Review realme C3: HP Gaming Murah Meriah

#kamisukareview – Sejak kehadiran realme, perang smartphone di semua segmen pasar menjadi kian sengit. Makanya, kedatangan unit review realme C3 di meja redaksi membuat kami excited. HP entry level ini punya spesifikasi sangar yang membuatnya jadi ancaman serius buat rivalnya. 

Bukan rahasia jika realme C series adalah salah satu lini produk yang sukses membukukan penjualan terbanyak di Indonesia. Dan bukan hal aneh jika realme merasa wajib menghadirkan penyambung generasi sebelumnya. C3 adalah jawabannya. 


Triple Camera Game Monster

Kamera realme c3

Satu hal menarik yang kami catat, realme memakai slogan “Triple Camera Game Monster”. Artinya, mereka cukup percaya diri saat mempersembahkan HP murah ini. Harga sejutaan tapi mereka berani sesumbar bahwa HP realme terbaru ini siap digenjot sebagai smartphone gaming dan punya triple camera. 

Untuk pasar Indonesia, realme C3 bahkan datang dengan fitur lebih sempurna dibandingkan versi India. Pokoknya, bos realme Indonesia mengklaim jika smartphone ini unggul dalam 4 aspek. Ia meringkasnya dengan istilah ‘4C’: Prosesor canggih, kamera cakep, baterai cadas dan layar cetar.

Unboxing Realme C3

Unboxing hp realme c3

Seperti biasa, sebelum mulai, kami intip terlebih dahulu isi box dari unit review realme C3. Satu per satu kami keluarkan isi yang ada di dalam kotak berwarna kuning menuju oranye ini. Unit HP terbaru dengan warna biru dibagian belakangnya adalah kelengkapan pertama yang kami keluarkan dari dalam dus. 

Kemudian kami mendapati buku panduan dan kartu garansi yang memang sudah jadi standar dalam box. Setelah itu kami menemukan kabel data serta kepala charger dalam kondisi terpisah. Tapi kami tak menemukan headset di dalam dusnya.

Rancangan Bodi

Desain realme sunrise

HP ini punya mini drop notch yang ditempelkan pada bagian dahi, untuk menampung kamera selfie resolusi 5MP. Selebihnya, area depan adalah layar seluas 6,5 inci yang memiliki resolusi HD+ dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Buat proteksi tambahan, unit realme C3 yang kami pegang ini sudah dilapisi plastik anti gores juga.

Rancangan bodi belakang realme C3 membuat kita lupa kalau seri ini membidik segmen entry level. Menurut kami, finishing area belakang ini cukup atraktif yang disebut Sunrise Design. Semburan cahaya terlihat memancar dari sudut atas mengarah ke sekeliling bodi. Unit review yang kami pegang punya warna Frozen Blue.

Biarpun terbuat dari bahan polikarbonat, teksturnya terasa di jari alias bukan hanya sekedar permukaan polos. Tak ada jejak sidik jari menempel dan grip-nya pun tidak licin sehingga potensi tergelincir saat dipegang bisa diminimalisir. 

Bezelnya sebenarnya tak terlalu tebal, hanya bagian dagu mungkin yang terlihat menonjol. Buat kategori HP entry level sih masih kelihatan oke dan tidak ketinggalan. Untuk memangkas harga, pemakaian IPS LCD sudah tepat karena kualitasnya tetap bisa dipertanggungjawabkan. Tetap nyaman di mata, enak disentuh jari. Warna dan detil gambar masih asyik dipakai bermain game atau menonton film. 

Bagaimana respon terhadap sentuhan? Hasil experience kami menjawab: Baik. Ya, area touchscreen sensitif dan bisa menerima sentuhan dengan sempurna. Tak ada keluhan soal ini, Bodinya pun tak terlalu bongsor, masih enak saat dipegang dengan satu jari atau dimainkan dengan dua tangan.   

Jika mengintip di ruas bawah terlihat bahwa unit review realme C3 yang kami uji mengandalkan port micro USB 2.0. Ternyata sudah mendukung USB On-the-Go, lumayan sih. Port ini juga menjadi perantara dalam mengisi baterai via charger 10W yang disertakan dalam paket penjualan. Selain speaker bawaan ada port audio 3,5mm. 

