Review Realme X: Spek Premium di Harga Minimum

#kamisukareview – Realme semakin ‘real’ saja di pasar. Ini yang membuat kami tertarik untuk mempersembahkan review Realme X, amunisi baru mereka yang tengah menyerbu pasar Indonesia.

Sepertinya mulai susah menyingkirkan nama ‘anak baru’ ini dari peta persaingan smartphone Indonesia. Realme X, seri terbaru langsung bisa meledak, menarik perhatian konsumen sekaligus membuat jengah kompetitor.

Jadi begini, pokoknya untuk sekarang, setiap HP baru yang dirilis Realme langsung menjadi bahan gosip. Minimal diperhatikan baik oleh para haters maupun pecintanya. Intinya, merek ini lagi seksi-seksinya dan barang yang dikeluarkan pun selalu punya daya tarik.

Makanya, kami tidak bisa banyak berkomentar saat muncul klaim kalau Realme berhasil mengukuhkan diri menjadi top 5 brand smartphone di Indonesia.

Kurang dari setahun lho, merek baru ini sudah memperkuat posisinya sebagai brand HP paling berkembang di Indonesia. Dan, yang bilang adalah Counterpoint. Dan Realme tidak berhenti lho, mereka terus melempar produk baru mendesak para pesaingnya.

Dan, ngomong-ngomong soal produk baru Realme X, antusiasme netizen ternyata cukup tinggi. Bisa dicek di Instagram kita, begitu harga resmi HP Realme ini dipasang, respon follower di atas rata-rata.

Nah, kami kebetulan sudah mendapatkan Realme X untuk diuji. Kabarnya Realme X ini punya kelebihan di sektor desain, kamera depan dan beberapa fitur tertentu. Lalu bagaimana review Realme X varian RAM 8GB/ ROM GB seharga Rp 4 jutaan yang sedang kami pegang ini? Simak ulasannya. 

Kamera Selfie

Sudah paham kan kenapa sektor ini kami review lebih dulu? Kamera selfie HP Realme ini memang menjadi area yang paling menonjol dan dijamin jadi salah satu faktor yang membuat kamu penasaran? Betul tidak?

Ini kali pertama Realme memakai terobosan baru kamera selfie pop-up yang disematkan di tengah. Kamera ini bersembunyi di bagian atas bodi.

Untuk memunculkannya, kamu tinggal membuka aplikasi kamera dan tekan tombol switch kamera selfie. Saat kami akses, kamera selfienya hanya butuh waktu kira-kira kurang dari sedetik untuk muncul ke permukaan.

Begitu melihat posisi kamera periskopik yang menonjol keluar, kami spontan berpikir, ‘Kalau jatuh pas kameranya nongol gimana?” Ternyata Realme sudah mengantisipasinya karena unit review Realme X ini bisa mendeteksi kondisi dan situasi saat smartphone bergerak jatuh. 

Karena penasaran, kami coba menjatuhkan unit review Realme X ini dan ternyata kamera selfienya langsung masuk otomatis dalam hitungan detik saat jatuh langsung disusul notifikasi yang muncul di layar menanyakan apakah kamu hendak memakai kamera lagi atau tidak. Keren.

Selain itu, Realme juga menegaskan jika mekanisme po-upnya sudah teruji hingga 200 ribu kali dalam pemakaian normal. Tahan dipakai hingga 10 tahun dengan 50 foto selfie per hari. Ya kali kita pakai selama 10 tahun, mungkin setahun aja kamu sudah ganti lagi yang baru.

Permukaan kamera unit review Realme X ini dilapisi oleh kaca safir untuk ketahanan gores yang maksimal, melindungi lensa kamera dari goresan saat proses pengangkatan kamera. Spesifikasi kamera depan Realme X ini juga cukup galak, 16MP dengan sensor Sony IMX471.

Beberapa fitur tersedia mulai dari AI Beauty, mempercantik foto group dan mempercantik foto secara manual, untuk pengalaman selfie yang sempurna. Kamu juga bisa menambahkan efek bokeh saat selfie, hasil blurnya cukup bagus dan rapi dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

selfie realme x
hasil foto selfie kondisi low light
realme x selfie group
hasil foto selfie group bokeh

Selain itu, kamera depan unit review Realme X ini punya AI scene recognition yang bisa menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan saat memotret. Kemampuan low light-nya cukup prima, karena hasil selfie dalam ruangan gelap masih terlihat maksimal.

