Cara Agar Instagram Menjadi Lebih Pribadi

#kamisukareview – Membuat Instagram menjadi lebih pribadi sangatlah penting, selain mengaktifkan mode private ada cara tambahan agar akun sosial media yang satu ini jadi lebih aman.

Sebagian dari kamu mungkin tidak mau kalau kegiatan kamu di-intip oleh orang yang tidak dikenal atau seorang stalker oleh orang yang benar-benar asing.

Selain dapat mencegah hal-hal yang tidak di-inginkan, membuat akun kamu Instagram menjadi lebih pribadi adalah hal mungkin perlu dilakukan oleh semua pengguna.

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan:

1. Jangan tautkan akun IG kamu ke Facebook

Membuat Instagram menjadi lebih pribadi
Putuskan akun IG dari medsos lain

Walaupun Instagram kini telah berada di bawah naungan Facebook, namun fungsi dan tujuan pengguna dari kedua layanan media sosial itu sangatlah berbeda.

Oleh karena itu, kamu mungkin tidak memerlukan adanya data IG yang bocor ke FB maka hal yang harus dilakukan adalah memutus tautan akun IG ke FB kamu.

Untuk melakukan hal itu, kamu harus masuk ke menu Setting pada aplikasi Instagram kemudian temukan menu Linked accounts, cari Facebook dan putuskan dengan mengklik Unlink button

2. Aktifkan mode Private

Membuat Instagram menjadi lebih pribadi
Mengaktifkan Private account

Hal yang bisa kamu lakukan agar data IG kamu tidak bocor kepada orang yang tidak dikenal, adalah dengan mengaktifkan mode Private. Jika mode ini tela kaitf, nantinya kamu akan bisa melihat siapa orang yang ingin menjadi follower kamu di IG dan siapa saja yang bisa melihat story IG kamu.

Dengan demikian, kamu bisa mengurangi resiko adanya orang asing atau stalker yang mengintip IG kamu. Untuk mengaktifkan mode ini, masuk kebagian Settings – Privacy – Account Privacy kemudian aktifkan toggle Private.

Catatan yang harus diingat bahwa mengubah akun menjadi Private hanya bisa dilakukan jika akun kamu IG kamu berada pada mode Personal Account, bukan Business Account ya.

3. Pilih hanya teman dekat (Close Friendlist) saja

Membuat Instagram menjadi lebih pribadi
Mengatur Close Friend List

Kamu masih bisa mengaktifkan akun tetap menjadi Publik, namun untuk postingan yang dibuat bisa dipilih agar hanya teman (close friend) saja yang bisa melihatnya.

Untuk membuat hal tersebut, masuk ke kamera untuk membuat Story, klik Settings di kiri atas layar, dari sana kamu bisa memilih opsi Close Friend list agar hanya teman dekat saja yang bisa melihat Story kamu.

4. Mengatur audiens IG Story

Membuat Instagram menjadi lebih pribadi
Setting menyembunyikan IG Story

Jika kamu ingin membatasi lebih banyak kepada audiens, kamu dapat menyembunyikan update story dari follower tertentu. Misalnya, atasan, keluarga atau teman, dari sini kamu juga bisa membatasi siapa saja orang yang boleh memposting ulang story kamu .

Untuk mengatur opsi ini kamu bisa masuk ke bagian pengaturan di Story, lalu pilih siapa saja yang ingin kamu block dengan mencentang akun tersebut. Geser layar ke bawah untuk masuk ke menu Sharing.

5. Matikan fitur Activity status

Membuat Instagram menjadi lebih pribadi
Pengaturan activity status

Fitur Activity Status memungkinkan bagi orang lain melihat aktifitas kamu di Instagram, kapan terakhir kamu log-in dan mereka akan tahu jika kamu sedang online dari titik berwana hijau yang ada di fitur Message IG.

Kamu bisa mematikan fitur ini agar orang lain tidak se-enaknya menghubungi kamu, dengan cara mengubahnya di menu Settings – Activity Status.

6. Menyaring komentar dari luar

Membuat Instagram menjadi lebih pribadi
Mengatur komentar

Saat ini seringkali komentar yang masuk bukan komentar yang relevan dengan postingan kamu, kadang banyak komentar yang isinya malah ber-iklan “ingin wajah bersih berseri?” atau “ingin tumbuh tingggi?’ dsb. Komentar seperti itu seringkali masuk ke akun yang sifatnya publik.

Namun Instagram telah menawarkan opsi apakah kamu ingin membuat blacklist atau whitelistm caranya kamu hanya tinggal masuk ke menu Settings – Comment control dari sana kamu bisa mengatur agar tidak bisa menerima komentar sama sekali.

7. Sembunyikan lokasi kamu

Membuat Instagram menjadi lebih pribadi
Menyembunyikan lokasi

Instagram memiliki fitur informasi lokasi, namun fitur ini bisa dimatikan agar informasi lokasi kamu tidak dikethaui oleh orang lain.

Untuk pengguna iOS kamu bisa mematikan opsi ini pada menu Settings – Privacy – Location services, sedangkan untuk pengguna hp Android kamu bisa mengubahnya pada menu Settings – Secutiry & Locations.

Demikianlah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar aplikasi Instagram menjadi lebih pribadi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.