Review Xiaomi Redmi 9C, HP Triple Camera Murah

#kamisukareview – Kami sudah memegang HP Redmi terbaru yang membidik segmen bawah. Ya, sekarang waktunya melakukan review Redmi 9C yang baru saja diperkenalkan oleh Xiaomi. Cukup menarik karena harga dan spesifikasinya bisa membuat kelas entry level meradang.

Buat para pemburu HP sejutaan, kehadiran Xiaomi Redmi 9C ini bisa saja membuat mereka jatuh cinta. Mulai dari spesifikasi dan harga hingga rancangan desain.

xiaomi redmi 9c

Full Review Redmi 9C

Beberapa hal yang perlu disorot antara lain keberadaan dapur pacu yang cukup buat gaming di segmen entry level, baterai berkapasitas besar. Dan terakhir konfigurasi triple camera.

Sebelum mulai, kita bongkar dusRedmi 9C ini untuk mengintip apa saja isinya. Xiaomi membenamkan satu buah smartphone, kartu garansi dan buku panduan, charger 10W dan kabel micro-USB. Tak ada protective case dan plastik pelindung layar.

Selanjutnya mari kita ulas lebih dalam berbagai elemen yang menjadi kelebihan dan kekurangan Redmi 9C ini. Yuk kita mulai saja.

Rancangan Bodi

Material bodi Redmi 9C ini terbuat dari polikarbonat yang punya durabilitas cukup baik. Built quality-nya standar smartphone entry level. Jadi, tak bisa dipungkiri ‘feel’ plastiknya masih ada, jangan berharap desain yang istimewa dan premium.

Xiaomi merilis smartphone ini dalam tiga pilihan warna, gray, blue dan orange. Finishingnya cukup bagus, kokoh dan solid, tombol-tombol terpasang dengan baik dengan feedback yang nyaman saat ditekan.

Panel belakang unit review Xiaomi Redmi 9C dihiasi konfigurasi triple camera beserta LED flash yang ditata dalam dudukan berbentuk kotak. Di area tengah terdapat modul sensor sidik jari berbentuk lingkaran.

Tombol power dan volume di sisi kanan. Di area berlawanan, terdapat slot untuk dual nano SIM card dan satu slot buat kartu memori microSD hingga 512GB. Jadi bukan hybrid ya.

Di ruas atas terdapat port audio 3,5mm. Sayang, tak ditemukan port infra red yang biasa digunakan sebagai pengganti remote. Di ruas bawah ditanamkan port micro USB, lubang mikrofon dan speaker utama.

Display

desain xiaomi

Bagian depan unit review Xiaomi Redmi 9C ini ditanami panel IPS LCD dengan bentang layar 6,53 inci. Resolusinya hanya setara HD+ alias resolusi 1600×720 piksel. Di dahinya terdapat waterdrop notch untuk menempatkan kamera selfie.

Tampilan layarnya terang, masih bisa melawan cahaya matahari dalam kondisi outdoor meski memang tak maksimal. Redmi 9C ini punya 70.8% NTSC dan 1500: 1 contrast ratio. Sektor depan ini didukung fitur blue eye protection dan reading mode.

Performa

spesifikasi redmi 9c

Adalah chipset Mediatek Helio G35 yang menjadi jantung perangkat ini. SoC ini khusus dihadirkan buat mendorong performa gaming di HP entry level. Jadi, lumayan ngebut meskipun masih alakadarnya saat dipakai memainkan game berat.

Dapur pacu HP Redmi terbaru ini mengandalkan delapan core dengan clockspeed maksimal mencapai 2.3 GHz. Untuk pengolah grafisnya, Mediatek membenamkan GPU PowerVR8320 yang notabene dipakai buat chipset kelas menengah bawah.

Bicara soal gaming, unit HP ini bisa digenjot buat melahap game mainstream seperti Mobile Legends atau AoV. Game berat seperti PUBG Mobile atau COD Mobile tetap bisa digas meskipun memang setting tak bisa optimal rata kanan.

Unit review Redmi 9C yang kami uji mengedepankan RAM 2GB dan ROM 32GB. Buat kebutuhan harian normal, smartphone ini sebenarnya masih relevan.

Tapi kalau sudah bermain di ranah video, file atau foto ukuran besar rasanya ruang penyimpanan tak bakal sanggup menampung. Solusinya adalah menambah kapasitas penyimpanan via slot microSD.

Skor AnTuTu perangkat ini masih wajar buat ukuran HP entry level. Angkanya tak jauh berbeda dengan smartphone lain yang memakai chipset serupa. So, jangan terlalu berharap performanya segarang seri menengah atas.

Sistem Operasi

kelebihan dan kekurangan redmi 9c

Biarpun smartphone dengan harga murah meriah, tapi unit review Xiaomi Redmi 9C sudah mengantongi sistem operasi Android 10. Di atasnya berjalan antarmuka MIUI Global 12.0.1 yang memiliki tampilan simpel tapi cukup powerful.

