Cara Memperbaiki ‘USB Device Not Recognized’ Pada Windows 10

#kamisukareview – Terkadang sistem Windows 10 tidak dapat mengenali perangkat yang dimasukkan pada port USB sehingga muncul tulisan “USB Device Not Recognized“, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Munculnya permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga untuk saat ini tidak ada cara yang pasti untuk mengatasinya.

Sejumlah cara di bawah ini bisa kamu coba untuk mengatasi permasalah tersebut.

Cara 1: Restart Komputer Kamu
Seringkali permasalah yang muncul akan hilang setelah kamu melakukan Restart pada komputer yang digunakan, sebelum komputer dihidupkan, cabut dulu perangkat USB yang tersambung sehingga nantinya sistem Windows akan mengenali perangkat USB tersebut dari awal. Proses merestart komputer saat komputer masih menyala dan teraliri listrik ini disebut juga dengan istilah “warm booting“.

Cara 2: Cabut kabel catu daya komputer dari sumber listrik dan hidupkan lagi setelah 15 menit.
Cara ini mungkin terdengar klise, namun seringkali pengguna komputer yang mengalami masalah USB Device Not Recognized bisa diatasi dengan mematikan komputer melalui prosedur yang benar (Shutdown) seperti biasa, kemudian cabut kabel dari stop kontak dan biarkan selama 15 – 20 menit lalu pasang kembali kabel ke sumber listrik dan hidupkan lagi komputernya. Proses menghidupkan komputer saat komputer mati ini disebut juga dengan istilah ‘cold boot‘.

Cara 3: Pimdahkan perangkat USB tersebut ke port USB yang lain.
Cara ini mungkin tidak selalu berhasil, namun patut dicoba, jika sebelumnya kamu memasangkan perangkat tersebut pada port yang berada di depan, coba pindahkan ke port USB yang berada di belakang, karena port USB ini langsung terhubung dengan motherboard.

Cara 4: Update Driver USB
Adakalanya permasalahan munculnya pesan USB Device Not Recognized itu dikarenakan oleh driver USB yang sudah usang sehingga kamu perlu melakukan update driver untuk port USB tersebut. Untuk melakukan nya ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Device Manager dengan cara mengklik kanan tombol Start lalu klik opsi Device Manager.

Langkah 2: Klik dua kali Universal Serial Bus controllers dan lihat apakah terdapat perangkat USB dengan label unknown (biasanya ada ikon tanda seru dalam segitiga berwarna kuning). Jika ada Unknown USB device, klik kanan pada perangkat tersebut dan klik Update Driver Software. Klik Search automatically untuk memperbarui driver secara otomatis.

Update Driver USB di Komputer

Cara 5: Update Driver Generic USB Hub(s).
Selain karena driver dari perangkat USB itu sendiri, biasanya masalah munculnya keterangan ‘USB Device Not Recognized’ itu disebabkan karena driver Generic USB Hub sudah usang, untuk memperbaikinya ikuti langkah berikut ini:
Langkah 1: Buka Device Manager sekali lagi. Lebarkan opsi Universal Serial Bus controllers untuk melihat Generic USB Hubs yang tersedia.
Langkah 2: Klik kanan pada opsi pertama Hub yang kamu temukan dan klik Update Driver Software. Klik Browse my computer for driver software, klik Let me pich from a list of device drivers on my computer, pilih Generic USB Hub, terakhir klik tombol Next.

Update USB Generic Hub

Jika langkah diatas dilakukan dan proses update driver tersebut sudah berhasil seharusnya kamu akan menjumpai pesan “Windows has successfully updated your driver software” dan perangkat USB sudah bisa dikenali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.