemarnya menciptakan dan membuat konten dengan cara berbeda. HP Nokia terbaru ini didukung dengan chipset Snapdragon 665 besutan Qualcomm sebagai dapur pacunya.

Dukungan prosesor menengah ini memiliki kinerja yang cukup baik untuk mendukung performanya. Buat dipakai menjalankan tugas standar seperti multitasking atau membuka beberapa aplikasi sekaligus masih handal.

Buat digenjot bermain game mainstream, Nokia 5.3 masih cukup powerful. Buat game berat tetap mumpuni, tapi jangan menggunakan setting rata kanan supaya permainan tak terganggu lag atau tersendat.

Buat urusan penyimpanan file dan data, unit review Nokia 5.3 sudah memiliki RAM cukup besar yakni 6GB. Didukung pula dengan memori internal 64GB. So, selain performa smartphone menjadi lebih efisien dan efektif, buat storage pun sudah cukup memadai.

Untuk sumber daya, baterai berkapasitas 4000mAh dengan fitur AI-assisted Adaptive Battery. Membantu tetap bisa melakukan streaming berbagai tayangan dan bermain game tanpa mengkhawatirkan pengisian baterai.

Buat pengecasan bisa dilakukan lewat port USB Type-C via charger unit dengan output 10watt.

Kamera

harga nokia 5.3

Di sektor fotografi, Nokia 5.3 mengantongi setup quad camera dengan dukungan AI. Alhasil, pengambilan gambar bisa dioptimalkan dimanapun Anda berada, bahkan dalam kondisi redup, berkat Night mode.

Unit review Nokia 5.3 mengadopsi empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 13MP, lensa ultra wide 5MP, kamera makro 2MP, dan depth camera 2MP. Dengan konfigurasi seperti ini, foto yang dihasilkan terbilang standar.

Nokia 5.3 merupakan smartphone Nokia 5 yang pertama dengan quad camera. Kamera utama 13MP memungkinkan Anda mengambil momen-momen luar biasa dalam berbagai situasi.

Lensa macro dan ultra-wide menjadikan Anda mampu membidik lebih dekat atau merekam keseluruhan suasana.

Membantu mengambil gambar close-up, atau wide, dan scenic shot. AI-powered quad camera hadir dengan AI imaging dan fitur canggih untuk pengambilan gambar terbaik.

Terdapat fitur Night mode dalam Nokia 5.3 membuat Anda dapat mengambil gambar dalam kondisi rendah cahaya. Portrait mode yang dikombinasikan dengan efek bokeh terkini dan depth sensor, membuat subyek foto benar-benar terlihat bagus.

Tertanam kamera selfie 8MP dengan pilihan mode potrait yang menarik. Tersedia ada 8 mode yang bisa Anda pilih yaitu classic, star, heart, butterfly, flake, waterdrop. Ada juga mode beautify lho buat yang suka operasi plastik digital.

Kelebihan Nokia 5.3

Nokia 5.3 Indonesia memiliki NFC yang jarang dimiliki smartphone di rentang harganya. Dukungan Google Lens di kamera bisa membantu pencarian via image. Kemudian ada pula sensor sidik jari dan face unlock buat security.

Harga dan Ketersediaan

Nokia 5.3 tersedia dalam pilihan warna Charcoal dengan 6 GB/64 GB RAM/ROM dan harga ritel Rp. 2.999.000. Segmentasi harga yang dibidik smartphone ini memang penuh dengan persaingan.

Tapi buat fans Nokia sepertinya tak jadi soal. Bagaimana review Nokia 5.3 ini? Anda tertarik?

Cek Harga di ShopeeCek Harga di LazadaCek Harga di Blibli

Spesifikasi Nokia 5.3:

  • Sistem Operasi: Android 10
  • CPU: Qualcomm Snapdragon 665 Mobile Platform
  • RAM: 6GB
  • ROM: 64 GB, MicroSD supports to 512GB. Google Drive
  • SIM: Dual SIM + SD card
  • Layar: 6.55” HD+ Dual-gate Selfie notch 20:9 1600 x 720 in-cell, 2.5D, GG3 w/AF, PPI 270, 450nits (typ) brightness, 1:1500(typ) contrast
  • Kamera: Main: 13MP f/1.8 + 5MP ultra wide-angle (118°)+ 2MP macro + 2MP depth; Flash: LED
  • Kamera Selfie: 8MP f/2, Night mode, Portrait Mode, AI Scene detection
  • Konektivitas: 802.11 b/g/n/ac, BT 4.2, GPS/AGPS+GLONASS, Ambient light sensor, Proximity sensor, Accelerometer, NFC, sensor sidik jari
  • USB: Type-C USB (USB 2.0) OTG, audio jack
  • Baterai: Non-removable 4000mAh, 5V/2A charging compatible

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”