Pengoperasiannya cepat dan tak banyak delay atau lag mengganggu. Aplikasi bisa dibuka dengan cepat saat diketuk dan saat di-swipe transisi antar menu halus serta cepat. Tak mengecewakan sih meskipun kecepatan dan akselerasinya memang tak terlalu ngebut.

Fitur penting lain yang bisa ditemukan dalam HP Redmi ini tidak ditanami modul NFC. Sayang sih, karena versi global punya fasilitas ini. Kemudian tertanam Bluetooth 5.0, GPS dan dual Wi-Fi network dengan ac. Tak ada infra red di perangkat ini.

Kamera

kamera redmi 9c

Sensor triple camera unit review Redmi 9C ini menjadi salah satu kekuatan di perangkat Xiaomi keluaran terbaru ini. Modul kamera utama mengadopsi resolusi 13MP yang bisa menghasilkan foto dan video berkualitas dalam kondisi cahaya melimpah.

Kemudian dua sensor yang tersisa masing-masing memiliki resolusi 2MP. Menyediakan kemampuan buat mendukung keperluan berbeda yakni macro dan bokeh.

Meski hasil jepretan foto macro biasa-biasa saja, tapi buat segmen entry level tak banyak vendor yang menyediakan kemampuan ini. Sementara hasil foto bokehnya terlihat baik dan memuaskan. Separasi antara subyek dan latar belakang terlihat cukup sempurna.

Buat foto dalam kondisi low light, hasil jepretan Realme 9C tak terlalu buruk. Kualitasnya bukan yang terbaik sih, lumayan lah kalau untuk sekedar jepret-jepret seadanya.

Jika kalian suka merekam video, HP ini menyediakan opsi recording dengan resolusi Full HD dan HD pada 30fps Ada juga fitur standar seperti timelapse, short video, tilt shift, dan Pro.

Di sektor depan tertanam kamera 5MP, hasilnya seadanya saja. Masih bisa dipakai buat merekam video dan foto dengan kualitas standar. Untuk video bisa rekam HD dan Full HD @30fps.

Hasil Foto:

foto selfie outdoor
Selfie dengan backlight outdoor
foto selfie indoor
Selfie Indoor
auto outdoor
Outdoor Auto
foto macro
Macro
foto outdoor
AI Auto
redmi 9c night mode

Foto Malam

Kapasitas Baterai Redmi 9C

harga redmi 9c

Kalian yang sering berada di luar rumah atau lebih banyak beraktivitas outdoor, unit review Redmi 9C yang kami bahas ini sepertinya bakal cocok menjadi pendamping. Kapasitas baterainya 5000mAh.

Melihat dimensi layar serta resolusinya yang hanya 720p tentu konsumsi daya tak akan terlalu signifikan. Beda dengan HP yang memakai resolusi Full HD dan layar jumbo.

Dukungan prosesor yang lebih irit daya serta optimalisasi baterai membuat HP ini bisa bertahan lebih lama saat dipakai. Redmi 9C sanggup bertahan seharian dalam pemakaian normal beragam aplikasi dengan penggunaan internet wajar.

Sayangnya, ada sisi lain dari baterai yang kurang memuaskan. Soal pengecasan, smartphone ini hanya disupport port MicroUSB dan power adapter 10W. Butuh waktu sekitar 3 jam buat mengisi penuh daya dari 0 hingga 100%.

Harga Redmi 9C

Harga unit review Redmi 9C ini dipatok di kisaran sejutaan. Benar-benar membuat rival ketar-ketir dan memberikan opsi yang lebih segar untuk seri di kelas sejutaan.

Xiaomi Indonesia membawa dua varian Redmi 9C ke Indonesia, yaitu memori 3GB+32GB dan 4GB+64GB. Masing-masing dibanderol seharga Rp1,399 juta & Rp1,599 juta.

Cek Harga di Shopee

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9C

Keunggulan utama dari HP Redmi ini adalah triple cameranya pun cukup powerful buat bersaing di segmennya. Didukung dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan Redmi 9C yang juga layak disorot adalah kapasitas baterai jumbonya. Bisa memuaskan kalangan yang butuh smartphone awet saat dipakai seharian.

Tapi kekurangan Redmi 9C pun jangan dikesampingkan. Antara lain port micro USB yang sudah ketinggalan jaman serta head charger 10W yang lamban saat dipakai mengecas.

Layar dengan resolusi HD+ mungkin bagi sebagian kalangan kurang memuaskan dipakai main game atau nonton video. Tapi overall masih wajar buat produk murah meriah.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9C:

  • Berat: 196 grams
  • Dimensi: 164.9 x 77 x 9 mm
  • Display: 6.53 inches IPS
  • Resolusi: 720 x 1600 pixels
  • CPU: MediaTek Helio G35 Octa Core 2.3 GHz
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2/3GB
  • Memori internal: 32/64GB
  • Memori eksternal: microSD up to 512GB
  • Kamera: 13MP + 2MP + 2MP
  • Kamera selfie: 5MP
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band,3G, 4G, Bluetooth 5.0, NFC and GPS
  • OS: Android 10 (MIUI 12)
  • Port: Micro USB
  • Baterai: 5000mAh

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”