Cara Shutdown Komputer Windows Lewat CMD

#kamisukareview – Bagi kamu yang sering menggunakan komputer Windows, proses mematikan komputer bukanlah hal yang sulit, kamu hanya tinggal menekan tombol Start di layar dan memilih menu Shutdown. Namun tahukah kamu bahwa ada cara lain untuk mematikan komuter lewat CMD alias Command Prompt.

Command Prompt merupakan aplikasi yang terdapat dalam komputer WIndows untuk melakukan berbagai perintah, bedanya dari aplikasi ini kamu harus memberikan perintah tersebut dalam bentuk teks atau tulisan, bukan menggunakan mouse yang hanya tinggal ‘klik’ saja.

Membuka aplikasi Command Prompt

Untuk membuka aplikasi Command Prompt atau sering disebut juga dengan istilah CMD, kamu hanya tinggal menekan tombol Windows bersamaan degan R kemudian ketik CMD lalu tekan tombol Enter, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Cara Shutdown Komputer Windows Lewat CMD

Shutdwon Komputer di CMD

Untuk selanjutnya, kamu bisa mematikan komputer melalui aplikasi CMD ini dengan mengetikan perintah berikut:

shutdown.exe -s <ENTER>

Cara Shutdown Komputer Windows Lewat CMD

Setelah menekan tombol Enter di keyboard, maka komputer akan melakukan proses shutdown seperti biasa.

Mematikan Komputer Melalui CMD dengan Timer

Jika pada perintah di atas komputer akan langsung melakukan proses shutdown setelah kamu menekan Enter, maka dengan memberikan timer, komputer tidak akan langsung mati, namun akan memiliki jeda sesuai waktu yang kamu berikan sebelum komputer melakukan shutdown.

Perintah yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

shutdown.exe -s -t 60

Pada perintah di atas terlihat waktu yang diberikan adalah 60, itu artinya bahwa komputer akan mati setelah 60 detik, jika kamu ingin memberikan waktu lebih lama, misalnya 1 jam maka kamu tinggal mengganti angkanya menjadi 3600.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.