Xiaomi Mi Note 10 vs Mi 10: Pilih Mana?

#kamisukareview – Ini adalah ulasan Xiaomi Mi Note 10 vs Mi 10. HP ini adalah semi flagshipnya xiaomi di indonesia yang dijual dengan harga 5 jutaan. Kebetulan kami berkesempatan memegang HP ini buat diulas secara mendalam.

Nah, sebelum mulai anda harus tahu kalau Xiaomi Indonesia baru saja meluncurkan flagship Mi 10. Yess, seri ini b 80tharu saja menginvasi Indonesia. Tapi ada sisi lain dan pertanyaan menggelitik untuk dikupas setelah HP baru ini datang ke Indonesia. Bagaimana nasib Xiaomi Mi Note 10?

Dan, jawaban kami: Nasibnya akan baik-baik saja. Tak perlu resah dan gelisah karena ternyata banyak aspek dan elemen krusial yang justru membuat Mi Note 10 jadi stand out dan mampu berdiri tegak di samping Mi 10 tanpa harus merasa di bully.

Xiaomi Mi Note 10 vs Mi 10, Pilih Mana?

Mungkin yang apatis atau pesimis dengan nasib Mi Note 10 yang terancam setelah kedatangan Mi 10 harus berpikir ulang. Malah bisa jadi kalian harus berpikir sebaliknya, karena Mi 10 bisa saja jadi ancaman buat saudaranya tersebut.

Perbandingan Harga

Lalu aspek apa saja yang bisa bikin Mi Note 10 jadi pesaing serius Mi 10 dan mencuri hati Mifans? Oke kita mulai dari bagian pertama. Harga! Memang HP ini tak punya refresh rate 90Hz atau memakai chipset kelas flagship, namun berkat itu, harga smartphone ini jadi sangat terjangkau dengan selisih hingga jutaan rupiah.

Layarnya ga terlalu besar dan ga terlalu kecil. Pas banget memang gak pake refresh rate 90Hz kayak Mi 10 tapi udah punya resolusi Full HD+, pake curve AMOLED yang melengkung dan dagunya tipis. Di jidatnya pakai watedrop.

Bentang layarnya cukup lega, 6,47 inci disuntik resolusi Full HD+. Dagunya relatif tipis sementara di bagian dahi tertanam waterdrop notch. Pada area atas poni ini ada speaker dan earpiece bersembunyi. Di bagian atas ini juga tertanam IR blaster.

Teknologi AMOLED memberikan jaminan terhadap kualitas display HP ini. Warna gelapnya terlihat dalam serta kontras rasionya sangat baik. Note 10 juga sudah mengadopsi HDR10 dan ditanami optical in-display fingerprint sensor.

Nah, pemindai sidik jari ini bisa baca dengan cepat dan akurat sentuhan jari yang sudah didaftarkan. Area reader sidik jarinya atau optical sensornya juga cukup luas. Dan jangan lupa Mi Note 10 juga punya NFC ya.

Adu Chipset

Kalau bicara dapur pacu Mi 10 pakai chipset snapdragon 865. 865 itu chipset snapdragon terbaik buat sekarang lho. Sementara si mi note 10 hanya pakai chipset Snapdragon 730G. Beda kelas emang, tapi lumayan bagus kok, buat yang gak terlalu mentingin chipset penawarannya masih make sense. Tetep oke kok di harga 5 jutaan.

Si Mi Note 10 ini pakai RAM 6GB yang lumayan membantu supaya dapur pacunya bisa bekerja dengan baik. Ditambah pengolah grafis Adreno 618, dia bisa tetap impresif menghadapi gempuran game berat seperti COD Mobile atau PUBG Mobile.

Pokoknya, dipakai main game grafis tinggi dengan setting ‘rata kanan’, Mi Note 10 masih bisa diandalkan kok. Apalagi buat handle game kayak Mobile Legends dan ‘cacing’. Mungkin cuma ngedip doang kali.
Buat yang doyan nyimpan film, video dan macam-macam file, memori internal 128GB masih sanggup nampung lah.

Hanya saja, Xiaomi memangkas slot microSD di smartphone ini, jadi kalian nggak bakal bisa nambah memori eksternal.

