Review Realme 5s: Quad Camera 48MP, Baterai 5000mAh

#kamisukareview – Kami kedatangan tamu, sebuah unit review realme 5s. Sebelumnya kami sudah mendapat informasi jika smartphone ini langsung laku keras dan banyak dicari peminat begitu rilis. Ternyata kehadirannya memang sudah ditunggu pasar dengan alasan spesifikasi menggiurkan di rentang harga terjangkau.

Tapi tentu saja kami tak langsung percaya jika hanya sekedar mendengar omongan. Makanya unit realme 5s yang ada di tangan akan jadi bukti apakah cerita seputar HP terbaru ini sesuai dengan fakta. Jangan sampai kalian ‘membeli kucing dalam karung’.


Sekedar catatan saja, realme 5s adalah penerus dari realme 5 dengan beberapa peningkatan kemampuan baik dari sektor fisik maupun performa. Beberapa yang menonjol adalah desain yang lebih segar dengan opsi warna baru serta kamera yang mempunyai kemampuan lebih mumpuni. 

review Realme 5s box

Sebelumnya, ijinkan kami mengintip dulu isi box dari realme 5s. Di dalamnya terdapat 5V/2A Adapter Charger, Micro USB Cable, Warranty Card, Quick Guide, SIM Card Ejector, Screen Protect Film dan Jelly Case.

Nah, tahu kan dapat apa aja dalam paket penjualan. Sekarang bagaimana? Sudah mulai penasaran kan? Tunggu apalagi, yuk simak review realme 5s kami berikut.

Rancangan Bodi

Desain realme 5s

Sektor ini wajib diulas duluan karena realme 5s mampu membedakan diri dari pendahulunya. Desain adalah nilai tambah dari HP keluaran baru ini. Ada peningkatan komprehensif dari desain potongan berlian yang dikombinasi finsihing glossy di bodi belakang. 

Terlihat tekstur berlian generasi baru yang berujung pada efek visual baru, Crystal Red dengan konsep holografik. Harus kami akui sangat cantik dan meski terbuat dari polikarbonat, feel-nya sangat solid dan terasa berkualitas. Masih di bodi belakangnya, terdapat logo realme di sisi kiri satu deret dengan rangkaian kamera yang berjajar vertikal.

Display realme 5s

Menyisir penampang depan realme 5s, kami menikmati layar besar 6,5 inci. HP ini sukses menghadirkan bidang pandang yang lebih besar. Area yang minim bezel membuat kalian bisa menikmati layar sebesar ‘bioskop’ dan tanpa gangguan visual. 

Apalagi komponen di area notch sudah dibuat efisien sehingga sudah berkurang 30,9% dibandingkan dengan realme 3 dan menghadirkan rasio layar hingga 89%. Dalam keadaan menyala, antarmuka yang terpajang masih relatif nyaman di mata. Display sentuh ini diproteksi Gorilla Glass 3+ jadi relatif kuat dan tahan gores.

Seperti biasa, saat ditelusuri ada beberapa elemen di pinggiran bodi. Slot SIM card dan tombol volume di ruas bodi bagian kiri. Kemudian tombol volume di ruas kanan. Port charger micro USB diapit mic, jack audio 3,5 mm, dan speaker. Oh ya audionya cukup nendang, powerful dan nyaring, pantas saja karena sudah memakai Dirac Power Sound.

Port usb realme 5s

Catatan menarik terakhir, bodi HP in didesain tahan percikan air. Bahkan sang vendor menyediakan tiga lapisan tahan percikan dari dalam ke luar. Salah satunya, realme 5s menyegel slot kartu SIM, penutup baterai, konektor komponen dan celah dengan busa cincin tahan percikan. Memang terbukti realme 5s ini tak terganggu oleh sekedar hujan gerimis. 

Kamera

Kamera 48mp

Kamera realme 5s mengalami upgrade signifikan dari realme 5. Dari sebelumnya mengandalkan resolusi 12MP, kini realme 5s mematri sensor Samsung GM1 dengan resolusi 48MP. Terlebih smartphone ini memakai konfigurasi AI Quad Camera layaknya flagship. 

Interface kamera hp realme

Hasilnya terbukti memuaskan, di atas kertas, HP realme ini bisa mengambil foto resolusi sangat tinggi(8000*6000). Bahkan, realme 5s bisa memotret foto 4 kali lebih jelas dari realme 5.

Memang bisa dibuktikan, dalam kondisi cahaya melimpah kamera dapat menangkap gambar yang sangat detail yang terlihat alami dan jelas bahkan ketika diperbesar. 

Outdoor

Keberadaan teknologi Tetracell penggabungan piksel 4-in-1 untuk menghasilkan foto 12MP dengan piksel besar 1,6nm pun bisa dibuktikan dengan hasil foto memuaskan di kondisi indoor. Dalam kondisi cahaya rendah dan malam hari kualitasnya bisa diandalkan.

Indoor
Indoor low light

HP ini juga punya kamera ultra-wide angle 8MP, aperture f/2.25 dan bidang tampilan ultra-wide 119°. Saat mengambil foto pemandangan, bangunan, foto grup banyak orang, dan pemandangan jauh lainnya, Anda tidak perlu mundur. Anda dapat beralih ke mode ultra-wide angle hanya dengan satu klik.

Wide angle
Normal

Tak ketinggalan lensa ultra-makro dengan aperture f/2.4. Dengan panjang fokus 4cm, kalian bisa mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak yang lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detail dalam kehidupan.

