Review realme C15: Solusi Murah Smartphone Baterai 6000mAh

#kamisukareview – realme kembali membuat kejutan di pasar Indonesia. Kali ini lewat unit review realme C15 yang kami pegang. Kenapa mengejutkan, karena ini adalah smartphone baterai besar 6000mAh harga terjangkau yang langsung dikombinasi dengan charger 18W. Slogannya saja “6000mAh With 18 Watt Quick Charge”.

Kejutan lainnya, smartphone ini pertama kali diperkenalkan secara global di Indonesia. Hebat.

Pokoknya, smartphone ini bakal jadi salah satu pilihan terbaik di rentang harga 2 jutaan. Menjadi smartphone realme pertama dengan baterai 6000mAh, serta jajaran ‘Entry-Level King’ perdana dengan Quick Charge 18W.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C15

Review realme C15

Seperti biasa, kita bongkar terlebih dahulu paket penjualan dari unit review realme C15 yang tengah kami pegang. Masih konsisten, realme tetap membungkus produknya dalam box berwarna kuning yang simpel dan polos.

Saat dibongkar, terdapat 1 unit smartphone yang terbungkus plastik. Kemudian beberapa lembar kertas yang terdiri dari buku panduan dan kartu garansi.

Di situ terselip pula SIM ejector, sektor ini punya 3 card slot lho, 2 Nano SIM dan MicroSD. Kemudian ada head charger dan kabel micro USB. Tak ada headset dalam paket penjualannya, namun realme sudah memasang lapisan anti-gores.

Rancangan Bodi

Mengamati desainnya, kami menemukan kemiripan konsep dengan unit review realme C11 yang pernah kami uji. Bedanya, smartphone terbaru ini memakai tema pola potongan warna yang disebut Geometric Gradient. Bentuk trapesium membagi penutup belakang menjadi 3 area dengan sudut garis yang berbeda.

Desain gradien geometris ini menghasilkan efek visual yang teratur dan tidak dapat diprediksi, yang unik di segmen entry level. Sedangkan untuk warna ada dua yakni marine blue dan seagull silver. Unit review yang kami pegang adalah warna kedua yang disebut juga dengan istilah camar perak.

review realme C15

realme mengklaim pemakaian mesin ukiran lima sumbu presisi dan setelah 300 menit polishing untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus ini. Selain jadi lebih atraktif, juga jadi lebih nyaman dipegang serta minim bekas sidik jari, bisa meredam serta tak licin di tangan.

Jujur, realme bisa meramu plastik polikarbonat di unit review ini jadi seperti bukan ‘plastik’. Modul kameranya berbentuk kotak dengan setup empat kamera letaknya di atas sensor sidik jari. Membuatnya jadi seri entry level pertama dengan quad-camera.

Smartphone ini memiliki port audio 3,5mm di area bawah, kemudian port micro USB dan lubang speaker. Memang belum Type-C, tapi bukan masalah karena masih banyak smartphone lain di pasaran yang menggunakan tipe ini.

Display

realme C15 Indonesia

Smartphone realme murah ini dilengkapi dengan layar seluas 6,5 inci 20:9. Area poni berkurang ukurannya (sebesar 30,9% dibandingkan dengan poni dewdrop normal) dan menghadirkan rasio layar hingga 88,7% yang memiliki lebih sedikit gangguan visual sembari menikmati kenyamanan yang dibawa oleh layar penuhnya.

Resolusi layar yang dipakai HD+. Untuk bermain game, menonton film atau streaming konten video sih sudah aman. Visualnya masih kelihatan halus kok.
Bidang pandang luas dan nyaman saat ditatap. Tapi kalau dibawa keluar ruangan atau di kondisi terik matahari gambar yang tertampil di layar agak menurun.

Nah, panel IPS LCD-nya harus disetting ke pengaturan brightness maksimal supaya gambar di layar kembali kelihatan.
Soal respon terhadap sentuhan, kami mengujinya dengan aplikasi Drum Kit.

Tes ini bisa memperlihatkan respon layar terhadap sentuhan. Ternyata responnya terhadap ketukan jari sudah lebih baik dari realme C11 biarpun masih ada delay tipis-tipis saat memainkan drum.

Performa

Sama seperti realme C11, smartphone realme terbaru ini dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio G35. Ini adalah chipset gaming yang membidik kelas entry level. Dapur pacu ini punya kinerja yang cukup bagus buat bermain game mainstream.

