Review Realme C17: Smartphone 2 Jutaan Dengan ROM 256GB & Layar 90Hz

#kamisukareviewrealme memperkuat pondasi lini produk C-series dengan menambahkan keluarga baru yakni C17. Dan buat yang penasaran, di meja redaksi sudah ada unit review realme C17 yang akan kami kupas tuntas spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangannya.

Sebelum membahas lebih lanjut, patut diketahui jika realme C17 diklaim sebagai salah satu smartphone terbaik harga 2 jutaan dengan RAM 6GB dan memori internal 256GB. Terobosan juga dihadirkan dengan dukungan refresh rate layar 90Hz di rentang harga sama.

Selain itu, realme C17 dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh dengan pengisian daya cepat 18W Quick Charge. Tak heran, buat introduksi ke pasar, sang vendor mengibarkan slogan ‘Memori Cadas, Layar Super’. Nah, semakin excited kan? Yuk simak ulasannya.

Review realme C17

review realme c17 indonesia

Kewajiban pertama sebelum memulai review, kita unboxing unit realme C17 ini. Buat box-nya, realme masih tetap konsisten membungkus produknya dalam kemasan berwarna kuning yang simpel dan polos. Saat dibongkar, terdapat 1 unit realme C17 yang terbungkus plastik.

Kemudian ada lembaran kertas yang terdiri dari buku panduan dan kartu garansi. Di dalam kotak penjualan realme C17, kami menemukan adaptor 18W Quick Charge, kabel USB type-C, Casing Silikon, Lapisan pelindung layar yang sudah terpasang dan terselip SIM ejector untuk membuka tray dengan 3 card slot lho, 2 Nano SIM dan MicroSD. Tak ada headset dalam paket penjualannya.

unboxing realme c17

Rancangan Bodi

Kesan pertama saat memegang unit review realme C17 adalah desainnya yang cukup identik dengan realme 7i. Rancangan bodinya termasuk istimewa buat smartphone harga 2 jutaan. Berbeda dengan seri C lainnya, realme C17 memiliki dua gaya visual yang berbeda, yang menurut kami terlihat atraktif dan segar.

Gaya visual pertama adalah biru tua reflektif dengan efek yang disorot, dan yang lainnya adalah biru muda dengan efek buram AG, menghadirkan nuansa yang sama sekali berbeda. Dari segi pengerjaan, kedua warna ini juga berbeda. Versi biru muda memiliki lapisan tambahan AG coating untuk memberikan hasil matte.

desain realme c17

Selain itu, realme C17 memiliki nuansa yang lebih premium dengan bentuk modul kamera persegi panjang yang terdapat di seri 7. Sementara itu, cahaya di bagian belakang juga berasal dari area kamera dan menyatu dengan pusat visual bagian belakang, meningkatkan keselarasan desain sampul belakang secara keseluruhan.

Smartphone realme terbaru ini punya punch hole di kiri atas layar sentuh. Tekstur bodinya kesat, tak licin jadi enak dipegang. Desainnya termasuk tipis (8,5mm) dan ringan (188g), padahal smartphone ini punya kapasitas baterai jumbo. Menariknya, semua lubang di smartphone realme C17 kedap air dengan pelindung silikon yang secara efektif mencegah percikan air.

Display

layar 90hz

Kelebihan realme C17 memiliki kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz dalam bentang 6.5 inci. Mampu menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan mulus dengan setiap gesekan layar.

Mirip seperti realme 7i, smartphone ini didukung bentang layar 6,5 inci dan screen to body ratio 90%. Juga memiliki rasio layar 20:9, 1600×720 resolusi HD+ dan tingkat kecerahan 600nits. Vendor juga menyuntikkan Eye Protection pada layar yang dapat diatur waktu secara otomatis untuk aktif. Dibungkus pula dengan Corning Gorilla Glass 3.

Dengan resolusi layar HD+, dipakai buat bermain game, menonton film atau streaming konten video cukup memuaskan dengan visual halus. saat ditatap. Tapi saat dipakai di kondisi terik matahari, gambar yang tertampil di layar agak menurun.

Terkait respon layar terhadap sentuhan, kami menggunakan aplikasi Drum Kit. Lewat tes ini, kami merasakan responnya terhadap ketukan jari masih ada delay tipis-tipis, terutama saat memainkan drum dengan tempo cepat.

