Review realme Buds Air Neo: TWS Murah Berkualitas Bagus

#kamisukareview – realme baru saja merilis Buds Air Neo, sebuah true wireless earphone terbaru melengkapi seri sebelumnya, realme Buds Air. Kebetulan kami sudah memegang unit review realme Buds Air Neo ini, jadi kita bisa mengetahui seperti apa spesifikasi, harga dan tentu saja experience-nya.

Saudaranya realme Buds Air ini adalah TWS yang dihadirkan sebagai alternatif baru buat kalangan yang membutuhkan gadget mutakhir dengan banderol harga terjangkau. Selain itu, kehadirannya mengukuhkan eksistensi sang vendor di segmen AIoT Indonesia.

Secara singkat saja, earbuds ini menawarkan budget yang lebih terjangkau dari Buds Air dan mengemas desain serupa. Tapi tentu saja ada perbedaan dari sisi fitur dan performa. Dengan unit review yang sudah ada di meja redaksi, kita akan membongkar secara lebih detil. Yuk!

Full Review realme Buds Air Neo

Full Review realme Buds Air Neo

Sang vendor mengusung slogan ‘True Wireless. Real Choice.’ untuk earbuds ini. Mereka membidik kalangan muda sebagai sasaran, menghadirkan perangkat ini sebagai most valuable TWS. Tapi murah belum tentu murahan lho, jadi simak dulu review kami.

realme sudah menggelontorkan empat produk AIoT dalam urun waktu enam bulan ini. Dimulai dari awal tahun 2020 dengan realme Buds Air, lalu disusul dengan realme Band dan yang terbaru ada realme Watch dan realme Buds Air Neo. realme juga mencatat rekor penjualan satu juta unit di seluruh dunia untuk perangkat audio pintar mereka yaitu realme Buds Air dan realme Buds Wireless.

Disini, terlihat jelas ambisi realme untuk menjadi merek AIoT dengan pertumbuhan tercepat dan merek AIoT yang paling disukai oleh anak muda. Mereka mengklaim dengan strategi 1+1: Smartphone + AIoT, dapat membantu mereka untuk menjadi merek dengan pertumbuhan AIoT tercepat di dunia dan menjadi disruptor pasar industri wearable di Indonesia.

Desain

erbuds tws realme air buds neo

Bentuk dan modelnya mengadopsi desain kurva yang sedap dipandang. Tapi intinya tak hanya enak dilihat, secara desain, realme ini sudah menyesuaikan radian dari buds yang masuk ke dalam lubang telinga, dan sudut antara batang dan buds. Desain TWS realme ini fit dan ergonomis dengan telinga kita.

Sebelum mulai membahas lebih dalam, kalian harus tahu jika TWS ini hanya mempunyai berat 4,1 gram saja, jadi tak akan membebani telinga saat dikenakan. Saat menempel di telinga kehadirannya nyaris tak terasa, bahkan bisa saja kita lupa saat tengah memakainya saking entengnya.

Jika bicara lebih teknis, casing-nya mengadopsi desain lengkungan yang sempurna, setiap angle dibuat dengan lebih dari 20 busur dan membuat produk ini menjadi menjadi lebih bundar secara fisik, memberikan perasaan nyaman saat pemakaian. Earbuds ini hadir dalam tiga warna – Pop White, Punk Green and Rock Red.

Kualitas Suara

realme tws

TWS ini menawarkan pengalaman earphone nirkabel yang terbebas dari untaian kabel, memberikan para penggunanya kebebasan saat mendengarkan musik berkat chip R1 khusus dengan Bluetooth 5.0 yang memungkinkan koneksi instan dan stabil antara earbuds dan perangkat, kinerja baterai yang lebih baik, dan kontrol cerdas yang lebih mudah diakses.

Suara yang keluar dari unit review Buds Air Neo ternyata cukup nendang. Audionya memberikan pengalaman suara yang kuat. Disinyalir berkat diafragma komposit multi-layer LCP terbaik dan driver suara 13mm yang canggih dan besar. Bass yang memancar cukup powerful, memberikan efek suara yang kaya dan kedalaman suara yang lebih baik.

Menariknya, earphone ini dilengkapi dengan solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang dapat dikostumisasi. Solusi ini dioptimalisasikan oleh tim ahli akustik di realme setelah mengalami ribuan kali pengujian. Terbukti sih biarpun earbdus entry level, dinamika dan dimensi suara yang ditambahkan pada bass-nya membuat pengalaman mendengarkan musik dan menonton film menjadi lebih baik.

Lebih lanjut, unit review realme ini ternyata dilengkapi dengan mikrofon tunggal. realme menyisipkan teknologi ENC (Environment Noise Cancellation) yang dapat mengidentifikasi setiap kata dan menyaring suara bising di latar belakang. Lumayan, pada saat melakukan panggilan telepon suara bisa tetap jernih sekalipun berada di lingkungan yang bising.