Slot sim dan micro sd

Seri ini punya tiga slot kartu di bagian sisi kirinya yang terdiri dari dua slot kartu SIM dan satu slot microSD. Di sudut kiri atas bodi belakang, terdapat rangkaian kamera dengan dudukan menonjol keluar. Agak disayangkan, karena membuat lis pelindungnya gampang terbentur dan tergores. Di panel belakang ini juga terdapat sensor sidik jari.

Prosesor dan Memori

Realme C3 adalah handphone pertama di Indonesia dengan prosesor MediaTek Helio G70. Diklaim sebagai yang terbaik di segmen entry level dan disokong dengan MediaTek Gaming Technology untuk mengoptimalkan latensi jaringan. 

Sekedar informasi saja, Helio G70 dibangun dari fabrikasi 12nm octa-core yang memiliki kecepatan hingga 2.0 GHz, menjadikannya salah satu yang tercepat di kategorinya. Tak hanya itu, realme C3  dijejali dengan GPU ARM Mali-G52 yang memiliki kinerja tinggi namun efisien.

Chipset pada HP realme terbaru ini benar-benar membuat kami penasaran. Tak heran, begitu memegangnya, kami langsung menginstal beberapa game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Untuk grafis, semua setting langsung kami atur rata kanan alias yang paling maksimal yang bisa dipakai di HP ini. 

Realme c3 gaming monster

Dan terbukti, dukungan fitur seperti Display Latency Optimization dan MediaTek Helio G70 ini benar-benar mampu memberikan waktu respon lebih cepat, kontrol layar lebih akurat dan mampu meningkatkan fluiditas layar sentuh.

Pengalaman visual yang dihadirkan chipset melalui Premium Picture Quality yang mendukung True Color mampu memberikan kontras layar yang lebih baik, output yang lebih cerah dan menampilkan gambar yang lebih jelas saat bermain game dan menonton video.

So far, HP realme murah ini bisa memberikan kualitas terbaik sesuai slogan ‘Game Monster’. Untuk kategori seri entry level harga sejutaan, dapur pacunya sangat powerful dan nyaman dipakai buat bermain game berat. Eexperience gaming 3D seperti PUBG Mobile nyaris tak pernah terganggu dengan setting rata kanan. 

HP realme ini ditenagai oleh RAM LPDDR4X yang mampu meningkatkan kinerja grafis hingga 20% dan kinerja RAM sebesar 100%. Juga dilengkapi slot tiga kartu dengan slot SIM ganda dan slot kartu SD yang dapat diupgrade hingga 256GB. Unit review realme C3 yang kami uji memiliki RAM 3GB dan memori internal 32GB. 

Sistem Operasi

realme C3 sudah memakai sistem operasi berbasis Android 10 dan realme UI versi 1.0. Sang vendor kini sudah menawarkan kustomisasi khusus alias tak lagi memakai antarmuka besutan ‘sang kakak’. Meskipun begitu, masih ada beberapa karakter dan style ColorOS yang terbawa. 

realme UI ini mengandalkan tampilan yang relatif simpel dan memiliki karakteristik mendekat stock Android. Elemen ikon yang ada dibuat praktis dan lebih optimal untuk penggunaan satu tangan. Dalam hal animasi sistem, realme UI dilengkapi dengan mesin animasi kuantum terbaru, yang mampu meningkatkan kelancaran layar.

Review os realme c3

Sekarang pengguna tidak hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran ikon tetapi juga dapat mengubah ukuran grafik internal ikon. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, realme UI memiliki 4 fitur trendi yang dapat disesuaikan: Focus Mode, Dual-Mode Music Share, Three-Finger Screenshot Gesture dan Personal Information Protection.

Ada juga fitur seperti Game Space yang diperbarui, dan built-in screen recording yang kini bisa merekam suara sistem secara langsung tanpa melalui mikrofon. Unit review realme C3 ini juga mendukung fingerprint unlock dan face recognition yang dapat membuka kunci smartphone dengan satu klik atau pandangan.