Di bagian pengaturan (ikon di sudut kiri atas dalam posisi landscape atau kanan atas dalam posisi portrait), kita bisa mengganti photo ratio, memakai gesture untuk memotret, membalik posisi foto selfie, menambahkan watermark. 

Untuk opsi video, tersedia pilihan resolusi 720p dan 1080p pada frame rate 30 fps. Hasilnya lumayan bagus ternyata, kamu bisa merekam secara optimal biarpun dalam kondisi cahaya kurang. Hanya saja stabilisasinya standar, goncangan saat merekam video masih terlihat kurang smooth.

Kamera Utama

kamera utama realme x

Sensor utama di kamera belakang memakai Sony IMX586 yang punya resolusi 48MP ditemani sensor sekunder 5MP. Lumayan gagah sih untuk segmen harga yang jadi sasaran. Kamera utama punya sensor 1/2.0 inci dan aperture f/1.7 yang besar. 

Kualitas kamera utama dari unit review yang kita pegan ini menurut kami cukup baik. Realme X mendukung mode Nightscape berdasarkan format RAW dan mode Chroma Boost, jadi gambar dalam kondisi gelap masih bisa tertangkap dengan detil dan warna yang tetap tajam. 

Apalagi ditambah kecerdasan buatan, kamu bisa memotret dengan hasil maksimal dalam berbagai kondisi dan scene. Beberapa ramuan dibenamkan mulai dari peningkatan gambar dan algoritma anti-shake, mode malam dalam kondisi minim cahaya. Hasilnya bisa dilihat sendiri, eksposur, detail, dan kejernihan tak mengecewakan.

foto realme night mode 2
foto realme night mode

Kamu juga wajib tahu jika unit review Realme X yang kami pegang ini memiliki perekaman video slo-mo 960fps/720P dan 120 fps/1080P, sementara produk kompetitor di kelasnya hanya mendukung perekaman slo-mo 120 fps. 

Saat memasuki bagian pengaturan tersedia banyak pilihan mulai dari photo ratio, timer, shutter sentuh, dst. Sayang dalam photo ratio tak tersedia pilihan resolusi, hanya ada pengaturan format photo mulai dari 4:3, 1:1, full screen.

Secara umum, fitur yang tertanam di kamera Realme X cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu sebagai pencinta fotografi. Pilihan seperti Portrait (untuk efek bokeh), Ultra 48MP, Night Scape hingga Expert (fungsi manual layaknya kamera DSLR) menjadikan menarik dipakai mengeksplorasi fotografi malam hari hingga mengabadikan keindahan warna-warni alam.

foto review realme x

Kelengkapan

Realme x box

Dalam dus berwarna dominasi putih, kami mendapati unit review Realme X dalam warna ‘Putih Kutub’ atau Polar White. Sebenarnya ada juga pilihan warna lain yaitu Space Blue. Warna Realme X yang kami pegang terlihat simpel tapi elegan.

Selain HP yang menjadi unit utama dalam dus, kami mendapati pelindung bodi berbahan plastik lentur berwarna transparan, buku manual penggunaan, kartu garansi, ejector SIMcard, adapter VOOC, dan tentu saja kabel data berjenis USB Type C. Hanya saja kamu tidak akan menemukan earphone atau headset. Sayang.

In-Display Fingerprint Scanner dan VOOC Flash Charge 3.0

Realme cukup berani di seri ini. Kami pun puas saat melakukan review Realme X karena bisa mencicipi dua teknologi andalan sekaligus yakni In-display finger print scanner dan VOOC flash charge 3.0.

Semua merek secara konsisten bekerja untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan pembukaan kunci sidik jari. Realme telah melengkapi unit review Realme X yang kami pegang dengan In-Display Fingerprint generasi baru, algoritma dipercepat dalam mesin akselerasi buka kunci DSP yang menggunakan sidik jari.

