Hal Yang Harus Dilakukan Jika HP Kena Air

#kamisukareview – Walaupun saat ini ada sejumlah model HP tahan terkena air, namun elemen ini masih jadi momok menakutkan bagi sebagian besar produk HP yang beredar di pasaran saat ini. Jika HP kena air jangan dulu panik, kamu bisa melakukan langkah pencegahan.

Saat HP terkena air, biasanya kamu akan panik dan buru-buru menyalakannya untuk memastikan HP kamu rusak atau tidak, nah – sebaiknya hal ini jangan dilakukan jika air masih membasahi bagian dalam HP.

Lakukan ini jika HP kena air

Alih-alih HP kamu menyala yang ada justru HP kamu akan rusak karena air sangat bertolak belakang dengan komponen elektronik yang ada di dalam HP. Jika HP kena air matikan dan lepaskan SIM card, memory card serta baterainya.

Jika kamu berpengalaman dalam membongkar komponen HP, bongkar dan lepaskan komponennya satu persatu, lalu letakan di atas kain yang kering dan pastikan air yang membasahi komponen tersebut di bersihkan hingga kering.

Jangan lupa, lap dan bersihkan body bagian luar dan layar LCDnya. Lakukan hal ini dengan hati-hati dan jangan sering menggerakan HP untuk menghindari masuknya air ke komponen bagian dalam.

Jangan meniup HP kamu, karena kemungkinan air akan masuk kebagian dalam, hendaknya gunakan vacuum cleaner untuk menarik air keluar dari sela-sela yang sulit dijangkau.

Tunggu dulu! Kamu jangan buru-buru menyalakan HP, pastikan semua bagian HP kamu telah benar-benar kering. Untuk mengeringkan jika HP kena air, salah satunya ialah dengan menaruhnya di dalam beras semalaman.

Kenapa harus beras? karena beras mampu menyerap kelembaban dengan lebih cepat, selain itu beras lebih mudah didapatan bahkan di dapur rumah tetangga, eh.

Selain beras kamu bisa menggunakan silica gel yang biasa ada di dalam kemasan obat-obatan atau membeli silica gel di apotik.

Jika semua langkah diatas sudah dilalui, maka sasatnya untuk menghidupkan HP kamu. Jika HP kena air bisa menyala dengan normal berarti kamu tidak harus membeli hpe baru sebagai pengganti.

Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah maka kamu harus melakukan hal-hal berikut ini jika HP kena air:

  • Jangan menyalakan HP saat terkena air, karena perangkat elektronik sangat bertolak belakang dengan air
  • Jangan menghubungkan HP ke sumber listrik
  • Jangan menekan tombol apapun, karena saat tombol ditekan keungkinan air akan semakin masuk ke bagian dalam HP
  • Jangan menggerakan HP terlalu ekstrim untuk mencegah masuknya air ke komponen bagian lebih dalam
  • Jangan panaskan HP dengan hairdryer dengan suhu berlebihan karena udara panas justru akan merusak komponen HP itu sendiri.

Semoga membantu ya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.