Performa

spesifikasi realme c17

Jika bicara soal performa, apa yang disuguhkan realme C17 cukup menarik. Pasalnya, seri ini hadir dengan chipset besutan Qualcomm. Beda dengan beberapa seri C terakhir yang memakai produk hasil pabrikan Mediatek. Bahkan, seri ini cenderung lebih mewarisi gen realme 7i. Desain mirip dan sama-sama berbasis Snapdragon.
.
Unit review realme C17 yang kami uji mengadopsi prosesor Snapdragon 460. Dapur pacunya dibuat dengan menggunakan proses 11nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. Chip ini juga dilengkapi dengan struktur Kryo 240 di CPU dengan clockspeed 1.8Ghz dan Adreno 610 GPU. Pengolah grafisnya setara dengan chipset Snapdragon 622.

Dapur pacu besutan Qualcomm ini cukup reliable dan punya kinerja bagus buat bermain game mainstream. Tak gampang panas dan performanya cukup ngebut menangani multitasking. Bisa melahap aplikasi menengah dan berat yang umum digunakan tanpa lag.

Untuk dipakai bermain Mobile Legends masih bisa setting rata kanan dengan grafis tinggi atau high.Sementara untuk PUBG Mobile pengaturan grafis cukup di medium saja. Gameplay masih tetap memuaskan.

realme C17 hadir dengan konfigurasi memori paling besar yang di kelasnya termasuk di seri C yaitu 6GB LPDDR4x +256GB UFS 2.1 yang masih dapat ditambah dengan MicroSD hingga 256GB. Konfigurasi memori besar ini hanya khusus untuk pasar Indonesia, seri C pertama yang menawarkan pilihan memori internal hingga 256GB.

Memori sebesar 256GB dapat menampung 10GB file video, 1,5GB foto, 500MB dokumen, 2GB aplikasi, 1GB file musik dan masih tersisa sekitar 221GB lagi. Sepengalaman kami menggunakan smartphone sebesar 256GB, tidak khawatir dalam mendownload aplikasi. Didukung dengan RAM 6GB sehingga diajak multitasking atau bermain game masih cukup mumpuni.

Kamera realme C17

harga realme c17

Kamera unit review realme C17 ini ternyata punya kemiripan dengan realme C15. Hadir dengan konfigurasi empat kamera, setidaknya cukup menjanjikan sebagai pelengkap aspek lain seperti baterai, prosesor dan lain-lain. Membuatnya jadi perangkat komplit dengan kemampuan memadai.

Kamera utama 13MP (wide) memakai aperture besar f/2.2 dengan dukungan PDAF yang menangkap fokus lebih cepat dan tepat. 4x zoom juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh.

Auto HDR
Auto HDR + Chroma Boost

Kemudian terdapat lensa sudut ultra lebar 8MP, f/2.25 dan 119 derajat. Bisa menangkap tampilan lebih luas didukung algoritma kalibrasi distorsi, membuat foto-foto bidang lebar terlihat lebih nyata dan natural.

Ultra Wide Angle + Chroma Boost
Auto Ultra Wide Angle

Dan dua sensor pendukung 2MP (Lensa B&W dan Retro) memberikan dua efek artistik khusus. Kedua lensa ini dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap.

Auto dengan backlight
Nightscape Mode

Di bagian depan, sebuah kamera selfie 8MP dapat mengambil foto dengan jelas dan jernih. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu Anda mengambil foto selfie lebih luas.

Portrait Mode
Auto
Selfie

Secara keseluruhan memberikan Anda pengalaman kamera terbaik di segmennya. Banyak mode seperti slow motion, timelapse, HDR, Chroma Boost dan Nightscape.Kamera smartphone realme ini bisa merekam video dalam resolusi Full HD (1080@30fps) dan HD (720@30fps). Kualitasnya cukup bagus, tapi stabilisasinya memang tak terlalu menjanjikan.

OS & UI

kelebihan hp realme

Smartphone ini memakai realme UI berbasis Android 10. realme UI dibangun dengan sangat baik untuk pengalaman Android yang ditingkatkan dan lebih dekat. Ikon dan tampilannya simpel, efisien, dirancang dengan mempertimbangkan 4 hal – warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi.

Gaya desain ini menghadirkan desain ikon minimalis dan dinamis, yang lebih jelas dan teratur. Pengguna tidak hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran ikon tetapi juga dapat mengubah ukuran grafik internal ikon. Dalam hal animasi sistem, realme UI dilengkapi dengan mesin animasi kuantum terbaru, yang meningkatkan kelancaran layar.

Fitur Lain

kekurangan hp realme

Unit review realme C17 memiliki sensor sidik jari yang terbenam di bodi belakang, responnya ultra cepat, hanya 0.27 detik. Ditambah dengan face unlock untuk melengkapi lock screen-nya. Meski di atas kertas tak tercatat keberadaan gyroscope, tapi setting ini ternyata bisa diaktifkan para pecinta game PUBG Mobile.

Ada juga Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) memakai earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan. Terdapat Mode Focus yang mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu) hingga Mode Gelap.

