Review Realme 7i: Harga 3 Juta Disuntik Kamera 64MP

#kamisukareview – Kami sudah memegang unit review realme 7i versi Indonesia. Seri ini datang bersamaan dengan realme 7, memperkaya lini produk mereka di segmen menengah. Lalu apa sih bedanya kedua seri ini, tak mungkin kalau hanya sekedar beda penamaan saja.

Sama seperti realme 7, seri ini juga mengusung slogan ’64MP Power Master’. Merujuk kepada performa chipset, kapasitas baterai dan fast charging, 90Hz Ultra Smooth Display, desain lebih segar dan trendi, serta kapasitas memori besar.

Catatan menariknya, Indonesia dipilih secara khusus untuk menjadi negara pertama peluncuran realme 7i secara global. Ini juga pertama kali varian ‘i’ dari seri numerik realme mendarat di Tanah Air.

full review realme 7i indonesia

Full Review Realme 7i

Unit realme yang kami pegang ini sebenarnya punya pasar yang beririsan dengan realme 7. Strategi ini cukup cerdik, untuk menghadang rival supaya tak beralih ke lain hati. Mereka bisa menyesuaikan diri sesuai kocek dan kebutuhan tanpa harus lari ke smartphone merek lain.

Sebelum membahas setiap aspek penting, kita intip dulu isi dari paket penjualan realme 7i yang tengah kami pegang. Masih senada, realme membungkus produknya dalam box berwarna kuning yang simpel dan minimalis.

Saat dibongkar, ada 1 unit smartphone, buku panduan dan kartu garansi. Seperti umumnya HP saat ini, terselip pula SIM ejector. Kemudian ada head charger dan kabel USB Type-C. Sayang tak ada headset.

Rancangan Bodi

desain realme 7i

Saat pertama kali memegang unit review realme 7i, jujur saja desainnya istimewa. Membawa warna yang atraktif serta tampilan yang lebih segar. Desain belakangnya jauh dari kesan monoton, terutama layout kamera utama.

Terinspirasi dari ruang kaca di alam, seri realme 7i menghadirkan desain cermin yang cemerlang. Terdapat garis pemisah ikonik pada seri ini dengan arah diagonal, membaginya menjadi dua bagian.

Satu hal yang spesial, dua bagian tersebut menggunakan proses yang sama sekali berbeda. Pantulan cahaya tinggi di bagian atas dan tekstur matte di bagian bawah membentuk kontras yang sangat tajam.

Kami sependapat dengan pernyataan pihak realme bahwa kombinasi keseluruhan sangat harmonis dan seimbang, menghasilkan efek estetika menarik.

Di area depan dihiasi layar sentuh dengan punch hole di kiri atas. Jika Anda melihat lebih dekat, seluruh penutup belakang memiliki warna gradien yang meningkatkan kualitas visual premium 7i.

Tekstur bodi nyaman di tangan, tak licin. Memang ada sidik jari menempel tapi tak terlalu signifikan. Smartphone ini memiliki port audio 3,5mm di area bawah, diapit lubang speaker dan lubang mic. Terdapat port USB Type-C.

kelebihan dan kekurangan realme 7i

Di sisi kanan terdapat tombol volume dan power. Di sisi kanan terdapat SIM tray. Lantas di bodi belakang, tertanam dudukan kamera berdesain menawan di area kiri atas. Sementara sensor sidik jari terletak di bagian tengah atas.

Display

layar realme 7i

HP realme terbaru ini mengusung bentang layar 6.5 inci. Menyuguhkan karak pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman memainkan game atau nonton video yang nyaman. Lebih sedikit gangguan visual serta memberikan pengguna pengalaman layar full screen.

Sama seperti realme 7, smartphone ini memiliki kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz. Mampu menghasilkan 90fps.

Layar 90Hz ini memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional. Layarnya hadir dengan rasio 20:9, 1600*720 atau resolusi HD+ serta 90% rasio layar-ke-badan.

Kalau bicara bezel, tampilan depan unit review realme 7i ini cukup tipis. Sementara panel displaynya mengadopsi 2,5D Glass, jadi agak hati-hati ya jangan sampai jatuh, karena bentuknya yang menonjol mudah sekali terbentur area kacanya.

