Cara Menggunakan & Mendownload Video Online Gratis

#kamisukareview – Hampir seluruh aspek kehidupan saat ini menggunakan dan membutuhkan video, terutama dalam hal bisnis. Ini mendorong kehadiran berbagai tips dan cara menggunakan dan download video online gratis.

Konten video memiliki fungsi yang sangat serbaguna dan dapat dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan. Salah satu alasannya adalah padatnya informasi yang bisa dimasukkan ke dalam satu video melalui audio & visual.

Tips Download Video Online Gratis

Melihat kebutuhan dan kegunaan konten video yang begitu banyak dan begitu luas, banyak orang tertarik untuk menggunakan atau memproduksi konten video untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Namun tidak semua orang memiliki sumber daya atau keterampilan untuk memproduksi konten video, maka dari itu stock footage menjadi solusi yang sangat cocok bagi masalah ini. Penggunaan stock footage menjadi pilihan sumber konten video terbaik kedua setelah memproduksi sendiri karena alasan legalitas.

Konten video sudah menjadi konten kreatif yang terlindungi oleh undang-undang hak cipta, yang artinya orang tidak bisa sembarangan download video online gratis lalu menggunakan konten tersebut untuk kepentingan pribadi atau organisasi.

Hal ini sudah termasuk praktik ilegal yang memiliki resiko sanksi pidana dan denda. Resiko ini akan terhindari jika menggunakan jasa layanan penyedia stock footage yang mayoritas sudah dilengkapi dengan lisensi hak cipta untuk menggunakan konten video tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Rekomendasi Download Video Online Gratis

Sudah banyak perusahaan penyedia stock footage baik gratis maupun berbayar yang bisa dijadikan sebagai sumber konten. Berikut beberapa website rekomendasi penyedia stock footage.

1. Wave.video

Website ini memiliki lebih dari 300 juta konten dengan lisensi baik yang berbayar maupun gratis. Pastikan konten memiliki lisensi yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu pribadi maupun komersil.

2. Pixabay

Salah satu website sumber stock footage paling populer di internet. Koleksi konten yang beragam memberi pengguna banyak pilihan, selain itu seluruh konten di website ini dilengkapi dengan lisensi CC0.

3. Pexels Videos

Pexels Videos juga merupakan website sumber stock footage yang populer di internet. Pexels Videos memberikan konten foto dan video yang berlisensi CC0.

4. Videezy

Videezy memberikan beragam stock footage beresolusi tinggi hingga 4K yang dapat dipilih oleh pengguna. Pengguna perlu memberi perhatian extra, sebagaimana ada beberapa konten Videezy dilengkapi dengan lisensi selain CC0. Pastikan stock footage yang digunakan dilengkapi lisensi CC0, sebelum menggunakannya dalam konten.

Kelebihan Download Video Online dengan UC Drive

Ada baiknya video online yang diunduh memiliki media penyimpanan sentral yang mudah diakses kapanpun, dan dimanapun. Solusi populer dan sering digunakan adalah penggunaan teknologi cloud storage, yang memudahkan pengguna mengakses konten video dimanapun dan kapanpun dalam satu akun.

Salah satu penyedia cloud storage yang mumpuni adalah UC Drive, dengan beberapa fitur berguna yang menjadikan UC Drive cloud storage unggul dibanding kompetitor lain.

UC Drive dilengkapi dengan penyimpanan gratis sebesar 20GB, paling besar dibandingkan kompetitor lain. Dengan 20GB, pengguna dapat lebih leluasa menyimpan dan mendownload video online dalam jumlah yang lebih banyak.

Sebagai konteks, 20GB setara dengan 20 film, 4.000 lagu, atau 20.000 gambar. Kapasitas besar menjadikan UC Drive media penyimpanan sentral dan utama yang memudahkan pengguna mengakses konten online favoritnya.

UC Drive juga memiliki fitur yang mempermudah pengguna untuk menyimpan dan mendownload video online favorit. Pengguna hanya perlu menekan pilihan “Like and Save to UC Drive” pada konten yang ingin diunduh, kemudian konten online akan langsung tersimpan ke dalam UC Drive masing-masing pengguna.

Setelah tersimpan pada cloud storage UC Drive, pengguna dapat mengakses konten video online favorit mereka dimanapun, kapanpun, di perangkat apapun hanya dengan log-in ke akun UC Drive masing-masing pengguna.

Konten akan segera tersinkronisasi ke perangkat yang baru dan pengguna dapat kembali menikmati konten favorit mereka.

Media Penyimpanan Video Online

UC Drive bisa menjadi perangkat penyimpanan berguna untuk kebutuhan konten video. Pengguna dapat mengumpulkan koleksi stock footage yang siap digunakan kapanpun untuk segala kebutuhan, baik itu koleksi pribadi untuk media sosial, maupun kebutuhan komersil dalam konten video promosi atau iklan.

Didukung dengan kapasitas besar dan kecepatan download yang tinggi, pengguna bisa download video online gratis sebanyak-banyaknya tanpa perlu khawatir kehabisan media penyimpanan di perangkat mereka.