Tak gampang panas dan performanya cukup ngebut asal tak dibandingkan dengan smartphone menengah atas ya. Helio G35 ini merupakan prosesor delapan-inti dengan fabrikasi 12nm, 64 bit yang mampu mencapai clock speed 2.3 GHz, dan mengadopsi struktur Cortex A53.

Antutu realme C15

Komponen ini menjadikannya salah satu yang tercepat dan terbaru dalam kategorinya. Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna umum dan gamers karena dapat menangani sebagian besar aplikasi menengah dan berat yang umum digunakan.

Lumayan buat dipakai bermain Mobile Legends masih bisa setting rata kanan dengan grafis tinggi atau high.

PUBG gyroscope realme c15

Sementara untuk PUBG Mobile pengaturan grafis cukup di medium saja. Gameplay masih tetap memuaskan, tak ada lag berarti, hanya saja kualitas gambar kita tak bisa menikmati semaksimal di smartphone menengah ke atas.

Smartphone realme C15 akan tersedia dengan tiga varian yang ditenagai oleh LPDDR4X RAM. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100%. Opsi yang disuguhkan 3GB+64GB, 4GB+64GB dan 4GB+128GB.

Ini adalah seri C pertama yang menawarkan pilihan memori internal hingga 128GB.

Kamera

kamera hp realme C15

Unit review yang kami pegang hadir dengan konfigurasi empat kamera yang merupakan pertama di jajaran seri-C realme sehingga membuatnya menonjol dalam persaingan di segmen ini. Konfigurasi sensor yang disuguhkannya pun cukup menarik.

Kamera utama 13MP (wide) memakai aperture besar f/2.2 dengan dukungan PDAF yang menangkap fokus lebih cepat dan tepat. 4x zoom juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh.

Kemudian terdapat lensa sudut ultra lebar 8MP, f/2.25 dan 119 derajat. Bisa menangkap tampilan lebih luas didukung algoritma kalibrasi distorsi, membuat foto-foto bidang lebar terlihat lebih nyata dan natural.

desain kamera

Dan dua sensor pendukung 2MP (Lensa B&W dan Retro) memberikan dua efek artistik khusus. Kedua lensa ini dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap.

Banyak mode seperti slow motion, timelapse, HDR, Chroma Boost dan Nightscape. Nah, Mode Super Nightscape menjadikan realme C15 sebagai smartphone dengan fitur mode malam terbaik di segmennya. Algoritmanya mengambil beberapa foto dalam exposure berbeda lalu menggabungkan yang terbaik.

kamera selfie panel IPS

Di bagian depan, sebuah kamera selfie 8MP dapat mengambil foto dengan jelas dan jernih. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu Anda mengambil foto selfie lebih luas.

Secara keseluruhan memberikan Anda pengalaman kamera terbaik di segmennya. Kamera smartphone realme ini bisa merekam video dalam resolusi Full HD (1080@30fps) dan HD (720@30fps). Kualitasnya cukup bagus, tapi stabilisasinya memang tak terlalu menjanjikan.

Hasil Foto:

hasil foto
Night Mode Ultra Wide
hasil foto super nightscape
Auto Ultra Wide
foto night mode
Night Mode
Auto
hasil foto kamera
Auto
kamera selfie
Selfie Portrait
Auto
Auto
Auto Ultra Wide

OS & UI

android 10 realme UI

Smartphone ini memakai realme UI berbasis Android 10. realme UI dibangun dengan sangat baik untuk pengalaman Android yang ditingkatkan dan lebih dekat. Ikon dan tampilannya simpel, efisen, dirancang dengan mempertimbangkan 4 hal – warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi.

Gaya desain ini menghadirkan desain ikon minimalis dan dinamis, yang lebih jelas dan teratur. Pengguna tidak hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran ikon tetapi juga dapat mengubah ukuran grafik internal ikon. Dalam hal animasi sistem, realme UI dilengkapi dengan mesin animasi kuantum terbaru, yang meningkatkan kelancaran layar.

Fitur Lain

Smartphone realme ini memiliki sensor sidik jari yang terbenam di bodi belakang, responnya ultra cepat, hanya 0.27 detik. Ditambah dengan face unlock untuk melengkapi lock screen-nya.

Meski di atas kertas tak tercatat keberadaan gyroscope, tapi setting ini ternyata bisa diaktifkan para pecinta game PUBG Mobile. Lumayan kita bisa tengok sekeliling cukup dengan menggerakkan layar saja.

Ada juga Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) memakai earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan. Terdapat Mode Focus yang mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu) hingga Mode Gelap.