Jika sudah mengaktifkan kunci layar dan mendaftarkan sidik jari kamu bisa mencoba teknologi sensor di layar ini. Pada saat menghidupkan layar dari posisi ‘sleep’, akan muncul simbol sidik jari di layar.

review fingerprint realme x

Tekan saja dengan jari yang sudah teregister, hanya sepersekian detik, kunci terbuka. Cepat! Spontan langsung dikenali dan antarmuka bisa diakses. 

Dan jangan lupa jika Realme X juga punya fitur face unlock. Setelah merekam wajah melalui fitur ini, maka dengan mudah kamu bisa membuka kunci layar dengan menghadapkan HP ini ke wajah kita.

review kamera realme x

Melengkapi Realme X tertanam VOOC Flash Charge 3.0 yang dikembangkan OPPO, yaitu teknologi pengecasan super cepat. Realme X yang dilengkapi baterai berkapasitas besar 3765mAh mampu memberikan waktu bicara 2 jam dengan pengisian daya hanya sekitar 5 menit.

Baterai bisa terisi penuh kurang dari satu jam dari kondisi kosong. Pendek kata, dengan kapasitas baterai sebesar itu,maka kamu tak perlu repot membawa powerbank untuk menjalani aktivitas keseharian.

Rancangan Bodi

review realme x

Menyisir desain bodi unit review Realme X ini, kami mendapati sebuah perangkat yang punya area depan sangat maksimal. Yups, jika bicara sebuah smartpone dengan tampilan penuh, kami cukup puas dengan layar 19.5:9 selega 6.53 inci ini. Tanpa kamera depan nongol, area depan HP ini terlihat simpel, tak ada poni, tompel atau apapun. 

Disuplai tampilan jernih FHD+ pada panel berbasis Super AMOLED yang memiliki rasio layar mencapai 91,2%. Saat dalam kondisi ‘on’, antarmuka yang terpampang di layar full screen ini nyaman di mata. Bening dan jelas tapi tak menyilaukan. Oh ya,  layarnya sudah dilapisi oleh Gorilla Glass 5, membuat ponsel ini kuat dan sangat tahan lama. 

Kemudian kami juga menemukan beberapa tombol yang sudah biasa ditemukan dalam smartphone, mulai dari slot SIM card dan tombol volume di ruas bodi bagian kanan. Kemudian tombol volume di ruas bodi bagian kiri. Port charger USB Type-C yang diapit mic, jack audio 3,5 mm, dan speaker.

Untuk speaker, desainnya sepertinya disesuaikan dengan posisi tangan ketika kita memegang HP  secara horizontal saat bermain game atau menonton video, sehingga lubang speaker tak tertutup jari yang membuat audionya terdengar tetap maksimal. Kualitas suara yang menyembur dari smartphone ini cukup powerful dan nyaring.

Kemudian pada bagian belakang HP, berjajar dengan posisi vertikal, ada kamera ganda lengkap dengan LED flash. Di bagian bawahnya terdapat logo realme. Selebihnya area belakang HP Realme ini relatif mulus tak ada lagi aksesoris atau pernak-pernik tambahan lain. 

review realme x back

Secara desain keseluruhan sebenarnya HP terbaru ini layak masuk kategori HP premium. Panel depan belakang disatukan dengan kerangka solid dengan sentuhan krom. Bodi belakangnya dibuat cembung pada tepiannya, memudahkan kamu saat memegangnya. 

Di pegangan tangan, Panel depan dan belakang HP ini terasa licin dengan bobot yang cukup berat. Mungkin sebagian kamu bakal menilai Realme X sebagai produk mewah dan premium jika kebetulan punya kesempatan menimangnya di tangan.

OS & Antarmuka

Saat layarnya kami nyalakan, maka terpajang antarmuka yang tampilannya cukup segar dan penuh warna. Seri ini memakai interface ColorOS 6 yang berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie. Jadi wajar jika warnanya semarak, judulnya saja sudah pakai istilah ‘color’.

Saat layarnya dinyalakan, kami dapati layar cukup sensitif pada jari, dan hampir tak ada jeda. Multi tasking cukup lancar ketika membuka ragam aplikasi atau internet secara bersamaan.