Lain dari itu, lantaran memakai panel IPS LCD, tampilan yang terpancar di layar kurang maksimal di terik matahari.

Performa dan Memori

spesifikasi realme 7i

HP realme ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 662 yang bisa menyuplai performa menjanjikan untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari.

realme 7i mengadopsi chipset Snapdragon 662. Dengan nilai benchmark AnTuTu tinggi ditambah 18W pengisian cepat, Snapdragon 662 dapat memberikan power yang cukup untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari.

Chipset ini dibuat melalui proses fabrikasi 11nm yang membuatnya jadi powerful tapi tetap efisien. Snapdragon 662 mengadopsi struktur Kryo 260 di CPU dan Adreno 610 buat GPU.

Masih sangat ideal buat pengguna umum dan gamer. Prosesornya mampu menangani sebagian besar aplikasi menengah dan berat yang umum digunakan. Lumayan buat digeber PUBG Mobile atau sekedar bermain Mobile Legends.

realme seri angka Power Master kali ini mengalami peningkatan konfigurasi memori yang besar 8GB+128GB guna memberikan yang terbaik sesuai permintaan realme Fans. Menjadikannya smartphone 8GB+12GB paling terjangkau di pasar saat ini.

Kombinasi RAM 8GB LPDDR4x dual-channel dan ROM 128GB UFS 2.1, realme 7i menyuguhkan penawaran menjanjikan. Kinerja grafis LPDDR4X ditingkatkan sebesar 20% dan kinerja RAM sebesar 100% dari LPDDR3.

Kamera

kamera realme 7i

Punch hole di sisi kiri atas smartphone ini mengusung sensor Sony IMX471 16MP. Sudah istimewa buat memenuhi kebutuhan selfie. Dengan aperture F2.1, lensa 5P, serta mendukung mode kecantikan pintar dan lainnya.

realme menyebut jika algoritma kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk setiap orang dengan bentuk serta fitur wajah yang berbeda. Asyiknya lagi, kamera depan juga mendukung HDR dan Stabilisasi EIS.

Hasil foto selfie dalam berbagai skenario:

hasil foto selfie

Kamera utamanya unit review realme 7i yang kami uji mengandalkan pengaturan empat kamera ultra-jernih mirip realme 6. Terdiri dari kamera utama 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, serta lensa makro dan lensa potret B&W masing-masing 2MP.

Kamera utamanya disokong sensor ukuran super besar 1/2 ” dan ukuran piksel hingga 1,4um. Membantu gambar tetap terlihat cerah meskipun dalam kondisi low light.

hasil foto 64mp
Mode 64MP

Selebihnya, lensa Sudut Ultra-Lebar 119° dengan bukaan f/2.2, lensa ultra makro serta lensa monokrom atau B&W Portrait punya kualitas sama dengan saudaranya realme 7.

hasil foto ultra wide angle
Ultra Wide Angle with AI
hasil foto portrait
Portrait
hasil foto macro
Ultra Macro
hasil foto macro 2
Ultra Macro
hasil foto auto
Auto

realme mengklaim jika mereka mengembangkan algoritma definisi ultra-tinggi baru untuk mode 64MP. Mereak juga menambahkan Filter Malam buat fotografi dalam kondisi minim cahaya. Memiiki tiga filter malam populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

hasil foto nightscape
Mode Nightscape
hasil foto nightscape dengan efek
Mode Nightscape dengan efek Modern Gold

Algoritma Mode Nightscape akan mengambil beberapa foto dalam eksposur yang berbeda, kemudian menggabungkannya menjadi satu foto tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto.

Fitur kameranya tak terhitung, mulai 64MP Mode, Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra-wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, Portrait Mode.

Mampu merekam video dengan baik berkat UIS Video Stabilization dan UIS Max Video Stabilization. Mendukung rekam video 1080P/30fps, 60fps, serta 720P/30fps, 60fps.

Tak ketinggalan kamera selfienya punya fitur Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR, Face-Recognition. Dengan kemampuan rekam video hingga 1080P/30fps.

