Review Realme Band: Alternatif Smart Band Harga Murah

#kamisukareview – Langkah Realme masuk ke segmen wearable device patut diapresiasi. Kini mereka mulai menjajaki pasar Indonesia dengan smart band pertamanya. Dan, kami sudah memegang unit review Realme Band pertama ini buat diulas secara mendalam.

Dengan harga terjangkau, Realme siap terjun melawan ‘tetangga’ yang sudah lebih dulu bermain di pasar. Membawa slogan ‘Live Fit. Live Smart’, Realme Band ini mencoba menempatkan diri sebagai salah satu smart band murah dan stylish.

Full Review Realme Band

review realme band

Ekspektasi tim redaksi terhadap smart band ini sebenarnya tak terlalu tinggi. Pasalnya, ini adalah seri murah meriah yang membidik segmen entry level. Tapi ternyata impresi awal saat Realme Band kami pegang lebih dari yang diperkirakan. Not bad.

Jadi kami cukup excited untuk mengulas wearable device murah meriah ini. Yuk simak review kami berikut:

Desain

realme band indonesia

Tak banyak yang disodorkan dalam dus, hanya buku panduan dan unitnya. Karena memang Realme Band ini sangat praktis, tidak memerlukan kabel data, menggunakan metode pengecasan USB Direct Charge (built-in). Jadi tinggal mencopot strap, colok langsung gadget ke port USB saja untuk mengecas. 

charger realme smart band

Hanya saja kita butuh adapter untuk mengecasnya, karena tak disertakan dalam paket penjualan. Namun demikian tak jadi persoalan karena kita bisa memakai adapter smartphone. Urusan ini tak merepotkan sih dibandingkan beberapa merek lain yang butuh kabel data.

Unit review Realme Band versi Indonesia yang kami pegang berwarna hijau. Selain opsi warna ini, ada juga hitam dan kuning. Dimensi dan bobotnya pas. Layarnya disuntik 65 ribu warna dengan luasan 0,96 inci, resolusi 80×160 piksel. Cukup besar dan nyaman dilihat 

Dengan bentang yang cukup luas, layar diklaim bisa memajang 64 huruf dan menampilkan notifikasi. Terdapat tombol sentuh untuk mengoperasikan dan mengakses layar. Caranya simpel, ketuk dan tahan. 

harga realme band indonesia

Disain jam dibuat melengkung dengan bahan strap empuk dan nyaman di pergelangan biarpun terbuat dari TPU, material semacam plastik. Dalam kondisi indoor kita bisa menikmati tampilan yang clear. Tapi dalam situasi outdoor, display agak meredup.

Asyiknya, band ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang bisa dipakai olahraga dalam air. Hanya saja saran kami, kalian boleh membawanya berendam, berenang dan lain-lain, tapi usahakan hindari arus atau air tekanan tinggi. 

Sensor gravitasi dapat menyalakan layar setiap kali pengguna mengangkat pergelangan tangan, juga memungkinkan pengguna untuk memeriksa data keseharian seperti waktu, langkah, dan notifikasi aplikasi.

Performa

Smart band ini ini terkoneksi lewat aplikasi Realme Link. Jadi kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Setelah terinstal baru sambungkan ke smartphone. Meski namanya Realme Band, tapi wearable device murah ini bisa nyambung ke merek lain lho. Untuk sinkronisasi data tak banyak yang bisa dibahas, tak bisa dibilang cepat juga tak terlalu lelet. 

Setelah terhubung, aplikasi ini bisa menampilkan notifikasi dari situs jejaring sosial seperti Facebook, Messenger, WhatsApp hingga SMS bersama dengan 5 watch face yang dapat kita pilih sesuai selera. Tapi hanya notifikasi yang muncul di jam pintar, kita tak bisa berinteraksi. 

Aplikasi yang terkoneksi ke perangkat wearable ini menyediakan statistik yang cukup lengkap seputar aktivitas yang kita lakukan dengan Realme Band. Jadi gadget melakukan sinkronisasi ke smartphone lewat Bluetooth sehingga kita bisa memantau laporan seperti waktu tidur, jumlah langkah, detak jantung dan lain-lain. 