Oh ya, ada keuntungan nih soal slot simcard. Ternyata Mi 10 hanya pake single sim card, sementara Mi Note 10 pakai dual sim card. Buat yang biasa pakai banyak nomor agak masalah juga nih. Jadi kalau hal ini penting buat Anda, terpaksa harus pilih Mi Note 10.

Dalam pengujian 3DMark, Mi Note 10 mencatatkan skor 2332 dan 2208 di OpenGL dan Vulkan. Sementara dites menggunakan Geekbench, HP Xiaomi ini sanggup meraih skor single-core 488 dan multi core 1645.

Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai HP ini ternyata lebih gede dari Mi 10. Fitur kunci yang tak boleh dipandang sebelah mata adalah baterai. Dengan kapasitas jumbo 5260mAh, seri ini jadi salah satu produk papan atas dengan dukungan sumber daya monster.

Di atas kertas, perpaduan baterai dengan prosesor Snapdragon 730G yang terbenam dalam HP ini bisa jadi merupakan value terbaik dari Mi Note 10. Dalam pemakaian harian dengan aktivitas standar, unit review Xiaomi Mi Note 10 ini sanggup bertahan dengan screen on time di kisaran 6-7 jam.

Sudah termasuk internetan, sosial media, bermain game, membuka email, mengetik dan lain-lain. Kira-kira bisa bertahan sekitar sehari setengah dari nol sampai mengecas kembali.

Ada charger 30W dalam paket penjualan. Setidaknya kapasitas baterai sebesar ini tak jadi masalah karena hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih sedikit untuk mengecas baterai sampai 100% dari kosong.

Perbandingan Kamera Mi Note 10 vs Mi 10

Bicara soal kameranya, HP Xiaomi Mi Note 10 ini terasa stand out dan bahkan bisa membuat pelngguna Mi 10 minder kalau menurut saya. Bisa jadi, berkat spek kamera ini, banyak yang memutuskan beli si Mi Note 10.

Kameranya ada lima, sementara Mi 10 cuma punya empat. Pakai sensor utama 108MP dan empat kamera pendukung. Si Mi Note 10 ini punya lensa telephoto 12 MP yang ga ada di Mi 10. Ini jadi alasan kenapa HP ini bisa bikin pecinta Mi 10 bimbang.

Performa foto dalam kondisi gelap atau minim cahaya bisa tetap ciamik. Dan HP ini bisa melakukan zooming sampai 50x. Kalau buat sekedar gimmick marketing sih oke aja menurut saya. Tapi kualitas gambar untuk yang 50x zoom ya B aja sih. Ga fokus banyak noise dan blur. Lebih kayak crop sih.

Buat rekam video ada fitur melacak obyek bergerak dan kameranya bisa melakukan video efek bokeh real time. Pengguna bisa merekam video hingga kualitas 4K/30fps. Mi Note 10 juga udah mendukung stabilisasi video OIS serta rekam video macro dan ultra wide angle. Juga sanggup merekam video slo-mo 120fps, 240fps dan 960fps.

Kesimpulan

Kesimpulannya, apakah Xiaomi Mi Note 10 lebih worth it dari Mi 10 atau nggak? Ada beberapa hal yang bikin HP ini lebih menarik dari sodaranya tersebut. Pertama harga, anda pilih beli HP 6 jutaan dengan spek segambreng atau pilih HP 10 juta dengan kelebihan dari sisi chipset, display dan beberapa elemen yang ga terlalu kelihatan.

Kemudian kalau bicara kamera, Mi Note 10 ini justru lebih valuable dibanding Mi 10. Udah pakai penta kamera lho, punya kelebihan di bagian lensa telephoto. Di, Mi 10 Anda ga bakal nemuin spek seperti ini. Nah lho, kalau anda penggemar mobile fotografi ya, mending pilih HP ini sih.

Terus baterai, si Mi Note 10 ini ternyata punya baterai lebih gede dari Mi 10. Memang kita belum mengujinya head to head tapi yang jelas kalo bicara angka mili ampere aja, HP ini udah juara lah.

Sektor lain ga beda-beda amat sih, kecuali chipsetnya. Nah, yang jadi pertanyaannya sekarang, anda mau nggak keluar duit buat beli semua kelebihan HP ini? Atau tetep ngotot pengen beli Mi 10 karena chipsetnya lebih oke?

Gak masalah sih, asalkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kalau saya sih, milih yang lebih murah, karena buat saya chipset di Mi Note 10 gak jelek jelek amat.