Fitur Lain

Tertanam Super Power Saving Mode yang membantu penggunanya menghemat daya. Dalam mode ini, HP hanya menghabiskan 5% baterai dalam menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 1,1 jam.

Sensor sidik jari dibenamkan di perangkat, melengkapi face unlock. HP ini juga memiliki slot 3-kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB).

Dan, semua lubang di realme 7i kedap air karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan.

Kapasitas Baterai

harga realme 7i

Unit review realme 7i ini disokong baterai berkapasitas masif 5000mAh. Berdasarkan pengujian realme Lab, realme 7i dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

Tak hanya itu, dengan reverse charge OTG khusus, realme 7i juga dapat menjadi penghemat baterai perangkat. Buat pengecasan, smartphone ini dilengkapi dengan 18W Quick Charge, butuh 30 menit untuk mengisi sampai 33%.

Sektor ini diperkuat pula dengan fitur seperti App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization buat menghemat daya.
App Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi. Screen Battery Optimization bisa menurunkan beberapa efek tampilan demi menghemat baterai.

Harga realme 7i

Realme 7i bisa menjadi favorit baru di segmen harganya. Dukungan spesifikasi yang bertenaga di berbagai aspek membuatnya jadi smartphone yang serbaguna dan atraktif

Dengan opsi memori 8GB+128B, HP realme terbaru ini dapat dibeli dengan harga Rp 3.099.000 untuk flash sale tanggal 18 September. Harga resminya Rp 3.199.000. Merupakan salah satu yang paling terjangkau di kelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Smartphone ini punya kombinasi harga dan spesifikasi yang sangat rasional. Namun ada baiknya untuk menyoroti kelebihan dan kekurangan unit review realme 7i yang kami uji.

Kelebihan paling menonjol adalah prosesor kelas menengah yang reliable dari Qualcomm, yakni Snapdragon 662. Kemudian tertanam baterai berkapasitas jumbo dengan pengecasan cepat.

Kameranya pun masih pantas mendapat acungan jempol. Sisi yang jadi kelemahan, biarpun kelihatan premium dan mewah, seri ini terbuat dari material plastik polikarbonat, bukan kaca atau logam.

So, bagaimana? Kalian tertarik?

Spesifikasi realme 7i:

ProcessorSnapdragon 662CPU?Kryo 260, Octa-core, Up to 2.0GHzGPU?Adreno 610
Storage & RAMRAM?8GB LPDDR4x dual-channelROM?128GB UFS 2.1
ColorAurora Green Polar Blue
Display90Hz Ultra Smooth Display6.5” (16.5cm) FullscreenResolution: 1600*720 HD+Screen-to-body ratio?90%Corning Gorilla Glass
Charging & Battery18W Quick Charge5000mAh?typ?Includes an 9V/2A charger & cableUSB Type-C port
Camera64MP Quad CameraRear Camera64MP Ultra high-resolution wide-angle cameraf/1.8, 6P lens1/2”
8MP Ultra wide-angle LensFOV 119°, f/2.2, 5P lens
2MP B&W Portrait Cameraf/2.4, 3P lens
2MP Macro lens4cm focus, f/2.4, 3P lens
Photography function?64MP Mode, Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra-wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, Portrait Mode
Video recording?Support UIS Video StabilizationSupport UIS Max Video StabilizationSupport 1080P/30fps, 60fps video recordingSupport 720P/30fps, 60fps video recording
In-display Selfie16MP Primary cameraFOV 79.3°, f/2.0, 5P lensSony IMX471
Photography function?Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR, Face-Recognition, Filter
Video recording?Support 1080P/30fps video recordingSupport 720P/30fps video recording
Cellular & Wireless3-Card Slot2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot up to 256GB
Wireless network2.4/5 GHz802.11 a/b/g/n/acBluetooth 5.0
NavigationGPS / AGPS/ Glonass / Beidou
Size & WeightHeight: 164.1mmWidth: 75.5mmDepth: 8.5-8.9mmWeight?196.5g
SensorsMagnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor
Operating Systemrealme UIBased on Android 10
Packing Listrealme 7i18W Quick ChargerUSB Type-C CableProtect CaseProtect FilmSIM Card ToolImportant Info Booklet with Warranty Card

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”