Didukung kecerdasan buatan, hasil foto otomatis bisa dioptimalkan dalam berbagai kondisi dan scene. Beberapa ramuan dibenamkan mulai dari peningkatan gambar dan algoritma anti-shake, mode malam dalam kondisi minim cahaya. Hasilnya bisa dilihat sendiri, eksposur, detail, dan kejernihan tak mengecewakan.

realme 5s mendukung perekaman hingga video resolusi 4K. Kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video juga mendukung perekaman video gerakan lambat dalam resolusi 240fps- dan 720P. Tak ketinggalan perekaman video dengan lensa sudut ultra lebar untuk perekaman bernuansa sinematik. 

Kamera Selfie

Kamera selfie realme 5s

Kamera depan realme 5s menggunakan sensor 13MP dari Samsung, mengoptimalkan fungsi kecantikan selfie untuk memenuhi standar estetika dan kebutuhan individu anak muda, dan menambahkan algoritma kecantikan AI untuk secara akurat mengenali dan mengidentifikasi subjek yang difoto melalui total 296 poin pengenalan fitur, memberikan 8 juta efek kecantikan untuk berbagai kelompok orang. 

Antarmuka 

Antarmuka realme 5s

Antarmuka pada realme 5s punya tampilannya cukup segar dan atraktif. Seri ini memakai interface ColorOS 6 yang berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie. Saat layarnya dinyalakan, kami dapati layar cukup sensitif pada jari, dan hampir tak ada jeda. Multi tasking cukup lancar ketika membuka ragam aplikasi atau internet secara bersamaan.

realme 5s menyuguhkan mode interaksi mendekati Android stock eksklusif. Elemen visual pada halaman tingkat pertama seperti wallpaper, lockscreen, dan animasi pengisian daya dibuat lebih spasial, lebih seragam, dan lebih sesuai dengan fitur desain realme. Pertimbangan memakai esensi Android murni membuatnya interaksi terasa lebih simpel.

Oh ya, realme 5s punya fitur khusus bernama Real Private. Kita bisa memasukkan ruang tersembunyi melalui sidik jari privasi yang ditetapkan secara terpisah, mengunci ponsel secara manual dan mematikan kata sandi biometrik ponsel.

Buat perlindungan keamanan, HP realme ini sudah menyediakan beberapa pilihan mulai dari sensor sidik jari dan proteksi layar dengan pengenalan wajah. Tertanam juga Game Space buat para gamers,  Clone Apps buat yang ingin memakai dua aplikasi yang sama di satu HP dan sudah didukung mode layar terpisah untuk multi tasking.

Prosesor & Memori

Realme 5s ternyata sudah menyiapkan performa terbaik untuk segmen tengah ini. Sang vendor mempercayakan Snapdragon 665 AIE sebagai dapur pacunya. Proses produksi 11nm mengintegrasikan GPU Adreno 610 membuat HP ini siap dipakai ngebut main game.

Terasa frame rate lebih halus, minim lag dan pergerakan smooth. Tak ada panas berlebih saat digenjot. Game ringan seperti Angry Birds, Subway Surfers hingga PUBG Mobile masih bisa berjalan dengan normal dan baik.

Tak hanya itu, selain performanya terasa lebih ngebut, ternyata prosesor ini mampu membuat konsumsi daya jadi lebih efisien dan irit. Selain itu, mesin AI generasi ketiga, Hexagon 686 yang merupakan peningkatan DSP, serta fungsi baru HVX membuat kinerja AI menjadi dua kali lipat dari CPU generasi terakhir dan membawa kinerja perangkat keras AI ke tingkat yang baru.

Experience saat mencoba unit review realme 5s ini tak mengecewakan. Nyaris tak ada gangguan berarti saat dipakai bermain game berat, menonton film, membuka berbagai aplikasi bersamaan. Sudah cukup memuaskan. Buat penyimpanan aplikasi dan file, unit review realme 5s ini sudah didukung RAM 4GB, memori internal 128GB dan slot memori microSD dengan kapasitas hingga 256GB. 

Untuk memantau performanya, kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi Geekbench. Hasilnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Baterai

Sektor ini jadi pelengkap yang menyempurnakan nilai tambah realme 5s. Dengan dukungan baterai berkapasitas tinggi 5000mAh, kalangan yang punya mobilitas tinggi di lapangan bakal sangat terbantu. Seperti jurnalis hingga driver ojek online tak akan terlalu repot mencari tempat mengecas saat berada di luar rumah, karena baterainya bisa bertahan seharian penuh. 

Selain punya kapasitas besar, realme 5s juga melengkapi area sumber daya ini dengan beberapa fitur dan teknologi supaya baterai semakin irit. Misalnya, AI Freeze yang bisa membekukan aplikasi yang tak dipakai.

Kemudian ada Screen Battery Optimization Mode yang bisa membantu mengurangi konsumsi daya layar. Untuk pengecasan tersedia sistem pengisian 10W yang mamu mengisi baterai dari nol sampai penuh dalam waktu kurang lebih dua jam. 

Simpulan Review Realme 5s

HP realme 5s yang kami uji bisa dibilang punya segalanya untuk bersaing di segmen menengah. Apalagi seri ini hanya dibanderol sekitar 2 jutaan. Dengan merogoh kocek tak terlalu dalam kita bisa menikmati setumpuk fitur dan spesifikasi kelas atas.

Meski banderolnya menengah, tapi desain HP realme ini cukup atraktif dan terlihat premium. Tak malu rasanya menentengnya ke mana-mana.

Selain itu, kamera yang biasanya ditemukan di produk premium pun sudah bisa dinikmati di HP ini. Termasuk beberapa fasilitas lain seperti baterai 6000 mAh, dapur pacu berkualitas dan fitur memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.