Apa Itu Access Point dan Fungsinya

#kamisukareview – Di era yang serba terhubung saat ini, Access Point menjadi perangkat yang banyak digunakan, entah itu di rumah, kantor, sekolah, mall, cafe atau tempat umum lainnya.

Sebenarnya apa sih Access Point itu? Apa fungsinya? Dan bagaimana cara kerjanya? Pada tulisan berikut ini kami ingin mengulas sedikit tentang Access Point atau kami singkat dengan AP ini.

Access Point (AP) merupakan perangkat yang biasa digunakan dalam sebuah jaringan komputer untuk membuat jaringan secara nirkabel atau sering diaebut dengan istilah Wireless Local Area Network (WLAN).

Pada perangkat ini biasanya terdapat antena penerima dan pemancar walaupun untuk beberapa type antena dari perangkat ini tidak terlihat. Dengan menghubungkan perangkat AP ini ke Internet melalui router, switch atau hub melalui modem selanjutnya perangkat ini akan memancarkan sinya WiFi (Wireless Fidelity) di area sekitarnya. Sinyal WiFi ini yang selanjutnya digunakan oleh para pengguna untuk menghubungkan hp atau laptop penggunanya ke Internet.

Fungsi Access Point

Penggunaan perangkat ini tergantung besar kecilnya area. Jika penggunaan hanya untuk lingkungan rumah maka, perangkat yang digunakan cukup satu buah saja. Namun, jika area lebih luas seperti rumah sakit, sekolah, mall dan lainnya maka bisa menggunakan lebih dari satu.

Adapun fungsinya adalah sebagai berikut:
1. Sebagai HUB, menghubungkan jaringan lokal atau yang menggunakan kabel dengan jaringan wireless

2. Untuk mengatur akses suatu perangkat yang terhubung ke akses point tersebut.

3. Untuk menerapkan fitur keamanan, atau untuk mengamankan jaringan nirkable dengan otentifikasi kecocokkan kunci yang diberikan client pada access point

4. Untuk mengirim sinyal koneksi data dan internet melalui gelombang yang dimilikinya.

Cara Kerja AP

Pada saat kamu akan mengakses jaringan melalui access point maka, AP akan menentukan untuk mengijinkan atau tidaknya perangkat tersebut terhubung ke jaringan. Menggunakan fitur kontrol atau pengamanan melalui sandi atau password yang telah setting sebelumnya.

Sebelum perangkat dapat terhubung ke jaringan, AP akan memeriksa kecocokan sandi. Jika cocok, perangkat akan diijinkan terhubung pada jaringan tersebut.

Selanjutnya, AP akan memberikan alamat IP (Internet Protocol) untuk perangkat yang terhubung tersebut

Dalam sejumlah kasus, ketika perangkat sudah terhubung ke jaringan maka aplikasi browser akan menampilkan halaman untuk memasukkan kata sandi.

Jika kata sandi sudah dimasukkan dan ada kecocokkan antara perangkat dan jaringan, maka kamu sudah bisa terhubung ke jaringan.

Demikain artikel singkat yang menjelaskan tentang fungsi dan cara kerja access point. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.