Cara Bikin Password Aman Tapi Gampang Di-ingat

#kamisukareview – Bagi sebagian besar pengguna Internet, penggunaan password untuk sebuah akun di Internet seringkali menggunakan tanggal lahir mereka, namun tahukah kamu bahwa penggunaan tanggal lahir sebagai kata kunci itu ternyata sangatlah rentan dan berbahaya. Pada tulisan Tips Trik kali ini, kami ingin memberikan cara bikin password aman namun mudah untuk diingat.

Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah menggunakan kombinasi yang rumit untuk password yang digunakan, namun hal itu sering kali menjadi bumerang karena kamu sendiri lupa dengan kata kunci yang pernah dibuat, hingga akhirnya harus rela sebuah akun itu hilang dan membuat akun baru.

Beberapa situs atau layanan di Internet memang terkadang mengharuskan penggunanya untuk membuat deretan kata sandi yang rumit, misalkan mengharuskan minmal 8 huruf dengan kombinasi agka dan huruf kapital di dalamnya, terkadang ada juga yang mengharuskan kamu memasukkan karakter khusus seperti #, %, @ dan tanda baca lainnya kedalam password.

Nah, karakter khusus itulah yang seringkali menjadi masalah bagi kebanyakan pengguna, lantaran tidak semua orang bisa dengan mudah mengingat hal tersebut.

Setidaknya ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk membuat password unik namun bisa mudah diingat oleh kamu, hal ini seperti yang dipaparkan oleh David Jacoby, peneliti keamanan di Tim Penelitian dan Analisis Global Kaspersky Lab (GReAT).

Langkah 1: Buatlah “deretan statis” kamu (bagian kata sandi yang tidak berubah

  • Pikirkan frasa, lirik lagu, kutipan dari film, sajak anak-anak, atau hal serupa yang berkesan buat kamu.
  • Ambil huruf pertama dari tiga hingga lima kata pertama
  • Di antara setiap huruf tambahkan karakter khusus: @ atau # dan lainnya

Mulai sekarang, kamu dapat mulai merangkai kata sandi unik sendiri berdasarkan langkah di atas.

Langkah 2: Tambahkan kekuatan asosiasi

Ketika kamu memikirkan akun online yang memerlukan kata sandi (seperti Facebook, Twitter, eBay, situs kencan, perbankan online, belanja, atau situs game dan lainnya), tulislah kata pertama sebagai kata yang berhubungan dengan situs terkait. Misalnya, jika membuat kata sandi untuk Facebook, kamu dapat mengaitkan Facebook dengan warna biru di logo: maka, cukup tambahkan kata “biru” bisa dalam huruf besar. Lalu Letakkan kata tersebut di akhir “deretan statis” sebelumnya.

“Misalnya frase yang kamu bayangkan adalah kutipan kalimat dari lagu anak-anak ‘Twinkle Twinkle Little Star, How I Wonder What You Are‘ dan karakter khusus yang ingin kamu gunakan adalah #, maka kata sandi untuk Facebook kamu adalah sesuatu seperti: T#T#L#S#Hblue.

Memang sepertinya itu tidak masuk akal ketika dibaca, namun itulah intinya, karena password ini tidak mudah ditebak dan hanya kamu sendiri yang bisa mengingat serta memahaminya.

Sekarang, apakah kamu sudah aman dengan password yang kamu miliki? Jika masih menggunakan tanggal lahir sebagai password-mu makan segerelah untuk merubahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.