Review Realme 7: Harga 3 Juta, Spesifikasi Makin Bertenaga

#kamisukareview – Seri numerik realme generasi terbaru kembali menjumpai para fans mereka di Indonesia. Dan, lewat unit review realme 7 yang sudah di tangan, kami akan menceritakan experience mendalam tentangnya.

Tak perlu berpanjang lebar, realme 7 merupakan iterasi dari realme 6, tapi dengan upgrade, facelift dan peningkatan kemampuan di beberapa aspek krusial. Tidak heran jika smartphone ini sekarang1 mengusung slogan ’64MP Power Master’.

Slogan ini selain merujuk kepada performa chipset, kapasitas baterai dan pengisian daya cepat, 90Hz Ultra Smooth Display, desain yang lebih segar dan trendi, juga 64MP Sony Quad Camera dan hadirnya fitur NFC serta kapasitas memori yang besar.

Penasaran seperti apa si realme 7 ini? Yuk simak ulasan mendalam kami berikut ini.

full review realme 7

Full Review Realme 7

Kehadiran HP realme terbaru ini memberikan alternatif dan pilihan baru di segmen midrange harga 3 jutaan. realme 7 bersama realme 7i bakal mengganggu segmen smartphone kelas menengah dengan semua konfigurasi ‘Power’ yang ditawarkan.

Nah, sebelum mengulas produknya, kita unboxing unit realme 7 ini. Untuk box-nya, seri ini masih memakai warna dan konsep yang sama dengan generasi sebelumnya. Kuning polos. Terlihat simpel.

unboxing hp realme terbaru

Di dalam kotak penjualan realme 7, pengguna akan mendapatkan unit smartphone, adaptor 30W Dart Charger, kabel USB type-C Dart, jelly case transparan, panduan cepat, kartu garansi dan kartu sertifikasi TÜV Rheinland Quality Reliability.

Rancangan Bodi

Unit review realme 7 yang kami pegang memakai warna Mist Blue. Tapi ada juga warna Mist White yang tak kalah menarik. Area eksterior smartphone ini kelihatan mewah berkilau dengan efek garis gradasi di bodi belakangnya.

Tampilan layout quad camera belakang kini menjadi lebih atraktif. Masih tertata dalam bentuk memanjang, tapi kini dudukan kamera dibuat lebih enak dilihat dengan sudut membulat.

desain realme 7

Pada panel depan, realme membenamkan punch hole di bagian kiri atas layar sentuh. Ada efek cahaya punch hole dimana tepian bulatan lensa bakal menyala sesaat sebelum membuka face unlock atau membuka kamera depan.

realme 7 adalah smartphone pertama yang lulus Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland. Verifikasi ini berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum.

spesifikasi realme 7

Di sisi kanan bodi tertanam fitur pemindai sidik jari samping yang digabungkan dengan tombol daya. Di sisi kanan terdapat tombol volume dan tempat bernaung SIM tray dengan 3 slot kartu (dua nano SIM dan satu SD card dengan kapasitas penyimpanan hingga 256GB).

Di bodi bawah tertanam port Type-C, port audio 3,5mm, lubang speaker dan mic. Semua lubang di realme 7 kedap air. realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan.

Display

harga realme 7

Sama seperti realme 6, unit review realme 7 ini memiliki kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz. Mampu menghasilkan 90 fps, layar 90Hz memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi dibandingkan layar 60Hz konvensional.

Alhasil, saat jari kita menggulirkan antarmuka ke kiri kanan, atas bawah, terasa smooth dan transisi antar menu yang halus. Dengan display besar 6,5 inci dan rasio bodi ke layar 90,5%, experience visual realme 7 cukup memuaskan.

Layarnya juga hadir dengan rasio 20:9, 2400×1080 resolusi FHD+ dan kecerahan 480nits. Berbasis panel IPS, gambar yang tertampil di panel masih bisa kelihatan optimal meski tertimpa terik matahari langsung.

Realme berupaya mengamankan mata kita dengan dukungan pelindung mata, dark mode dan OSIE (Object and Semantic Images and Eye-tracking). Disempurnakan dengan Custom Color Mode untuk menyesuaikan mode warna layar.

Prosesor dan Memori

kelebihan dan kekurangan realme 7

Unit review realme 7 yang kami pegang mengadopsi chipset gaming MediaTek Helio G95, pertama di dunia digunakan di HP realme. Naik kelas dari realme 6 yang dipersenjatai chipset Mediatek Helio G90T.

Dapur pacu ini mengakomodasi kebutuhan perangkat kelas menengah. Helio G95 merupakan chipset kuat yang dapat membantu kinerja smartphone, secara ekslusif dirancang untuk menjadi inti dari gaming smartphone.

Prosesornya dibuat menggunakan proses 12nm sehingga lebih bertenaga dan efisien. Chipset ini juga dilengkapi dengan dua buah cluster Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz.

Kemudian ada enam cluster Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76GPU. Dengan kombinasi terbaru dari CPU, GPU, RAM super cepat, dan AI yang kuat, realme 7 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pecinta game di smartphone.