Pada sisi kanan layar, kamu akan mendapati garis virtual shortcut yang bisa kamu isi sesuai dengan aplikasi yang kamu ingin akses secara cepat.

Untuk melakukan kustomisasi (custom) notifikasi layar yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa memasuki setting>notification & status bar, disana kamu akan mendapati ragam pilihan pengaturan, mulai dari notifikasi aplikasi, persentase baterai, kecepatan jaringan, penggunaan data internet, dst.

Sementara jika kamu ingin melakukan pengaturan display secara umum, maka kamu bisa menguliknya di setting>display & brightness.

Prosesor & Memori

Realme X terlihat ingin memberikan performa terbaik di kelasnya, makanya sang vendor langsung mempercayakan Snapdragon 710 sebagai dapur pacunya. Proses produksi 10nm mengintegrasikan GPU Adreno 6 series dan AIE AI Engine untuk kinerja yang kuat melalui Snapdragon Mobile Processing Platform.

Hasilnya, smartphone ini memiliki efisiensi pemrosesan yang tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah. Tak ada panas berlebih saat unit review Realme X ini kami genjot untuk pemakaian kamera secara terus menerus dan bermain game berat.

review realme x

Realme juga menambahkan Hyper Boost 2.0 untuk lebih meningkatkan kinerjanya, memastikan game-game smartphone yang intensif seperti PUBG dan Mobile Legends berjalan dengan lancar dengan frame rate yang lebih tinggi, menghasilkan pengalaman gaming yang unggul bagi para penggunanya.

Sektor ini sepertinya tak perlu diragukan lagi. Untuk ukuran smartphone kelas menengah atas Realme bisa diandalkan. Apalagi unit review Realme X yang kami pegang ini sudah mengantongi RAM 8GB serta memori internal 128GB. Lebih dari cukup dipakai ngebut dengan banyak aplikasi dan menampung file video, lagu, foto ukuran besar. 

Untuk memantau performanya, kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi Antutu Benchmark dan Geekbench. Hasilnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Analisis Popularitas Realme X di Google Trends

Pengukuran kata kunci dilakukan dengan patokan 0-100. Angka 100 berarti puncak popularitas kata kunci tersebut. Angka 50 berarti popularitasnya menurun setengahnya. 

Interest over time via Youtube

Dalam kurun 30 hari setelah peluncuran (27/7 – 24/8/2019), ketertarikan terhadap kata kunci Realme X di Youtube mengalami lonjakan bertahap hingga mencapai puncak di akhir Juli (100). Kemudian ketertarikan terhadap Realme X menurun perlahan dan naik kembali di 5 Agustus 2019 (83). 

Kemudian turun perlahan popularitasnya di bawah 50, lantas pada titik tertentu yakni 17 Agustus dan 21 Agustus naik hingga di angka 50. 

Sementara trend di web, kata kunci Realme X mencapai puncak justru pada 27 Juli. Kemudian menurun hingga 30 Juli (60). Dan naik lagi sampai 1 Agustus (95). Lantas turun bertahap dengan rata-rata value di angka 55% artinya kata kunci ini masih cukup populer hingga review ini diturunkan. 

pencarian Youtube
Interest over time via Web Search

Menariknya, interest terbesar terhadap Realme X datang dari daerah seperti Maluku Utara, Bangka, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Jambi. Bahkan pencarian di Maluku Utara mencapai poin 100.

Sementara kata kunci terkait dengan Realme X ternyata datang dari OPPO K3 dan Vivo Z1 Pro. Artinya, kedua produk ini kerap disandingkan atau mungkin saja dianggap sebagai kompetitor utama dari Realme X. 

Value for Money

Berkaca dari ulasan yang sudah kami buat, Realme X adalah salah satu penantang paling serius di segmen harga 3-4 jutaan. Jujur saja, HP Realme ini punya spesifikasi cukup galak di kelasnya. 

Bayangkan, untuk harga 3-4 jutaan tergantung opsi yang kamu pilih, sudah bisa memboyong ke rumah HP dengan desain pop up selfie kamera nan premium. Disuntik kamera kelas atas serta memakai prosesor Snapdragon yang powerful melebihi ekspetasi harga.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.