Performa realme Buds Air Neo

realme earbuds buds air neo box

TWS realme ini cukup intuitif dan mudah digunakan. Ia mendukung operasi Smart Touch, yang dapat digunakan untuk menjawab/mengakhiri panggilan, mengganti musik, mengaktifkan asisten suara dan masuk atau keluar performance mode hanya dengan sentuhan jari saja.

Saat pertama kali digunakan, gadget ini dapat dipasangkan dengan menekan satu tombol, dan ketika sudah terhubung, setiap pengguna membuka penutup case, ia akan langsung mengenali dan menghubungkan ke ponsel secara otomatis, memberikan pengguna pengalaman mendengarkan musik yang seamless. Simpel.

Cukup dengan menyentuh salah satu sisinya selama beberapa detik untuk mengaktifkan Google Assistant. Rasakan pengalaman baru yang cerdas tanpa harus mengeluarkan ponsel anda dari saku untuk mengontrol musik, telepon, mengatur volume dan informasi-informasi lainnya seperti cuaca.

Dengan sentuhan cerdas darinya, pengguna dapat menjawab/mengakhiri panggilan, mengganti musik, dan mengaktifkan gaming Mode. Operasi yang mudah ini dapat memudahkan tangan pengguna untuk mengontrolnya.

Berikut beberapa trik memakai realme Buds Air Neo:

  • Sentuh dua kali: Menjawab panggilan telepon; menyalakan/menjeda musik
  • Sentuh tiga kali: Memainkan lagu selanjutnya.
  • Sentuh dan tahan pada salah satu sisi buds: Mengaktifkan asisten suara; mengakhiri panggilan telepon
  • Sentuh dan tahan kedua buds: Masuk/keluar dari Super Low Latency Mode

Baterai

Sektor ini cukup mencengangkan karena di atas kertas unit review realme ini dan case-nya diklaim bisa memberikan total 17 jam waktu untuk pemutaran musik. Kita pun bisa memantau baterai yang tersisa dengan melihat informasinya di HP tahu berapa baterai yang tersisa? Dapatkan informasi baterai langsung di ponsel anda.

Earbuds ini tak menyediakan wireless charging. Kita bisa mengecasnya melalui port micro-USB. Memang agak berbeda dari pendahulunya Buds Air yang menggunakan port USB Type-C.

Buds ini sudah didukung sertifikasi tahan percikan air IPX4 dan mengusung Bluetooth 5. Charging casenya mempunyai tombol pairing dan lampu indikator di bagian depan. Membuka penutupnya akan menghidupkan earphone.

Untuk pengecasan, earphone ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Charging case-nya mampu menjaga earphone tetap aktif hingga 15 jam lebih setelah dicharging sampai full. Tersedia juga low latency mode buat dipakai gaming. Jadi koneksi kita tidak terjeda dan tetap smooth saat nge-game.

Kesimpulan

Sebagai sebuah TWS terjangkau, unit review Buds Air Neo ini adalah produk yang menarik untuk dicoba. Dengan harga yang saat ini diberikan oleh vendor sekitar Rp 499.000, kita bisa menikmati TWS dengan kualitas suara yang bisa diandalkan, nyaman di telinga dan punya daya tahan hingga lebih dari 15 jam.

Cek Harga di Shopee

Spesifikasi

Tiperealme Buds Air Neo
WarnaPop White, Punk Green and Rock Red
CipR1 Headphone Chips
KontrolSentuh dua kali: Menjawab panggilan; memutar/menjeda musikSentuh tiga kali: Lagu selanjutnyaSentuh dan tahan di salah satu sisi: Asisten Suara; Akhiri panggilan telepon;Sentuh dan tahan kedua sisi: Masuk/Keluar Super Low Latency Mode
AplikasiHubungkan ke aplikasi realme Link untuk mendapat dukungan kontrol sentuh dan pembaruan firmware 
Driver13mm DBB Driver
PanggilanSingle MicENC (Environment Noise Cancellation Technology)
Tahan AirIPX4(earphones)
Konektivitas Bluetooth 5.0GFP (Google Fast Pair Technology)Jarak jangkauan 10 meter
Ukuran & BeratUkuran:Buds: 40.5mm*16.6mm*17.7mmCasing: 51.3mm*45.3mm*25.3mmBerat?Buds: 4.1gCasing: 30.5gTipe: Half-in Ear
Pengisian DayaMendukung pengisian daya Micro USB 
Daya Tahan BateraiHingga 17 Jam Pemakaian 
Paket Penjualanrealme Buds Air NeoCasing Kabel Micro USB Buku Panduan Singkat