5 Cara Cek IMEI HP: iPhone, Xiaomi, Samsung, OPPO

#kamisukareview – Setiap perangkat HP baik itu flagship maupun low-end akan datang dengan nomor identitas khusus yang disebut atau yang sering dikenal sebagai IMEI. Jadi kita bisa cek IMEI HP sendiri, baik untuk OPPO, Samsung, Xiaomi, iPhone dan lain-lain.

Lalu bagaimana kamu bisa menemukan nomor IMEI tersebut? Pada tulisan tips dan trik kali ini kami ingin membahas 5 cara untuk cek IMEI HP OPPO, HP Xiaomi, HP iPhone, HP Samsung dan lain-lain dengan mudah.

Cara Cek IMEI HP Sangat Penting

Nomor IMEI dianggap sesuatu yang penting pada sebuah HP karena dari nomor IMEI inilah kamu bisa memblokir HP yang hilang atau dicuri, selain bisa juga digunakan untuk melacak posisi HP tersebut walaupun untuk melakukan hal ini kamu harus minta bantuan kepada operator itupun dengan sejumlah syarat yang harus kamu penuhi.

Dengan begitu pentingnya nomor IMEI tersebut, maka kamu perlu tahu, dimana saja kamu bisa menemukan atau cek IMEI HP berbagai merek seperti Samsung, iPhone, Xiaomi, OPPO dan lain-lain.

Cek IMEI HP OPPO, Samsung, Xiaomi, iPhone dll.

1. Menekan *#06#

Cara ini bisa dilakukan pada semua HP, baik itu HP terbaru maupun HP jadul. Untuk memeriksa atau cek nomor IMEI dengan cara ini, kamu hanya tinggal masuk ke Panggilan seperti akan menelepon, lalu tekan *#06# biasanya nomor IMEI akan langsung ditampilkan di layar.

2. Membuka Menu Setting

Untuk kebanyakan HP saat ini, nomor IMEI bisa ditemukan di menu Setting, kamu hanya tinggal masuk ke menu tersebut, untuk iPhone kamu hanya tinggal masuk ke Setting > General > About. Sedangkan untuk Android ada di menu Setting > About Phone > Status (namun letaknya mungkin berbeda tergantung merek HP yang digunakan).

3. Tercetak Pada Bodi belakang HP

Cara menemukan nomor IMEI
Nomor IMEI pada bagian body belakang iPhone 6

Sejumlah produsen bahkan ada yang sengaja mencetak nomor IMEI ini di body bagian belakang HP. Hal ini seperti yang dilakukan Samsung pada Galaxy S7 atau Apple iPhone 6.

4. Di Kotak Penjualan

Cara menemukan nomor IMEI
Nomor IMEI di kotak penjualan

Kebanyakan produsen biasanya menempelkan nomor IMEI dan nomor serial HP di bagian luar kotak penjualannya. Jika kamu perhatikan, pada bagian luar kotak HP, selain terdapat stiker yang berisi informasi teknis juga terdapat nomor IMEI dari HP tersebut.

5. Di Slot Kartu SIM

cara menemukan nomor
Nomor IMEI pada slot SIM Card

Selain yang disebutkan di atas, pada sebagian HP,. Nomor IMEI biasanya dicetak pada slot kartu SIM yang ada, jika di HP tersebut memiliki dua buah slot kartu SIM maka masing-masing slot akan memiliki nomor IMEI yang berbeda.

Itulah cara memeriksa dan menemukan nomor IMEI di HP kamu, walaupun demikian, nomor IMEI ini juga kerap ditemui pada perangkat elektronik lain seperti kamera digital, smartwatch, action cam dan perangkat lainnya.

Pentingnya Validasi dan Cek IMEI HP di Indonesia

Pemerintah melalui Kemenkominfo memastikan aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) bakal berlaku 18 April 2020.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Kemkominfo, Nur Akbar Said, dalam video meeting terkait Kebijakan Validasi IMEI pada Rabu (15/4/2020).

Dengan berlakunya aturan ini, pemerintah dan industri berharap bisa memberantas peredaran HP BM atau ilegal di masyarakat.

Menurut Akbar, jika kebijakan IMEI ini berlaku, HP BM, atau ilegal yang diaktifkan setelah tanggal 18 April 2020, tidak bisa dipakai untuk komunikasi seluler.

Sementara, perangkat berasal dari manapun (black market atau bawa dari luar negeri) yang aktif dan memanfaatkan layanan seluler dari operator telko Indonesia sebelum tanggal 18 April 2020, akan tetap berfungsi dan tidak berdampak apapun.

Pemerintah melalui Kemendag, Kemenperin, dan Kemenkominfo menerbitkan regulasi pemblokiran ponsel ilegal melalui nomor IMEI yang disahkan pada 18 Oktober 2019.

Wakil Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys mengatakan, operator telekomunikasi terus melakukan sosialisasi terkait masalah IMEI ini, begitu juga dengan pihak pemerintah, sampai ke produsen dan distibutor smartphone.

Aturan IMEI sendiri akan berlaku penuh mulai 18 April 2020. Pemerintah juga sudah memutuskan untuk menggunakan skema whitelist untuk menjalankan kebijakan ini.

Dengan skema whitelist ini nantinya HP BM yang dipasangkan dengan SIM Card setelah 18 April 2020 langsung tidak akan bisa mendapatkan sinyal dari operator seluler.

Hal ini terjadi karena sistem milik operator telekomunikasi mendeteksi IMEI HP tersebut tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian. Artinya ponsel tersebut ilegal.

Bila sudah begitu, ponsel black market dan ponsel ilegal hanya bisa digunakan untuk ambil foto, tidak bisa untuk berkomunikasi. HP akan bisa kembali dipakai secara normal di negara yang belum menerapkan aturan IMEI.

Dalam rilis bersama yang dikeluarkan tiga kementerian, pemerintah mengimbau masyarakat untuk membeli perangkat handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT) yang legal.

Jadi, pastikan untuk kritis dan cerdas dengan melakukan pengecekan IMEI di situs web Kemenperin (imei.kemenperin.go.id) sebelum melakukan pembelian perangkat baik melalui toko maupun online.

Regulasi ini berlaku ke depan, sehingga bagi masyarakat yang saat ini perangkatnya sudah aktif meski tidak terdaftar di Kemenperin tidak perlu resah.

Perangkat yang sudah aktif sebelum masa berlaku 18 April 2020 akan tetap dapat tersambung ke jaringan bergerak seluler sampai perangkat tersebut tidak ingin digunakan lagi atau telah rusak.

Tapi HP black market atau ilegal yang sudah digunakan atau aktif digunakan tidak akan mengalami masalah atau bisa digunakan seperti biasanya.

Namun, bagi mereka yang membeli ponsel yang IMEI tak terdaftar di Kemenperin setelah aturan berlaku maka jaringan ponsel akan diblokir operator seluler. HP bisa digunakan secara normal di negara yang tidak menerapkan aturan blokir IMEI.