Kemampuan Kamera realme C3

Di sini, realme C3 lebih unggul dari versi India. Pasalnya, realme Indonesia menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Sementara untuk pasar India hanya memakai dual camera. 

Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25m yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat melakukan zoom hingga 4X dan mendukung autofokus PDAF.

Kamera realme c3

Saat dijajal, kamera HP ini memang sanggup membuat foto menjadi jelas di siang hari serta terang di lingkungan yang kurang cahaya dan gelap. Triple camera di HP ini juga mendukung efek bokeh.Kameranya memiliki fitur menarik seperti Chroma Boost, mode portrait, dan perekaman video slo-mo yang sulit ditemukan di segmen entry-level.

Selain itu, kamera realme C3 juga mendukung mode HDR otomatis. Ketika dihidupkan, kamera dapat menyimpan highlight dan detail gelap dalam gambar untuk mendapatkan gambar yang akurat dengan detail yang melimpah dan lebih banyak warna.

Kameranya mendukung perekaman video 1080p dan video slo-mo hingga 120 fps. Di bagian depan, realme C3 memiliki kamera selfie 5MP. Kamera selfienya mendukung fungsi Beauty AI, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie yang dapat mengambil foto selfie yang lebih luas. Namun untuk video kurang stabil jika kita merekam dalam keadaan bergoyang. 

Hasil kameranya bisa kalian lihat di bawah. 

Kapasitas Baterai realme C3

Untuk saat ini, banyak yang mulai menjadikan kapasitas baterai sebagai salah satu patokan awal dalam memilih smartphone. Baterai 5.000 mAh realme C3 yang sangat besar untuk menikmati hiburan yang lebih lama. Di atas kertas, sang vendor menyebut jika HP ini memilki 727,7 jam waktu siaga, 19 jam mendengarkan musik favorit dan 20,8 jam menonton film.

Saat pengujian langsung, HP ini ternyata bisa dipakai lebih dari satu setengah hari untuk pemakaian kasual. Sementara untuk pengecasan memakan waktu sekitar 3,5 jam dari nol hingga terisi penuh. Harap dimaklumi karena vendor hanya menyertakan charger 10W. Hal menarik dari realme C3, ia sudah mendukung reverse charging alias bisa menjadi power bank untuk mengisi baterai perangkat lainnya.

Harga realme C3: Beli atau Tidak?

Harga realme C3 dibanderol Rp 1.699.000. Klaim sang vendor bahwa, HP ini adalah raja entry level paling kuat berkat prosesornya memang bukan hanya jargon semata. Kami sudah membuktikan sendiri performanya. Buat gamers dengan budget terbatas, rasanya HP ini sangat direkomendasikan. Apalagi seri ini punya baterai kuat. 

Bicara sektor desain pun, seri ini punya tampilan yang cukup atraktif. Realme tak hanya asal-asalan dalam memoles material bodinya, selain terlihat cantik, sang vendor sukses menyembunyikan citra ‘murah’ berkat rancangan berkualitas. 

Bagaimana dengan kamera? Kehadiran triple camera adalah usaha realme untuk membuatnya terlihat punya kelebihan di sektor kamera. Sejauh ini, hasil foto dan rekam videonya tak terlalu mengecewakan. Untuk soal ini kami hanya bisa memberikan penilaian standar saja. Tak terlalu bagus tapi memuaskan. 

Spesifikasi realme C3:

  • Layar: 6.5 inci, HD+, IPS LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Chipset: MediaTek Helio G70 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55)
  • GPU: ARM Mali-G52
  • RAM: 3GB
  • ROM: 32 GB, slot microSD
  • OS: Android 10, realme UI 1.0
  • Dimensi: 164.4mm x 75.mm x 9mm
  • Berat: 195 g
  • Warna: Frozen Blue, Blazing Red
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh 
  • Kamera Utama: 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.8″, 1.25µm, PDAF; 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera); 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
  • Kamera Selfie: 5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/25″, 1.12µm
  • Video: 720p / 1080p, 30fps Slo-Mo (120fps / 480p)
  • USB: microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor Sidik Jari: Ada

Cek Harga di ShopeeCek Harga di LazadaCek Harga di Blibli