Kapasitas Baterai

Sektor ini sangat menarik karena realme C15 punya mega baterai 6000mAh. Keuntungan yang juga jadi nilai lebih smartphone ini dari produk lain di kelas harganya adalah dukungan 18W Quick Charge yang hanya membutuhkan waktu hanya 30 menit untuk mengisi 25% daya.

Menurut hasil tes di realme Lab, realme C15 sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby), bahkan jauh lebih baik dari beberapa smartphone flagship. Mendukung OTG reverse charging.

Untuk panggilan telepon bisa bertahan 46,4 jam, memutar Spotify bertahan 60 jam, bermain PUBG 10,15 jam, Instagram 23,81 jam dan Youtube 28,07 jam.

Baterainya didukung optimasi perangkat lunak yang canggih dapat membuat perbedaan yang lebih besar. Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization).

Ada juga Super Power Saving Mode supaya baterai menjadi lebih lama saat dipakai. Dalam mode ini, Anda dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif tanpa mengorbankan penggunaan sehari-hari.

Harga realme C15

Smartphone realme keluaran terbaru ini lagi-lagi memperlihatkan bahwa sang vendor mendengarkan konsumennya. Semua permintaan dipenuhi dengan menghadirkan smartphone yang bisa mewakili berbagai aspek, mulai harga, daya tahan, performa hingga desain.

Harga dengan opsi memori 3GB+64GB dapat dibeli dengan harga Rp 1.999.000 sedangkan untuk opsi memori 4GB+64GB dapat dibeli dengan harga Rp 2.199000. Dan opsi 4GB+128GB seharga Rp 2.499.000.

Kelebihan dan Kekurangan realme C15

Sebagai catatan terakhir untuk panduan pembelian, kita harus tahu kelebihan dan kekurangan dari unit review realme C15. Kelebihan yang jadi sorotan tentu saja kombinasi baterai 6000mAh dan Quick Charge 18W dalam paket penjualan. Sangat mematikan, karena jarang ditemukan di pasaran untuk saat ini dan di segmen harganya.

Prosesornya pun masih cukup powerful di segmennya, disokong dengan Quad Camera yang bertenaga untuk smartphone kelas 2 jutaan. Membuatnya sangat kompetitif dalam menghadapi para rivalnya. Seri ini juga punya pilihan memori internal hingga 128GB lho dan dapat diperluas lagi hingga 256GB.

Tapi ada hal yang juga harus diperhatikan seperti resolusinya yang masih HD+ serta pemakaian port microUSB. Kedua aspek ini bukan masalah besar sebenarnya, tapi kalau saja bisa diupgrade tentu bakal lebih kekinian dan performanya jadi lebih mantap.

Nah, gimana tertarik memboyong smartphone ini? realme menawarkan harga spesial selama periode Flash Sale Lazada, hari ini jam 18:00 WIB dan besok jam 10:00 WIB di tautan berikut https://bit.ly/realme-C15

Spesifikasi Realme C15:

ProsesorMediaTek Helio G3512nm proses produksi Cortex A53 2.3Ghz
RAM & Memori Internal 3GB+64GB 4GB+64GB4GB+128GBKapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB
Layar6,5 inchi (16,5cm) FullscreenResolusi HD+ 720*1600Rasio Layar 88,7%
WarnaMarine BlueSeagull Grey
Baterai6000mAh9V2A pengisian daya Lubang Micro USB Mendukung OTG reverse charging 
Kamera 13MP Ultra-wide Quad Camera Utama?13MPPDAFf/2.2 ApertureHDRChroma BoostSlo-mo5P Lens
Ultra-wide Angle8MPf/2.25FOV 119°
B&W Lens?2MPf/2.4 Aperture
Retro Lens?2MPf/2.4 Aperture
Video720p / 1080p, 30fps
Kamera Depan AI 8MP 5P LensAI Beauty HDRPanoramic ViewTimelapse
KonektivitasMendukung 2.4G Wi-FiMendukung Bluetooth 5.0
Ukuran & BeratUkuran: 164.4mm*75.9mm*9.8mmBerat: 209g
SensorGPS/Beido/GlonassMagnetic Induction SensorLight SensorProximity SensorAccelerometer SensorFingerprint
Sistem Operasirealme UI berdasarkan Android 10
Paket Penjualanrealme C159V2A Adapter *1Kabel MicroUSB *1Kartu Garansi *1Panduan Cepat *1Alat Pelontar Kartu SIM *1Lapisan Pelindung Layar *1

Hari Pitrajaya

Ordinary man in this extra ordinary world.