Cara Menghemat Baterai HP Android

#kamisukareview – Baterai merupakan komponen penting di HP kamu yang jarang diperhatikan oleh pengguna, padahal baterai juga perlu mendapat perhatian khusus karena jika seri dicas performa jadi menurun.

Ada banyak cara menghemat baterai di HP Android kalian. Beberapa trik penghemat baterai ini bisa kamu lakukan dan relatif praktis. Selain hemat baterai juga memperpanjang masa aktif harian.

Cara menghemat baterai HP

Berikut adalah beberapa cara merawat baterai sekaligus menjaganya supaya awet dan lebih tahan lama. Cara menghemat baterai HP ini bisa dipilih sesuai kebutuhan kalian.

Kecilkan Kecerahan (Brightnes) Layar

Tahukah kamu bahwa layar merupakan bagian yang paling banyak mengkonsumsi baterai di HP kamu, nah untuk mengurangoi penggunaan baterai yang berlebihan, kamu bisa mengecilkan bagian brightness layar di HP kamu dengan masuk ke menu Setting > Display lalu cari bagian Brightness Level, geser kebagian yang lebih kecil.

cara menghemat baterai android

Jika nanti Kamu membutuhkan layar yang lebih terang barulah ubah kembali bagian Brightmess Level ini, menu ini juga bisa diakses langsung dari Quick Setting atau Pengaturan Cepat dengan menggeser jari dari bagian atas layar ke bawah.

Persingkat Mode Sleep Time-Out (Standbye) Layar HP

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa layar merupakan komponen yang paling besar menggunakan daya baterai kamu, maka persingkatlah waktu Sleep atau Time out di HP kamu dengan mengubahnya melalui menu Setting > Display Kemudian carilah bagian Sleep dan ubah waktunya menjadi lebih kecil.

Matikan semua koneksi saat tidak digunakan

Terkadang kita tidak sadar bahwa ada banyak fitur yang aktif saat fitur tersebut tidak digunakan, beberapa diantarantya ialah WiFi, Bluetooth, GPS, NFC dan bahkan koneksi data. Fitur-fitur itu tetap menggunakan baterai saat diaktifkan kendati semua fitur tidak sedang digunakan. Untuk mematikan semua fitur tersebut, selain bisa diakses dari menu Settings atau pengaturan, biasanya fitur tersebut juga bisa di akses dari menu cepat atau Quick Setting dengan menggeser jari dari bagian atas layar ke bawah.

cara hemat baterai

Matikan Fitur Getar / Vibrate

Fitur getar atau vibrate memang sangat membantu saat kita sedang berada di lingkungan yang bising atau sebaliknya, dengan mengaktifkan fitur ini HP kamu akan bergetar ketika enerima notifikasi, namun motor penggerak fitur getar sangat membutuhkan daya baterai yang lebih besar saat digunakan, jika fitur getar ini tidak benar-benar dibutuhkan, hendaknya matikan saja agar tidak membuat baterai HP kamu lebih boros.

Untuk mengakses fitur getar ini, selain bisa masuk ke menu Settings > Sound > Also Vibrate for calss, di Android 9 Pie kamu juga bisa menghidupkan dan mematikan vibrate ini dengan menekan tombol volume dan memilih ikon lonceng menjadi ikon vibrate (yang dilingkari warna merah) seperti pada gambar di bawah ini. Untuk versi Android 5 Lolipop juga kurang lebih sama hanya tampilan saja yang berbeda.

cara menghemat baterai android hp

Tutup Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Kebanyakan dari pengguna kadang lupa atau mungkin tidak memperhatikan bahwa sejumlah aplikasi yang sudah tidak digunakan dibiarkan terbuka, hal ini selain bisa membuat HP kamu makin lemot, baterai juga jadi semakin boros, hendaknya tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Charge Baterai HP Kamu Dengan Baik dan Benar

Isi ulang baterai kamu dalam keadaan HP dimatikan, dan jangan gunakan HP kamu saat sedang tersambung dengan charger, selain HP kamu akan lebih lama terisi, ada kemungkinan kabel charger kamu terlipat atau bahkan HP kamu menjadi panas.

Kurangi Widget di Home Screen

Banyaknya widget yang muncul di Home Screen kamu akan membuat HP kamu boros baterai, hendaknya kurangi dan hapus widget yang tidak perlu. Selain itu jangan menggunakan Live Wallpaper atau wallpaper dalam bentuk animasi bergerak, karena ini juga akan membuat baterai HP kamu menjadi lebih boros.

Gunakan Tema Dark Mode (Mode Gelap) untuk Aplikasi Aktif

Saat ini, sejumlah aplikasi telah menyediakan tema warna Night Mode atau Dark Mode (mode gelap), bila perlu gunakan wallpaper berwarna gelap juga, karena warna gelap dipercaya lebih irit dalam penggunaan daya baterai. Saat ini, Google juga telah menyematkan tema warna Dark Mode pada Android 9 Pie dan rencananya akan tersedia juga pada Android Q mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.