Kita juga bisa mengatur tingkat kecerahan dan bahasa. Oh ya sekedar informasi saja, realme band ini secara otomatis menyala saat mengisi daya. Dan jika baterai tersisa di bawah 3%, gadget ini akan otomatis mati. Untuk me-restart sentuh tombol virtual selama 5 detik selama pengisian daya.

Fitur

Lebih jauh, gadget ini juga punya 9 mode olahraga. Tiga mode sudah tersedia dan dapat diakses langsung dari Realme Band. Adapun kesembilan mode tersebut, yaitu Yoga, Run, Spinning, Walk, Fitness, Hiking, Climbing, Bike, hingga Cricket.

Lebih dari itu, beberapa fitur standar di smart band sudah dibenamkan. Realme Band ini bisa dipakai mengukur detak jantung, terdapat juga step counter. Dengan Sleep Quality Monitor, algoritma Realme Band bisa meenganalisis kualitas tidur dan menghasilkan laporan tentang pola tidur.

Ada fitur idle alert yang bisa memaksa pengguna untuk terus bergerak dan berjalan serta merekomendasikan untuk minum secara teratur. Tersedia juga fungsi prakiraan cuaca. Dan, ada fungsi ‘Cari Perangkat Saya’ untuk mencari smartphone kalian jika lupa menyimpan.

Kapasitas Baterai

spesifikasi realme band

Unit review Realme Band Indonesia mengantongi baterai berkapasitas 90mAh. Dengan besaran ini, perangkat diklaim punya waktu aktif hingga 10 hari dengan heart rate tracking diaktifkan.

Namun, jika semua fitur aktif mungkin smart band ini bisa bertahan sekitar semingguan. Lumayan. Buat pengecasan waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar sejam dari nol hingga penuh.

Kelebihan & Kekurangan Realme Band

Tak ada yang sempurna di dunia ini, selalu ada kelebihan dan kekurangan. Dengan harga yang murah, unite review Realme Band ini merupakan alternatif smart band baru di pasaran. Disain bagus, anti air dan mampu bertahan hingga seminggu lebih saat dipakai. 

Hanya saja, ada beberapa konsekuensi yang mesti diterima. Sang vendor tak menyisipkan built-in GPS dan NFC guna memangkas harga jual. Tapi bukan masalah besar, karena setiap produk memiliki segmen masing-masing. 

Harga Realme Band

Saat ini, wearable device terbaru Realme ini hadir dalam pilihan warna Hitam, Hijau dan Kuning. Harga Realme Band ini dibanderol Rp 399.000, membidik segmen entry level.

Sebagai alternatif smart band rasanya cukup kami rekomendasikan. Nah, menariknya sang vendor menggelar flash sale hari ini jam 19:00 dan tanggal 30 April jam 13:00. Harganya? Hanya Rp 299.000. Serbu!

Spesifikasi Realme Band:

  • Dimensi: 19,6 x 11,9 x 240mm 
  • Bobot: 20 gram
  • Lebar: 16 mm
  • Panjang disesuaikan: 152-227mm
  • Waterproof: IP68
  • Display: LCD 0.96 inch
  • Display Color:RGB
  • Display Resolution: 80×160
  • Strap Material: TPU
  • Sensor : 3-axis accelerometer
  • Fitur: Pelacak detak jantung secara real-time, Smart Notifications, Intelligent Sports Tracker, Personalisasi tampilan layar, Sleep Quality Monitor, Aplikasi cerdas realme Link
  • Konektivitas: Bluetooth 4.2 BLE
  • Baterai: 90mAh
  • Metode Pengecasan: USB Direct Charge (built-in)
  • Kontrol: Touch button
  • Sistem Operasi: Android 5 ke atas

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Hari Pitrajaya

Ordinary man in this extra ordinary world.