Kapasitas Baterai

Seri C realme terkenal sebagai seri yang menawarkan baterai besar. Begitu pula dengan realme C17 dilengkapi baterai besar 5000mAh plus pengisian daya cepat 18W Quick Charge kombinasi yang banyak ditanyakan oleh realme Fans untuk menghadirkan pengisian daya cepat untuk baterai besar.

Berdasarkan pengujian di realme Lab, realme C17 dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya. Dengan pengisian balik OTG khusus, realme C17 juga dapat menjadi penghemat baterai Anda. realme C17 dilengkapi dengan 18W Quick Charge, butuh waktu 30 menit untuk mengisi sampai 33%.

Baterainya didukung optimasi perangkat lunak yang canggih dapat membuat perbedaan yang lebih besar. Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization).

Ada juga Super Power Saving Mode supaya baterai menjadi lebih lama saat dipakai. Dalam mode ini, Anda dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif tanpa mengorbankan penggunaan sehari-hari.

Kami menguji realme C17 dalam mode hemat daya super, hasilnya sangat mengesankan. Anda menghabiskan 5% baterai dalam menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 1,2 jam. Dan jika Anda ingin mencari tempat untuk mengisi daya telepon, 38 jam sangat mudah bagi Anda untuk menemukan pengisi daya.

Harga realme C15

Harga realme C17 dengan opsi memori 6GB+256GB dapat dibeli dengan banderol Rp 2.xxx.000. Smartphone realme keluaran terbaru ini memposisikan diri di atas realme C15. Mewakili permintaan pasar yang menginginkan lini produk C Series yang dibenami dengan chipset besutan Qualcomm.

Keberadaan unit review realme C17 ini cukup menarik. Setidaknya menambah variasi di segmen 2 jutaan. Di pasaran sendiri,seri ini bisa mengisi ceruk harga yang belum tersentuh oleh para rival serta keluarga C-Series.

Kelebihan dan Kekurangan realme C17

Jika bicara kelebihan dan kekurangan realme C17 ada beberapa aspek yang penting disorot, Kelebihan realme C17 yang menonjol adalah konfigurasi memori paling besar yang di kelasnya yaitu 6GB+256GB yang masih dapat ditambah dengan MicroSD hingga 256GB.

Baterainya yang berkapasitas 5000mAh pun masih cukup relevan jika disebut sebagai keunggulan. Didukung port pengisian via USB Type-C dan Quick Charge 18W dalam paket penjualan. Termasuk kelebihannya adalah refresh rate layar 90Hz Ultra Smooth Display dan quad camera.

Kekurangan realme C17 mungkin ada pada resolusi layarnya yang masih HD+ serta pemakaian panel IPS LCD. Kedua aspek ini bukan masalah besar sebenarnya, tapi kalau saja bisa diupgrade tentu bakal lebih kekinian dan performanya jadi lebih istimewa.

Spesifikasi Realme C17:

ProcessorSnapdragon 662CPU?Kryo 240, Octa-core, up to 2.8GHzGPU?Adreno 610
Storage & RAM6GB + 256GBRAM?6GB LPDDR4x dual-channelROM?256GB UFS 2.1
Display90Hz Ultra Smooth Display6.5” (16.5cm) FullscreenResolution?1600*720 FHD+Screen-to-body ratio?90%Corning Gorilla Glass 3
ColorNavy Blue and Lake Green
Charging & Battery18W Quick Charge5000mAh?typ?Includes an 9V/2A charger & cableUSB Type-C port
Camera13MP AI Quad Camera: Rear Camera13MP f/2.2, 5P lens
8MP Ultra wide-angle LensFOV 119°, f/2.2, 5P lens
2MP B&W Portrait Cameraf/2.4, 3P lens
2MP Macro lens4cm focus, f/2.4, 3P lens
Photography function?Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra-wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, Portrait Mode
Video recording?Support 1080P/30fps, 60fps video recordingSupport 720P/30fps, 60fps video recording
In-display Selfie: 8MP Primary cameraFOV 78.5°, f/2.0, 5P lens
Photography function?Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR, Face-Recognition, Filter
Video recording?Support 1080P/30fps video recordingSupport 720P/30fps video recording
Cellular & Wireless3-Card Slot2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot
Wireless network2.4/5 GHz802.11 a/b/g/n/acBluetooth 5.0
NavigationGPS / AGPS/ Glonass / Beidou
Size & WeightHeight: 164.1mmWidth: 75.5mmDepth: 8.5-8.9mmWeight?188g
SensorsMagnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor
Operating Systemrealme UIBased on Android 10
Packing Listrealme C1718W Quick ChargerUSB Type-C CableProtect CaseProtect FilmSIM Card ToolImportant Info Booklet with Warranty Card

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”