10 Cara Optimalkan Spotify

#kamisukareview – Spotify menjadi salah satu layanan streaming musik yang populer digunakan, tahukan kamu bahwa ternyata ada 10 cara optimalkan spotify yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Pada tulisan kali ini kami ingin berbagi 10 cara optimalkan Spotify agar layanan aplikasi ini bisa lebih maksimal digunakan oleh kamu. Silahkan baca panduanya pada tulisan di bawah ini:

1. Memanggil kembali daftar lagu (Playlist) yang terhapus

Kamu punya daftar lagu favorit di Spotify dan tanpa sengaja telah terhapus? tenang saja, karena Spotify memiliki fitur untuk bisa memanggil kembali daftar lagu (Playlist) yang sudah terhapus, caranya: Login ke halaman Profil kamu di Spotify, dari sana kamu bisa menemukan tab Recover Playlist yang ada dibagian sisi kiri layar, lalu pilih Restore, maka seharusnya Playlist kamu duah kembali lagi seperti semula.

2. Filter lagu berdasarkan Tahun

Pada tahun tertentu, kualitas musik dari hasil rekaman sebuah band atau penyanyi memiliki kualitas yang kurang bagus, jika kamu tidak ingin mendengarkan musik pada periode tertentu, kamu bisa gunakan hasil pencarian berdasarkan “Year” atau tahun. Misalnya kamu ingin mendngerkan lagu dari Nirvana dari tahun 1991 sampai 1992, kamu hanya tinggal mengetikan “Nirvana” pada kolom pencarian dan tambahkan “year:1991-1992″tanpa menggunakan spasi, maka hasil pencarian akan menampilkan lgu-lagu Nirvana yang dirilis pada periode tahun tersebut.

3. Membuat daftar lagu dengan AI

Kamu mungkin sudah sering membuat playlist di Spotify, Namun fitur baru bernama “assisted playlisting” ini akan bisa merekomendasikan lagu secara otomatis sesuai selera dan pola kebiasaan kamu memutar jenis musik sebelum-sebelumnya.

4. Mebuat Playslist secara barengan

Dengan fitur “Collaborative Playlist”, kamu dan teman kamu bisa membuat dan memasukan daftar playlist dari plalist kamu dan teman kamu secara barengan. caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal meng-klilk kanan daftar lagu mana yang ingin kamu gabungkan dengan daftar milik teman kamu yang telah kamu beri akses untuk menambah plalist mereka ke bagian ini. Kamu juga bisa menghentikan opsi ini kapan saja.

5. Tombol cepat keyboard

Saat kamu mengakses Spotify menggunakan komputer desktop atau laptop, kamu bisa menggunakan tombol cepat (shortcut) padq keyboard, seperti tombol spasi utnuk menghentikan lagu sementara (pause), Ctrl + tombol Panah Kanan untuk berpindah ke lagu berikutnya. Untuk daftar lengkapnya kamu bisa melihatnya melalui tautan dari website Spotify berikut ini.

6. Mendengerkan via Web

Jika di kantor kalian tidak bisa menginstal aplikasi dan hanya ada browser web yang terpasang, Spotify bisa diakses melalui aplikasi peramban web dengan mengarahkan ke alamat URL play.spotify.com kemudian kamu bisa Login ke akun Spotify kamu dan mengakses playlist yang telah dibuat.

7. Tampilkan Spotify di Google Maps dan Waze

Kamu bisa mengakses aplikasi Spotify dari aplikasi Google Maps atau Waze saat kamu menggunakan salah satu dari aplikasi navigasi tersebut, Caranya, buka aplikasi Spotify dan masuk ke bagian Settings. Setelah itu tap Spotify dan tap toggle Connect Spotify. Nantinya kamu akan melihat logo Spotify di sudut kanan atas yang bisadi-klik untuk membuka menu Spotify di dalam Waze.

Untuk aplikasi Google Maps kamu bisa masuk ke menu Settings lalu Navigation, jika menggunakan Android, pilih Show Media Playback Controls.  Untuk pengguna iOS pilih Music Playback controls, lalu pilih Spotify dan kamu bisa mengakses Spotify yang muncul di bagian bawah layar saat menggunakan aplikasi Google Maps.

8. Mengaktifkan fitur Hemat Paket Data

Spotify memiliki fitur agar bisa lebih hemat paket data, fitur Data Saver milik Spotify ini diklaim mampu mereduksi penggunaan data hingga 75%. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Settings di aplikasi HP dan pilih Data Saver yang ada di bagian atas.

9. Memasukkan lagu yang tidak ada di Spotify

Untuk bisa memasang lagu yang tida ada di Spotify, kamu hanya tinggal membuka aplikasi Spotify di desktop PC, masuk ke menu Preferences. Geser ke bwah dan temukan menu Add a Source, cari folder di PC dimana kamu menyimpan koleksi lagu yang ada, selanjutnya kamu bisa melihat daftar lagu ini di bagian Local Files yang ada di kolom bagian kiri,

10. Menyembunyikan lagu tertentu

Jika kamu tidak ingin selera musik kamu terlihat oleh orang lain, maka kamu bisa menyembunyikannya dengan cara memilih opsi Private Session. Untuk mengaktifkan opsi ini kamu hanya tinggal masuk ke menu Settings, lalu pilih Private Session. Jika Plihan ini kamu katifkan maka teman kamu tidak akan bisa melihat musik apa yang kamu mainkan. Fitur ini akan terus aktif selamanya, namun secara default, opsi ini akan mati dengan sendirinya ketika kamu tidak mengakses Spotify selama lebih dari enam jam.

Demikian 10 cara optimalkan Spotify agar kamu bisa lebih maksimal menggunakan aplikasi layanan streaming musik populer ini. Have a nice listening!…

Leave a Reply

Your email address will not be published.