5 Tips Agar HP Android Kamu Nggak Lemot

#kamisukareview – Perjalanan sistem operasi dan aplikasi Android semakin pesat, perkembangan dari platform racikan Google ini selalu penuh inovasi, tak heran jika Android menjadi platform yang banyak diburu para pengembang untuk menyasar penggunanya.

Sebagai pengguna, kita juga selalu penasaran dengan aplikasi baru yang muncul sehingga tergoda untuk menginstallnya, namun seiring dengan hal tersebut tanpa kita sadari bahwa HP Android yang digunakan jadi semakin lemot.

Semakin lemotnya HP Android memang sangatlah beragam,
mulai dari spesifikasi HP yang tidak mampu ‘mengemban tugas’ menjalankan aplikasi secara multitasking, memori penyimpanan yang minim, hingga menumpuknya banyak cache dari berbagai aplikasi yang ada di dalam sistem HP Android itu sendiri.

Namun kamu nggak usah khawatir, karena pada tulisan kali ini kita mau berbagi informasi tentang bagaimana caranya agar HP Android yang kamu gunakan tidak semakin lemot.

1. Periksa memori internal agar tidak penuh

Kamu harusnya sadar bahwa semakin banyak aplikasi yang di pasang di HP Android kamu, maka secara otomatis ruang kosong di HP kamu juga jadi semakin berkurang, hal ini tidak hanya membuat HP Android kamu jadi lemot, namun juga bisa menyebabkan lag atau berhentinya sistem karena terlalu berat dalam menangani sejumlah aplikasi. Untuk mengatasi hal itu, hapus aplikasi yang sudah tidak sering digunakan.

2. Bersihkan file Cache di HP Android Kamu

Sebuah aplikasi di Android akan menggunakan dan membuat file data lain untuk menopang kinerja sejumlah aplikasi berkelanjutan, file-file ini disebut sebagai cache. Setiap aplikasi biasanya akan meninggalkan file ini yang disimpan di memory internal HP yang digunakan. Contoh aplikasi yang menyimpan data berkelanjutan seperti ini ialah game-game berat seperti Asphalt8 dan FiFA. Untuk mengatasi hal ini , kamu bisa mendownload aplikasi untuk menghaus file chace ini melalui halaman Google PlayStore.

3. Hapus sejumlah widget yang ada

Widget memang sangat memudahkan bagi kamu yang ingin mengakses menu secara cepat, namun terlalu banyaknya widget yang dipasang dilayar HP kamu akan menyebabkan HP kamu menjadi lemot . Solusinya, hapuslah widget yang tidak digunakan dan pasang widget yang benar-benar dibutuhkan saja.

4. Update Firmware

Firmware merupakan sistem operasi dari HP Android. Sejumlah produk HP unggulan biasanya selalu menyediakan update untuk firmware-nya, Lakukanlah update firmware bila HP kamu menyediakan opsi ini, dengan diperbaharuinya sebuah firmware, sering kali sistem Android menjadi lebih gegas dan segar lantaran aplikasi sama yang tersisa akan ikut musnah melalui update ini,

5. Jangan menajalankan terlalu banyak apliaksi secara bersamaan

Sistem operasi Android memang bisa mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu yang bersamaan, istilah ini disebut sebagai multitasking, namun semakin banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan maka ia akan semakin melambat, hal ini terjadi lantaran ruang RAM tidak memiliki banyak space yang tersisa untuk menjalankan proses aplikasi dan bahkan terus menyempit hingga menyebabkan HP kamu jadi semakin lemot. Untuk itu, jika HP kamu memiliki RAM kecil, jalankan aplikasi satu-satu saja ya.

Demikianlah sebagian tips buat kamu yang ingin membuat HP Androidnya selalu dalam kondisi prima agar bisa menjalankan aplikasi dan merespon dengan gegas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.