Menariknya, Helio G95 pada realme 7 dilengkapi dengan sistem pendingin Carbon Fiber canggih. Yang dapat mendinginkan hingga 8,6%, menjaga kinerja ponsel tetap cepat. Lumayan sih saat dipakai tak gampang panas, dan tak ada panas berlebih.

Saat memainkan PUBG Mobile misalnya, kita bisa langsung menggenjotnya pada setting grafis tertinggi dengan baik. Minim lag, smooth dan mengasyikkan. Game 3D kelas menengah seperti Mobile Legends pun dipastikan lancar jaya.

Penggunaan wajar smartphone ini buat berbagai keperluan sangat memuaskan. Menjalankan multitasking, aktivitas internet seperti sosial media, termasuk dipakai menonton video Yotube relatif aman.

Unit review yang kami pegang dibenami dengan RAM 8GB serta memori internal 128GB. Jadi, tak perlu kuatir soal storage data atau aplikasi menumpuk.

Untuk benchmark, kami menggunakan Geekbench. HP realme terbaru ini bisa mencatatkan skor 516 untuk tes single-core dan 1640 buat pengujian multi-core test. Kemudian untuk tes GPU berhasil memperoleh skor 2179 lebih powerful dari realme 6.

Sistem Operasi

sistem operasi

Soal antarmuka, tentu saja smartphone ini memakai versi mutakhir, menggabungkan platform Android 10 dengan antarmuka Realme UI. Dirancang lebih baik untuk pengalaman Android yang lebih efisien dan lebih familiar buat kalangan muda.

realme merancang UI dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. Antarmuka ini relatif mulus dan menyenangkan saat digunakan. realme 7 sendiri membawa lebih banyak fitur terbaru melalui realme UI.

Memang kalau diperhatikan antarmuka Realme UI ini masih memiliki banyak kemiripan dengan ColorOS, tapi setidaknya, sang vendor sudah bisa tampil percaya diri dengan jatidiri baru ini.

Ada beberapa bloatware di antarmukanya, tapi tak masalah karena sebagian tetap bermanfaat. Interface realme 7 ini tetap mengandalkan tampilan yang relatif simpel dan memiliki karakteristik mendekat stock Android.

Kita bisa mengubah bentuk dan ukuran ikon hingga ukuran grafik internal ikon. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, realme UI memiliki 4 fitur trendi yang dapat disesuaikan: Focus Mode, Dual-Mode Music Share, Three-Finger Screenshot Gesture dan Personal Information Protection hingga Game Space.

Kamera

kamera 64mp realme 7

Di area fotografi ini, realme 6 menyiapkan total 5 optik. Empat di kamera belakang dan satu di kamera depan. Oh ya, sang vendor membenamkan lensa Samsung ISOCELL GW1, 64MP high-resolution wide-angle sensor, 8MP ultra-wide-angle, B&W Portrait dan 2MP macro.

hasil foto macro
Ultra Macro

Kamera selfie HP ini masih sama dengan realme 6. Mengadopsi 16MP Ultra-clear aperture 2.0. Dilengkapi mode kecantikan pintar, Efek Bokeh dan lainnya Disempurnakan algoritma kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk setiap orang.

Untuk kamera utamanya, unit review realme 7 ini menawarkan pengalaman flagship terbaru 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, serta 2MP untuk lensa makro dan lensa potret B&W.

Area fotografi memiliki peningkatan signifikan dibanding pendahulunya. Sensor 64MP Sony IMX682 memiliki kemampuan penginderaan cahaya istimewa, dan dilengkapi dengan sensor ukuran super besar 1/1,73″, ukuran piksel mencapai 1,6?m.

Sementara lensa sudut ultra lebar, lensa ultra makro dan lensa B&W punya kemampuan tak jauh berbeda dari pendahulunya.

hasil foto ultra wide
Lensa ultra wide
hasil foto 64mp
Mode Portrait
hasil foto auto
Auto
hasil foto chroma boost
Auto dengan Chroma Boost

Ada beberapa mode menarik di kamera utama, seperti Mode Ultra-Clear 64MP yang dapat beralih antara mode AI dan mode Pro. Dalam mode Pro, pengguna dapat menyesuaikan parameter kamera secara manual untuk mengambil foto 64MP terbaik dengan sangat jelas.

mode 64mp
Mode 64MP

Kamera realme 7 memiliki tiga filter malam paling populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat dengan mudah mengeklik pemandangan malam kota itu, dengan cara yang benar-benar baru.

nighstcape
NightScape
nightscape dengan efek
NightScape dengan efek Modern Gold

Untuk merekam keindahan kerlip bintang di langit malam, realme telah mengembangkan Starry Mode secara eksklusif. Fitur ini menggunakan algoritma AI yang dikombinasikan dengan paparan ultra-long exposure and multi-frame synthesis.

Catatan menarik ada di sektor video. Kamera depan dan belakang realme 7 mendukung banyak fitur video. Kamera depan kini bisa merekam video 120fps slo-mo.

Sementara kamera belakang disokong UIS Video Stabilization, UIS Max Video Stabilization dan menyediakan Ultra Wide-angle Video. Bisa merekam video 4K/30fps,1080P/120fps, 720p/240fps dan slo-mo.

Baterai realme 7

baterai realme 7

Aspek ini mengalami peningkatan signifikan dari pendahulunya. Pada realme 6 kita hanya menemukan baterai berkapasitas 4300mAh. Kini, realme 7 dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh dengan pengisian daya cepat 30W Dart Charge kombinasi pertama dan powerful di seri angka realme.

Dengan 30W Dart Charge yang ditingkatkan, baterai 5000mAh dapat diisi hingga 100% dalam 65 menit. Dan hanya dalam 26 menit, baterai dapat terisi hampir 50%. realme 7 juga mendukung pengisian daya 15W PD, membuatnya lebih serbaguna.

SiagaTeleponYouTubeMusik Daring 
Masa Pakai Baterai733.41 jam48 jam15 jam81 jam

Algoritma pengisian daya yang dikembangkan untuk realme 7 mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian daya.

Fitur Lain

realme 7 memiliki fitur pemindai sidik jari samping yang secara cerdik menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya satu tekan untuk membuka ponsel secara instan dan juga memberikan keamanan lebih.

Kehadiran NFC di seri angka juga menjadi lompatan dari sisi produk realme, karena realme mendengarkan banyak masukan dari realme Fans yang menginginkan NFC yang selama ini hadir di seri flagship realme.

Harga realme 7

Unit review realme 7 ini telah mengalami peningkatan performa di sektor vital yang dibutuhkan konsumen. Menariknya, upgrade dan update yang dilakukan realme berdasarkan permintaan dan kebutuhan para fans. Jadi klop sudah perlengkapan yang diusung smartphone ini.

Begitu pula dengan harga, realme 7 sudah menyesuaikan diri dengan kocek masyarakat Indonesia. Menawarkan varian 8GB/128GB, harga HP realme terbaru ini dibanderol Rp 3.899.000 flash sale tanggal 18 September. Harga resminya sendiri Rp 3.999.000.

Kelebihan dan Kekurangan realme 7

Bicara performa, harga dan target market, smartphone ini dipastikan hadir sebagai penerus realme 6. Pun, begitu ada kelebihan dan kekurangan realme 7 yang wajib untuk diperhatikan sebelum memutuskan buat membeli.

Kelebihan HP realme ini adalah refresh rate 90Hz yang nikmat buat main game. Dukungan baterai berkapasitas 5000mAh dengan 30W Dart Charge. Kemudian memori berkapasitas besar, kamera berkualitas mumpuni dan NFC harga murah.

Kekurangannya adalah layar yang masih memakai IPS LCD serta pemakaian material polikarbonat. Nah, bagaimana tertarik meminang smartphone ini?

Spesifikasi realme 7:

ProcessorMediaTek Helio G95CPU?Octa-core, Up to 2.05GHzGPU?ARM Mali-G76 MC4 900MHz
Storage & RAMRAM?8GB LPDDR4x dual-channelROM?128GB UFS 2.1
ColorMist WhiteMist Blue
Display90Hz Ultra Smooth Display6.5” (15.5cm) FullscreenResolution?2400×1080 FHD+Screen-to-body ratio?90.5%Corning Gorilla Glass
Charging & Battery30W Dart Charge5000mAh?typ?Includes an 5V/6A charger & cableUSB Type-C port
Camera64MP Quad CameraRear Camera64MP Ultra high-resolution wide-angle cameraf/1.8, 6P lensSony IMX682, 1/1.73”
8MP Ultra wide-angle LensFOV 119°, f/2.3, 5P lens
2MP B&W Portrait Cameraf/2.4, 3P lens
2MP Macro lens4cm focus, f/2.4, 3P lens
Photography function?64MP Mode, Super NightScape, Starry Mode, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter Malam, Chroma Boost, Slow Motion, Bokeh Effect Control.
Video recording?Support UIS Video StabilizationSupport UIS Max Video StabilizationSupport 4K/30fps video recordingSupport 1080P/30fps, 60fps video recordingSupport 720P/30fps, 60fps video recording
In-display Selfie16MP Primary cameraFOV 79.3°, f/2.0, 5P lens
Photography function?Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR, Face-Recognition, Filter, Bokeh Effect Control
Video recording?Support 1080P/30fps video recordingSupport 720P/30fps video recording
Cellular & Wireless3-Card Slot2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot
Wireless network2.4/5 GHz802.11 a/b/g/n/acBluetooth 5.0NFC
NavigationGPS / AGPS/ Glonass / Beidou
Size & WeightHeight: 162.3mmWidth: 75.4mmDepth: 9.4mmWeight?196.5g
SensorsMagnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor
Operating Systemrealme UIBased on Android 10
Packing Listrealme 730W Dart ChargerUSB Type-C CableProtect CaseProtect FilmSIM Card ToolImportant Info Booklet with Warranty CardTüv Rheinland Certificate card

Hari Pitrajaya

Ordinary man in this extra ordinary world.